★ Kronologi alam semesta - alam ..

                                     

★ Kronologi alam semesta

Kronologi alam semesta adalah sejarah dan masa depan alam semesta menurut model kosmologi saat ini.

Alam semesta terbentuk sekitar 13.77 miliar tahun yang lalu sesuai dengan model Big Bang yang didasarkan pada pengamatan dari radiasi latar belakang gelombang mikro kosmik latar belakang, struktur skala besar, dan pergeseran merah supernova jauh, dengan terbentuknya partikel-partikel, atom, gravitasi, bintang, galaksi, ruang, waktu, materi, dan energi. Dengan lebih dari 95% dari alam semesta ini hadir dalam bentuk terselubung dari energi gelap dan materi gelap yang tidak dapat dijelaskan dan dideteksi secara langsung. Alam semesta yang dapat diamati yang menunjukkan ekspansi dipercepat mewakili sebagian kecil dari energi yang lebih besar dari materi gravitasi.

                                     

1.1. Garis besar. Lima era alam semesta. (Five eras of the universe)

Setidaknya ada lima era di alam semesta:

  • Yang stelliferous. (The stelliferous era)
  • Era kegelapan. (The Era of darkness)
  • Era lubang hitam. (The Era of the black hole)
  • Era primordial. (Of the primordial Era)
  • Era degenerasi. (The Era of degeneration)

Secara bertahap, alam semesta dimulai dengan Big Bang di era primordial sekitar 10 6 tahun, stelliferous 10 14 tahun, era degenerasi 10 dari 45 tahun, era black hole 10 sampai 100 tahun, ke era kegelapan 10 sampai 100 tahun dan seterusnya. Setelah era kegelapan, kehidupan tampaknya tidak mungkin.

                                     

1.2. Garis besar. Era primordial. (Of the primordial Era)

Big bang dimulai sekitar 13.8 miliar tahun yang lalu yang diawali dengan alam semesta yang adalah tentang ukuran yang solid, di mana eneegi yang menyusun seluruh kosmos dikumpulkan dalam waktu yang sangat padat, yang dikenal sebagai "singularitas awal". Era Planck adalah alam semesta setelah Big Bang dan jangka waktu dari sejarah alam semesta dari nol sampai 10 -43 detik. Setelah periode ini, alam semesta dan kemudian dengan cepat mengarah ke era inflasi kosmik, di mana alam semesta ini berkembang pesat. Alam semesta mulai membengkak dengan cepat, yang pertama adalah terbentuk dari partikel-partikel sub-atom seperti quark. Maka besar partikel seperti proton dan neutron. Sekitar tiga menit kemudian, alam semesta mendingin hingga 1 miliar °C. hal ini memungkinkan proton dan neutron untuk bersatu melalui fusi dan membentuk inti atom, inti atom yang bermuatan.

Tapi setelah 20 menit, alam semesta tidak lagi cukup panas untuk fusion. Kiri adalah sup elektron yang panas dan keruh serta inti hidrogen dan helium. Tahap ini berlangsung selama sekitar 380.000 tahun. Akhirnya, kosmos menjadi cukup dingin untuk elektron berpasangan dengan inti atom untuk membuat atom-atom yang pertama. Maka, alam semesta memasuki era kegelapan, antara rekombinasi dan pengembangan non-linier struktur pertama, dan sup ini mulai membentuk atom hidrogen yang netral, dan dari waktu ke waktu - di bawah pengaruh gravitasi - di ini bersama-sama membentuk bintang-bintang yang menyala. Transisi ini dikenal sebagai dawn of the cosmic atau reionisasi kosmik.

Pada pergeseran merah 5 - 20, bintang-Bintang di alam semesta terbentuk ratusan juta tahun setelah Big Bang di subgalaksi dan membuat elemen berat pertama, sistem yang sama mungkin juga quasar mini menghasilkan UV radiasi mengionisasi IGM, dan mungkin juga medan magnet yang signifikan pertama.

                                     

1.3. Garis besar. Yang Stelliferous. (The Stelliferous Era)

Bintang-bintang mulai muncul dan dikenal sebagai populasi III, dan adalah bintang hiper raksasa ini diyakini untuk menjadi umum, bintang-Bintang ini penyebaran unsur-unsur berat dari yang pertama, membuka jalan bagi pembentukan sistem tata surya. Dan runtuhmya beberapa dari bintang-bintang pertama mungkin telah tumbuh supermasif lubang hitam terletak di tengah-tengah galaksi dan menjadi kekuatan yang spektakuler dari quasar. Setelah satu miliar tahun, terang beberapa galaksi dan quasar sudah muncul, yang menghasilkan cahaya yang kuat.

Alam semesta terus tumbuh selama beberapa miliar tahun depan. Titik dengan kepadatan yang lebih tinggi di alam semesta kuno bahan-menarik oleh gravitasi untuk dirinya sendiri. Hal ini perlahan-lahan tumbuh menjadi gugus galaksi dan string panjang dari gas dan debu, sehingga jaringan kosmik yang dapat dilihat hari ini. Tata surya terbentuk sekitar 4.56 miliar tahun yang lalu dari awan padat dari gas dan debu antarbintang. Hampir semua benda di tata Surya terbentuk dari piringan akresi, dengan kecepatan orbit yang sama dengan kecepatan kosmik pertama. Secara bertahap, matahari mulai terbentuk, diikuti oleh planet-planet, meteoroid, komet, dan asteroid.



                                     

1.4. Garis besar. Era Degenerasi. (The Era Of Degeneration)

Pada saat ini, alam semesta adalah di stelliferous, diisi oleh bintang-energi tinggi dan diisi dengan galaxy. Bintang-bintang seperti matahari membakar hidrogen di intinya. Jadi, ketika anda berada di luar bahan bakar, mereka membengkak menjadi raksasa merah, menjadi ratusan kali lebih besar dan menelan planet di dekatnya. Dalam hal ini, matahari akan menelan planet-planet Merkurius, Venus, dan Bumi. Akhirnya, bintang yang mirip dengan matahari kehilangan lapisan luarnya, hanya menyisakan inti terbakar, katai putih.

Karena alam semesta mengembang, termodinamika alam semesta akan mendinginkan. Sekitar 1000 triliun tahun dari sekarang, alam semesta akan memasuki era Degenerasi. Struktur skala besar alam semesta untuk berhenti tumbuh. Struktur terikat individu seperti galaksi dan gugus galaksi, pada akhirnya akan bergabung membentuk satu galaksi elips raksasa. Bintang-bintang akan membakar sekam degenerasi yang tidak dapat lagi mendukung reaksi pembakaran hidrogen, dan ada akan menjadi putih kerdil merah, katai coklat, atau bintang neutron, beberapa bintang-bintang besar akan runtuh ke dalam lubang hitam, yang akan mengambil peninggalan dari bintang-bintang lainnya. Interaksi gravitasi akan menghapus sebagian besar dari bintang-bintang ke ruang angkasa.

                                     

1.5. Garis besar. Era lubang hitam. (The Era of the black hole)

Berikutnya, alam semesta akan maju ke Era Lubang Hitam, hanya 10 100 tahun dari sekarang. Pada saat itu, lubang hitam akan mengambil entitas yang tersisa di alam semesta dan secara bertahap akan bocor radiasi itu sendiri, yang dikenal sebagai radiasi Hawking, yang pada dasarnya adalah menguap triliunan tahun.

                                     

1.6. Garis besar. Era kegelapan. (The Era of darkness)

Akhirnya, alam semesta akan memasuki Era Kegelapan, di mana tidak akan ada bahan yang akan berada di sana, hanya sup sd partikel, seperti elektron, positron, neutrino, partikel dan eksotis lainnya. Di kegelaan total, dingin bintang-bintang yang dikenal sebagai katai hitam akan mulai meledak dalam seri supernova yang spektakuler. Ini adalah acara terakhir sebelum semuanya menjadi gelap selamanya. Sebuah ledakan seperti ini akan terjadi pada 10 1100 tahun dari sekarang, dan terus berlanjut hingga 10 32000 tahun. Karena alam semesta mengembang, kemudian masing-masing supernova ini tidak dapat diamati satu sama lain.



                                     

2. Alam semesta awal. (The early universe)

Sejak Big Bang, alam semesta telah melewati beberapa era yang dibedakan oleh perilaku alam dan partikel-partikel fundamental dari alam semesta. Alam semesta adalah homogen dan isotropik pada tahap evolusi dan tahap berikutnya.

Era radiasi berlangsung selama 50.000 tahun.

                                     

2.1. Alam semesta awal. Era Planck

Meskipun fisikawan memiliki pemahaman yang baik dari tahap awal tentang asal-usul alam semesta, sepersekian detik setelah Big Bang, yang dikenal sebagai Era Planck, tidak dipahami dengan baik, hukum-hukum fisika saat ini rusak. Pada saat ini, semua materi terkondensasi di satu titik dengan kepadatan tak terbatas dan panas yang ekstrim. Era Planck adalah waktu di mana fisika diasumsikan telah didominasi oleh efek gravitasi kuantum dan menandai awal dari era atau zaman baru. Dari saat ekspansi dari awal hingga 10 -43 babak kedua, Relativitas umum untuk mengusulkan singularitas gravitasi sebelum waktu ini meskipun mungkin rusak karena efek kuantum, dan kosmolog menduga bahwa empat gaya utama yang bekerja di alam semesta pada saat ini digabungkan menjadi satu kesatuan yang gaya. Pada titik ini, alam semesta hanya membentang di wilayah 10 -35 persegi panjang Planck dan suhu dari 10 sampai 32 K suhu Planck.

                                     

2.2. Alam semesta awal. Era unifikasi besar. (The Era of massive unification)

Era penyatuan besar setelah Era Planck, berlangsung antara 10 -43 detik dan 10 -35 detik. Era ini dimulai dengan pemisahan gravitasi dari tiga gaya lainnya dan berakhir dengan pemisahan kekuatan yang kuat dari gaya elektrolemah. Setelah gravitasi terpisah, hanya ada satu bidang yang terpisah, yaitu Teori Penyatuan Besar USUS, yang memprediksi boson. Suhu alam semesta akan menjadi 10 32 K.

                                     

2.3. Alam semesta awal. Era elektrolemah. (The Era of electroweak)

Pada awal era electro 10 -35 sampai -10 detik, kekuatan yang kuat terlepas dari gaya elektrolemah, melepaskan energi dalam jumlah besar dan memicu ekspansi cepat yang tiba-tiba dikenal sebagai inflasi, yang dikenal sebagai era inflasi yang terjadi antara 10 -36 10 -32. Karena ruang mengembang lebih cepat dari kecepatan cahaya, interaksi yang sangat energik menciptakan partikel-partikel dasar seperti foton, quark dan gluon. Alam semesta dipenuhi oleh plasma quark-gluon. Dimensi awal linear dari awal alam semesta meningkat selama jangka waktu sepersekian detik lebih dengan faktor 10 26 sampai sekitar 10 cm, tentang ukuran jeruk. Era ini berakhir dengan pemisahan elektromagnetik gaya yang lemah.

                                     

2.4. Alam semesta awal. Era partikel dasar. (The Era of elementary particles)

Antara -10 detik dan 0.001 detik, Era partikel dasar, "sup partikel" memenuhi alam semesta. Kuark dan sengit emosional, elektron dan positron, serta partikel dan antipartikel lain terus-menerus bertukar massa dengan energi melalui tabrakan materi dan antimateri. Kuark dan lepton adalah partikel yang lebih dulu muncul, semua quark adalah monokromatik. Ketika alam semesta mendingin, suhu turun terlalu rendah untuk menciptakan kembali sepasang partikel foton dan partikel-partikel yang terus memusnahkan tanpa tergantikan. Sedikit asimetri antara jumlah atau mungkin perilaku materi dan antimateri memungkinkan bahan untuk mendominasi dan menjadi bahan utama dari alam semesta. Suhu dingin juga memungkinkan gaya nuklir kuat menarik kuark bersama-sama untuk membentuk proton dan neutron.

                                     

2.5. Alam semesta awal. Era kuark

Era gempa berlangsung selama sekitar 10 -12 10 -6 detik. Suhu alam semesta turun di bawah 10 13 K, proton dan neutron yang dihasilkan tidak lagi berpasangan, dan empat gaya fundamental mengambil bentuk yang sekarang. Kuark dan sengit emosional memusnahkan satu sama lain pada kontak, tetapi, dalam proses yang dikenal sebagai bariogenesis, tambahan kuark tentang satu untuk setiap miliar pasang bertahan hidup, yang pada akhirnya membentuk materi.



                                     

2.6. Alam semesta awal. Era hadron

Era hadron, dari 10 -6 10 -2 detik. Suhu alam semesta mendingin sekitar satu triliun derajat, cukup dingin untuk memungkinkan kuark bergabung untuk membentuk hadron seperti proton dan neutron. Elektron bertumbukan dengan proton dalam kondisi ekstrim dari kali hadron berfungsi untuk membentuk neutron dan melepaskan neutrino tidak massa, yang terus bergerak bebas di ruang angkasa saat ini, pada atau mendekati kecepatan cahaya. Beberapa neutron dan neutrino bergabung kembali ke dalam sepasang proton-elektron baru. Satu-satunya aturan yang mengatur merger dan merger kembali yang tampaknya acak adalah bahwa keseluruhan muatan atau energi meliputi energi dari massa diubah.

                                     

2.7. Alam semesta awal. Era lepton. (The Era of leptons)

Berlanjut ke era lepton, berlangsung selama alam semesta berusia 1 - 100 detik. Selama usia ini, lepton yang diproduksi di pasang, karena mereka adalah partikel cahaya. Setelah sebagian besar tapi tidak semua hadron dan antihadron memusnahkan satu sama lain di akhir usia hadron, lepton dan antilepton mendominasi seluruh massa alam semesta. Ketika sebuah elektron dan positron bertumbukan dan memusnahkan satu sama lain, energi dalam bentuk foton dirilis, dan foton yang bertumbukan pada gilirannya menciptakan lebih pasangan elektron-positron.

                                     

2.8. Alam semesta awal. Era nuklir. (The Era of nuclear)

Usia nuklir berlangsung dalam beberapa detik pertama. Proton dan neutron bergabung ke dalam inti. Pada suatu waktu ketika alam semesta hanya 15 menit, banyak helium telah terbentuk.

                                     

2.9. Alam semesta awal. Era nucleosynthesis. (The Era of nucleosynthesis)

Fusion berlanjut di era nukleosintesis 0.001 detik hingga 20 menit, ketika proton dan neutron bergabung menjadi inti atom pertama, hidrogen, beberapa yang bergabung menjadi helium dan lithium. Pendinginan berlanjut dan suhu segera turun terlalu rendah untuk fusion untuk melanjutkan ke nuklir usia 3 menit sampai 380.000 tahun. Nukleonistesis Big Bang telah meninggalkan alam semesta dengan sekitar 75% inti hidrogen, 25% helium, dan jumlah jejak inti litium dan deuterium. Plasma inti bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif memenuhi alam semesta, menjebak foton di tengah-tengah itu.

                                     

3.1. Awal alam semesta dan pembentukan struktur. Pembentukan atom. (The formation of the atom)

Era atom atau rekombinasi 380.000 tahun - 1 miliar tahun atau lebih dimulai ketika alam semesta akhirnya mendingin dan berkembang cukup untuk inti atom untuk menangkap elektron, membentuk atom netral yang lengkap. Foton yang sebelumnya terjebak akhirnya bebas untuk bergerak di ruang angkasa sejak saat itu, membentuk latar belakang gelombang mikro kosmik. Rekombinasi secara dramatis mengubah tampilan dari alam semesta, sebelum kabut buram, dan sekarang telah menjadi transparan. Perluasan sejak asal-usul alam semesta telah mengalami pergeseran foton kru energik menjadi panjang gelombang mikro. CMB juga menandai titik terjauh di masa lalu dapat diamati - waktu sebelumnya kadang-kadang disebut sebagai era kegelapan.

                                     

3.2. Awal alam semesta dan pembentukan struktur. Pembentukan struktur skala besar. (The formation of large-scale structure)

Alam semesta pada awalnya cukup gelap untuk waktu yang lama setelah rekombinasi, bintang-bintang pertama terbentuk 200 juta tahun dan hanya benar-benar menyala ketika bintang-bintang pertama mulai bersinar 300 juta tahun setelah Big Bang untuk memulai fusi nuklir. Bintang-bintang di alam semesta menandai akhir dari zaman kegelapan kosmik, menyediakan gas diperkaya dibutuhkan untuk bintang generasi berikutnya, memberikan kontribusi pada reionisasi, dan mungkin menjadi pendahulu lubang hitam menyatu dan daya quasar awal yang cerah. Mereka membantu banyak hal yang telah dicapai oleh rekombinasi. Bintang-bintang ini awal - dan mungkin beberapa sumber lain misteri - memisahkan radiasi yang cukup untuk memisahkan sebagian besar hidrogen alam semesta kembali menjadi proton dan elektron penyusunnya.

Proses ini, dikenal sebagai reionisasi, tampaknya telah berjalan sekitar satu miliar tahun setelah Big Bang. Dari waktu ke waktu, bintang-bintang gravitasi bersama-sama untuk membuat galaxy, yang mengarah ke struktur skala besar alam semesta. Galaksi-galaksi pertama di alam semesta dianggap rapuh dan tidak terlalu baik dalam hal melahirkan bintang. Galaksi tertua yang diketahui, Gz-11, yang berasal dari alam semesta sekitar 400 juta tahun. Kemudian, hingga saat ini struktur skala besar alam semesta terbentuk, seperti void dan gugus galaksi, gelembung, lembaran, dan filamen galaksi.



                                     

3.3. Awal alam semesta dan pembentukan struktur. Pertengahan hingga saat ini. (Middle ages to the present)

Tiga sampai enam miliar tahun setelah Big Bang, bintang-bintang yang dibuat dengan kecepatan kira-kira sepuluh kali lipat dari saat ini. Sekitar 4.6 miliar tahun yang lalu, Matahari dan planet-planet terbentuk dari kontraksi bagian dari awan gas / debu di bawah tarikan gravitasinya sendiri dan bahwa rotasi kecil mesh awan adalah membuat disk sekitar kondensasi pusat. Kondensasi pusat akhirnya membentuk matahari, sedangkan kondensasi kecil berbentuk cakram planet dan satelitnya.10 miliar tahun setelah Big Bang, energi gelap, mulai untuk mempercepat. Karena alam semesta akan meningkat beberapa kali, atas dasar alam semesta akan memiliki geometri datar dan ruang.

Diperkirakan bahwa isi materi mengatur perluasan alam semesta saat ini. Alam semesta datar berarti kepadatan energi yang setara dengan kira-kira 8 x 10 -27 kg m -3, kerapatan kritis. Untuk kepadatan di bawah nilai ini, alam semesta akan membuka dan memperluas selamanya, sedangkan kepadatan yang lebih tinggi akan ditutup dan akhirnya runtuh kembali.



                                     

4. Alam semesta saat ini. (Universe today)

Dalam penemuan Edwin Hubble pada tahun 1920-an, menunjukkan bahwa alam semesta meluas dan terjadi hingga saat ini. Sejak tahun 1998, dua kelompok melaporkan bukti-bukti yang didasarkan pada ledakan supernova tipe Ia bahwa ekspansi alam semesta ini tidak melambat, tapi benar-benar semakin cepat.

                                     

4.1. Alam semesta saat ini. Kosmologi. (Cosmology)

Bintang-bintang tidak tersebar secara acak dalam ruang, mereka berkumpul dalam kelompok besar yang dikenal sebagai galaksi. Saat ini, ada sekitar 10 22 10 24 bintang dan 10 11 10 12 galaksi di alam semesta. Hampir semua galaksi besar juga diharapkan untuk mengandung sebuah lubang hitam supermasif di pusatnya. Beberapa sistem, hal ini mirip dengan galaksi bima Sakti, sementara yang lain berbeda. Galaksi yang tidak tersebar merata dalam ruang. Dalam skala besar, alam semesta menampilkan struktur yang koheren, dengan galaksi-galaksi yang dikumpulkan dalam kelompok-kelompok dan kelompok, dan diperkuat dengan proporsi yang sangat besar oleh gaya gravitasi.

Terlihat universe - planet, bintang, galaksi - terbuat dari proton, neutron, dan elektron digabungkan menjadi atom-atom. Penemuan abad ke-20 ditemukan bahwa materi biasa atau barion, kurang dari 5 persen dari massa alam semesta. Seluruh alam semesta tampaknya terbuat dari zat misterius yang tidak bisa melihat yang disebut materi gelap 27% dan gaya yang menolak gravitasi yang dikenal sebagai energi gelap 68%. Sejak tahun 1990-an telah dikenal semesta mengembang dengan kecepatan yang semakin tinggi, sebuah fenomena yang secara historis terkait dengan apa yang disebut energi gelap. Energi gelap yang telah disimpulkan dari sejumlah pengamatan astronomi yang independen, yang meliputi pengukuran jarak ke supernova tipe Ia, perkiraan usia alam semesta, pengukuran katar belakang gelombang mikro kosmik CMB anisotropi, dan perkiraan pengelompokan. Energi gelap adalah hipotetis adalah tidak terlihat, dan dapat dianggap sebagai sifat intrinsik dari ruang-waktu dari materi biasa-stres energi yang merupakan umber dari kelengkungan ruang-waktu. Kepadatan energi gelap adalah konstan, juga berbeda dengan materi / energi biasa. Sementara itu, materi gelap yang tidak terlihat. Dia biasa yang tidak peduli atau antimateri, tetapi dapat menyebabkan gravitasi dan alternatif cara yang dijelaskan untuk mekanisme pelensaan gravitasi misterius. Saat ini, tidak ada mekanisme atau proses yang mendasari fenomena fisik yang dikaitkan dengan materi gelap atau dark energy.

                                     

5. Masa depan dan nasib akhir. (Future and ultimate fate)

Alam semesta telah terbentuk di sekitar 13.77 miliar tahun yang lalu dari keadaan homogen dengan densitas dan suhu yang tinggi, dan berkembang. Awal alam semesta adalah seragam, bentuk alam semesta saat ini datar, dan teori inflasi yang mengatakan bahwa alam semesta mengalami periode perkembangan yang sangat cepat dalam beberapa saat, akhirnya mendatar untuk menciptakan alam semesta yang datar dan seragam. Alam semesta mengembang, tumbuh lebih besar, dan lebih dingin, alam semesta berevolusi secara permanen, dia tidak statis atau kekal, termasuk bintang-bintang dan galaksi-galaksi. Penemuan lebih lanjut menemukan bahwa alam semesta mengalami percepatan, didorong oleh energi misterius yang disebut energi gelap, energi yang menghasilkan anti-gravitasi yang mampu menahan ledakan yang diharapkan, dan dengan kekuatan yang begitu besar sehingga dapat mempercepat perluasan ruang.

Berbagai skenario telah diusulkan untuk menjelaskan masa depan hingga akhir nasib alam semesta seperti yang memeluk nya Besar, Kematian musim Panas dan Pembekuan Besar, dan Pengkoyakan Besar. Untuk memahami nasib akhir alam semesta, terletak pada pemahaman tentang sifat dari energi gelap yang dapat menentukan pengaruhnya terhadap alam semesta mengembang. Jika alam semesta memiliki kepadatan materi gelap yang tinggi, ekspansi Hubble dimulai dengan Big Bang terus melambat karena tarikan gravitasi dari materi gelap yang mengisi alam semesta, yang berakhir dengan kritis. Setelah mencapai titik balik, gravitasi dari semua materi dan energi yang ada akan mulai menarik, dan itu semua runtuh bersama-sama. Di alam semesta dengan kepadatan kritis materi gelap adalah rendah, perluasan slide. Di alam semesta dengan materi gelap dengan energi gelap, perlambatan awak balik dengan waktu-waktu akhir dengan meningkatnya dominasi energi gelap.

Jika energi gelap adalah hipotetis terus mendominasi keseimbangan alam semesta, maka perluasan ruang saat ini akan terus meningkat secara eksponensial. Struktur yang tidak terikat dengan gravitasi pada akhirnya akan terpisah. Bumi dan bima Sakti akan tetap terganggu sementara bagian-bagian alam semesta yang lain pergi. Alam semestta terus mengembang dan mendingin selamanya. Jika alam semesta memiliki penyimpangan dari keseimbangan sempurna antara kepadatan materi dan energi awal alan semesta dan tingkat ekspansi dari awal harus kurang dari satu bagian dalam 10 25. Mungkin alam semesta berada tepat di perbatasan yang memisahkan ekspansi abadi dan kehancuran, di mana hanya satu proton lebih yang akan mengubah nasib. Alam semesta kritis akan mengalami penurunan tingkat ekspansi, di asimtotik, hingga ke nol, tetapi laju ekspansi akan pernah berbalik sendiri.

                                     

6. Lihat juga. (See also)

  • Model siklik. (Model cyclic)
  • Garis waktu grafis Denruman Besar.
  • Nasib akhir alam semesta.
  • Garis waktu dari masa depan yang jauh.
  • Timeline grafis dari Big Bang untuk Kematian Panas.
  • Kalender kosmik. (Calendar cosmic)
  • Proyek Illustris. (Project Illustris)
  • Era yang didominasi bahan.
  • Timeline grafis dari stelliferous.
  • Garis waktu dari zaman dalam kosmologi.
  • Kecerdasan abadi Dyson. (Intelligence timeless Dyson)
  • Era yang didominasi oleh radiasi.
  • Entropi adalah panah waktu.
                                     
  • Alam semesta disebut pula jagat raya atau universum adalah seluruh ruang waktu kontinu tempat kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya
  • Umur alam semesta adalah waktu yang dihitung dari mulai terjadinya ledakan dahsyat. Umur alam semesta diperkirakan 13, 75 0.11 miliar tahun. 4.339 0
  • di alam semesta Untuk meramalkan takdir alam semesta para ilmuwan harus memahami alam Bentuk Alam Semesta Konstanta Kosmologis, Umur Alam Semesta Bagaimana
  • Alam semesta statis adalah model alam semesta yang tidak mengembang atau menyusut. Einstein membangun model seperti itu dengan menambahkan konstanta kosmologis
  • Kematian panas alam semesta adalah gagasan tentang nasib akhir alam semesta di mana alam semesta telah berevolusi menjadi keadaan tanpa energi bebas termodinamika
  • Bentuk alam semesta adalah salah satu pokok pembahasan dalam kosmologi fisik. Berdasarkan pengukuran yang dilakukan oleh Wilkinson Microwave Anisotropy
  • salah satu dari 3 skenario cara berakhirnya Alam semesta Menurut teori Ledakan Dahsyat, alam semesta mengalami inflasi sekitar 10 44 detik setelah Big Bang
  • kemungkinan adanya beberapa kumpulan alam semesta termasuk alam semesta tempat kita tinggal. Bersama - sama, alam semesta ini terdiri dari segala sesuatu yang
  • Reionisasi adalah era alam semesta yang berusia ratusan juta - 1 miliar tahun setelah Dentuman Besar, periode di mana gas di alam semesta berubah dari hampir
                                     
  • seperti bintang dan galaksi. Perkiraan tentang banyaknya materi di dalam alam semesta berdasarkan efek gravitasi selalu menunjukkan bahwa sebenarnya ada jauh
  • terutama oleh Charles Misner Masalah ini muncul karena semua wilayah di alam semesta belum berhubungan satu sama lain akibat jaraknya yang sangat jauh
  • adalah salah satu dari 3 skenario cara berakhirnya Alam semesta Ini terjadi saat alam semesta mengalami inflasi hingga meluas secara drastis sejak big bang
  • paling awal dalam sejarah alam semesta yang berlangsung dari nol hingga sekitar 10 43 detik waktu Planck Karena alam semesta masih sangat kecil pada
  • pengamatan mengenai pengembangan alam semesta yang dipercepat dan juga adanya bagian besar dari massa yang hilang di alam semesta Dua bentuk energi gelap yang
  • tidak akan berubah dan di alam semesta seiring pergerakan aliran Hubble yaitu, pergerakan galaksi akibat perluasan alam semesta Sebagai contoh sebuah
  • dari tahap awal perkembangan alam semesta Saat alam semesta masih muda, sebelum pembentukan bintang dan planet, alam semesta lebih kecil, lebih panas, dan
  • pusat alam semesta dan tidak diistimewakan. Prinsip ini juga digeneralisasikan menjadi konsep relativistik bahwa manusia bukanlah pengamat alam semesta yang
  • yang menyebabkan pembentukan alam semesta berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta dikenal juga dengan Teori Ledakan
                                     
  • menggayakan dirinya sendiri raja alam semesta dan imam para dewa Enlil dan Ninurta. Pemerintahannya sangat penting bagi Kronologi Timur Dekat Kuno karena tumpang
  • merujuk pada produksi inti selain H - 1, hidrogen normal, selama fase awal alam semesta beberapa saat setelah Big Bang. Dipercaya bahwa peristiwa ini bertangungjawab
  • pra - Kolumbus sangat terkait dengan pandangan orang - orang Maya mengenai alam semesta sehingga kota - kota mereka menjadi citra dari pandangan tersebut. Selain
  • Lambda - CDM Model adalah model Pakar kosmologi dari Big bang di mana alam semesta tediri dari tiga komponen utama: pertama, konstanta kosmologi yang dilambangkan
  • Gaya alam Alam manusia Sejarah alam Naturalisme Hukum alam Filsafat alam Sumber daya alam Ilmu alam Teologi alam Perlindungan alam Kronologi alam Nature
  • menjauhi kita maka hal ini membawa kita pada suatu gambaran tentang alam semesta yang mengembang dan, dengan melakukan ekstrapolasi waktu ke belakang
  • hipotetis bahwa alam semesta isotropik dan homogen dalam skala terbesar. Menurut model kosmologis, tidak ada tempat atau arah khusus di alam semesta jika dilihat
  • massa di alam semssta saat ini. Jadi peneliti membuat saran kontroversial bahwa gugus tersebut ditarik oleh gravitasi materi di luar alam semesta yang diketahui
  • fisik, inflasi kosmik atau inflasi adalah pengembangan eksponensial alam semesta muda dengan faktor 1078 untuk volume, yang didorong oleh kepadatan energi
  • model asal usul alam semesta yang kini sudah tidak digunakan lagi. Dalam permodelan ini, materi baru terus menerus dibuat ketika alam semesta mengembang
  • Robekan Besar Big Rip adalah salahsatu dari empat skenario berakhirnya alam semesta dimana ruang itu sendiri robek. Skenario ini disebabkan oleh sebuah


                                     
  • bidang kosmologi fisik yang mengatur pengembangan ruang dalam model alam semesta yang homogen dan isotropik dalam konteks relativitas umum. Persamaan

Users also searched:

6 masa penciptaan alam semesta menurut al quran, ayat penciptaan alam semesta, hadits tentang penciptaan alam semesta, konsep penciptaan alam semesta, makalah proses penciptaan alam semesta menurut al - qur'an dan sains, penciptaan alam semesta menurut al - quran dan sains pdf, penciptaan alam semesta menurut sains, penciptaan alam semesta, alam, semesta, penciptaan, penciptaan alam semesta, menurut, sains, quran, ayat, hadits, tentang, makalah, proses, masa, konsep, Kronologi, Kronologi alam semesta, konsep penciptaan alam semesta, hadits tentang penciptaan alam semesta, 6 masa penciptaan alam semesta menurut al quran, penciptaan alam semesta menurut sains, ayat penciptaan alam semesta, makalah proses penciptaan alam semesta menurut al - quran dan sains, penciptaan alam semesta menurut al - quran dan sains pdf, masa penciptaan alam semesta menurut al quran, kronologi alam semesta,

Encyclopedic dictionary

Translation

Makalah proses penciptaan alam semesta menurut al - quran dan sains.

KRONOLOGI ALAM SEMESTA – INFLATION CMB – SKEPTICAL. Tapi seperti apa posisi Bumi di alam semesta ini? foto berikut bisa Kronologi Rumah Ibunda Bams Diberi Tembok Pembatas Versi Hotma. Penciptaan alam semesta menurut sains. Penciptaan Alam Semesta dalam Naskah Layang Musa Kang. Selain menonton Star Wars dengan urutan kronologi dan rilis, Anda bisa yang mampu menghubungkan seluruh kehidupan di alam semesta. Hadits tentang penciptaan alam semesta. PENCIPTAAN ALAM SEMESTA MENURUT AL QURAN – STAI. Pencipta alam semesta. Manusia juga lupa bahwasannya apa yang dilakukan di dunia akan dipertanggungjawabkan di akhirat. Untuk menuju alam akhirat ada.





Penciptaan alam semesta menurut al - quran dan sains pdf.

INTEGRASI ILMU ISLAM. Pemeliharaan, dan Peleburan Serta Penciptaan Kembali Alam Semesta Membedah kasus konversi agama di Bali: kronologi, metode misi, dan alasan di​. 6 masa penciptaan alam semesta menurut al quran. Sekilas Tahura Djuanda – Tahura Ir.H.Djuanda. Penulis: Wegie Ruslan dan Mikhael Dua Teori Big Bang Apa yang Terjadi Atom Pertama Kronologi Alam Semesta Momen Penting Big. Penciptaan alam semesta. Tradisi Siat Sarang Untuk Memohon Keselamatan Dan Kesuburan. Dalam penciptaan alam semesta ada proses terkait waktu yakni material yang lebih dulu diciptakan kemudian penciptaan material lainnya. BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Secara kronologis. Mengungkap rahasia alam semesta dan kehidupan ini. Dengan demikian Filsafat kronologi atau keberurutannya dalam waktu antara yang satu dengan yang.


SEJARAH ALAM SEMESTA Jejak Radiasi Purba Terungkap.

Terjadinya Daerah Cekungan Bandung ini disebabkan oleh gejolak alam periode tertentu dalam era pembentukan alam semesta, antara lain. Lubang Hitam Raksasa Patahkan Teori Alam Semesta? – Covesia. Kronologi Pengeroyokan Anggota Kopassus Sertu Heru Kriminal Alam Semesta Jauh Lebih Tua dari Perkiraan Sebelumnya.





Umur Alam Semesta ITB.

Penciptaan alam semesta merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah SWT. Tidak sedikit ayat Al Quran mengajak kita untuk merenungkan ciptaan Nya​. Studi Penciptaan Menurut Kitab Kejadian 1:31 KURIOS Jurnal. Ruang dan Waktu memaparkan alam semesta yang mencakup galaksi, bintang, dan matahari. Organisme bersel tunggal, tumbuhan, hingga moluska dan.


Isyarat Alquran tentang Awal Mula Penciptaan Alam Semesta.

Manusia dan alam pada hakikatnya satu kesatuan, dan pandangan dualistik yang Proses memulihkan persaudaraan kembali dengan alam semesta Kronologi Perjuangan Untuk Mendapatkan IMB Wisma Tyas Dalem. The Nun, Valak, dan Kronologi Cerita dalam Semesta The. Pada awalnya, konsep penciptaan alam semesta adalah hal yang diabaikan oleh ilmuwan. alam.


Fisik@net LIPI.

Temuan dari kajian ini adalah penjelasan tentang kronologi penciptaan alam semesta dan penciptaan manusia serta pedoman teologi ketuhanan agama. Ensiklopedia Sains Spektakuler Alam Semesta Lily Turangan. SEJARAH ALAM SEMESTA Jejak Radiasi Purba Terungkap, Temuan itu menampilkan kondisi alam semesta sekitar 380.000 tahun di Bangladesh Ini Kronologi Penculikan Ara Oleh Bude dan Pakdenya. Komentar Berita Rahasia Alam Semesta: Mungkinkah Dulu Bumi. Rupanya Ini yang Menyebabkan Sejumlah Materi Hilang dari Alam Semesta Ini Dia Kronologi Penangkapan Ferdy Yuman di Hotel Malang. ILMU ALAM SEMESTA DAN TATA Dokumen global 123dok. Pembentukan alam semesta dalam enam masa, sebagaimana disebutkan dapat menjelaskan tahapan enam masa secara kronologis.





Ekologi Integral dan Tujuh Tujuan Laudato Si – KKPKC KAS.

Dalam teori tersebut, semuanya bermula dari pembentukan semesta atau Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Air di Darat Terasa Segar, Kok Air Laut Asin? 5 Fakta Macetnya Terusan Suez: Kronologi, Penyebab hingga. Direktori Putusan Mahkamah Agung. Kronologi Kematian Alam Semesta Menurut Ahli Fisika: Yang Tersisa Hanya Bintang Kerdil Hitam. Tim Portal Jember 05 13 Agustus 2020. EKSISTENSI KEHIDUPAN DI ALAM SEMESTA Pustaka Lajnah. Tradisi Siat Sarang Untuk Memohon Keselamatan Dan Kesuburan Alam Semesta. Polisi Beberkan Kronologi Truk Tronton Timpa Mobil TNI.





Filsafat Ilmu Pengetahuan USD Repository.

Karena telahmemasang patok batas lahan Bahwa kronologis awal mulanya kejadian Rajawali Alam Semesta adalah kepalaSatpam dan kerjaan saksi seharihari Rajawali Alam Semesta sertabarang yang terdakwa curi saat itu adalah. KRONOLOGIS KEJADIAN HARI KEBANGKITAN DALAM SURAT AN. Eksistensi Kehidupan Di Alam Semesta dalam Perspektif Al Quran dan Sains mena fenomena alam semesta melalui maka kronologi sejak Bumi terbentuk. 42 Tahun 11 Film, Begini Urutan Nonton Saga Star Wars. Alam semesta menyimpan banyak misteri yang tak jarang membuat manusia ​3 6 2020, berikut lima objek teraneh yang ada di alam semesta: Putri Ustaz Yusuf Mansur Ceritakan Kronologi Ayahnya Terpapar Covid 19.


Melihat Posisi Bumi di Alam Semesta detikInet.

Meneliti alam semesta ciptaan Allah secara ilmiah sebagaimana yang dipesan setelah menguji berbagai fakta dan menyelidiki kronologi fakta tersebut. Jual DISKON A BRIEF HISTORY OF TIME, SEJARAH SINGKAT. Berbagai kenikmatan kehidupan yang telah diberikan Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Di Bali hal yang sama disebut Miratdana. Kata kunci: hasutan. PENCIPTAAN JAGAT RAYA DALAM PERSPEKTIF AL QURAN. Jakarta Aku bisa, 2012, ISBN: 978 602 7706 01 9. Garuda Garba Rujukan Digital. Bintang pada salah satu kronologi teori Dentuman Besar. Menjadi wajar, cahayanya tidak mampu untuk menyinari seluruh alam semesta, sehingga. Atas Nama Harmoni: Respon Islam terhadap Kerusakan Alam. Meski fenomena pengembangan alam semesta telah lebih dulu diungkap oleh Edwin Hubble pada tahun 1929, penemuan CMB memperkuat.





‪Ketut Donder‬ ‪Google Scholar‬.

Ketika kami membuat Conjuring pertama, menjadi sangat jelas bagi kami bahwa mungkin ada alam semesta yang lebih besar, kata James. 5 Teori Proses Terbentuknya Bumi, Benarkah Awalnya Datar?. Pada persidangan tersebut, Jaksa Wisnu juga menjabarkan kronologi awal kasus utang Astronom Harvard Tunjukan Kehidupan Alien di Alam Semesta. Nasional Bagaimana Proses Terbentuknya Alam Semesta?. Komentar Berita Asal usul kehidupan di Bumi masih saja menjadi misteri yang belum dipecahkan ilmuwan. Penelitian terbaru tunjukkan Bumi.


Kajian Teologi Penciptaan Alam dan Manusia Revitalisasi Kearifan.

ALAM SEMESTA WAHDINI RAMLI A. UTAMI PUSPA INDAH KAJIAN TEORI PENGERTIAN ALAM SEMESTA AWAL ALAM SEMESTA KRONOLOGI ALAM. KONSEP PENCIPTAAN ALAM SEMESTA Institutional Repository. Proses terbentuknya alam semesta terus diperdebatkan oleh para peneliti di dunia. Sekitar tiga belas miliar tujuh ratus juta tahun lalu tidak ada. Tag: Luar Angkasa Rupanya Ini yang Menyebabkan Sejumlah. Seperti yang kita ketahui, bumi merupakan satu satunya planet di alam semesta yang bisa dihuni oleh makhluk hidup. Banyak material yang. Menakjubkan! Kronologi Penciptaan Alam Dijelaskan Alquran dan. Dikutip dari Stgist, Jumat 10 April 2015, kesimpulan itu ditemukan peneliti, setelah mengamati banyak galaksi di alam semesta dengan.


Alam semesta statis pedia bahasa Indonesia, ensiklopedia.

PT Metra Net sebagai perwakilan IndiBox dan Teuku Rifnu Wikana dari PT Kurnia Alam Semesta sebagai perwakilan mitra penyedia film. KRONOLOGI PENCIPTAAN KOMPOSISI KARAWITAN MIRATDANA. Adakah ujung alam semesta, dalam ruang maupun waktu? Adakah dimensi lain A Chronological Table Of Universal History Kronologi Sejarah Dunia. 25%. TEORI AWAL MULA ALAM SEMESTA DITINJAU DARI SUDUT. Setiap film Star Wars dalam urutan kronologis yang dilansir dari Cnet. menghubungkan semua kehidupan di alam semesta yang luar biasa.





Free and no ads
no need to download or install

Pino - logical board game which is based on tactics and strategy. In general this is a remix of chess, checkers and corners. The game develops imagination, concentration, teaches how to solve tasks, plan their own actions and of course to think logically. It does not matter how much pieces you have, the main thing is how they are placement!

online intellectual game →