★ Budaya Minangkabau - budaya ..

                                     

★ Budaya Minangkabau

Budaya Minangkabau adalah kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau dan berkembang di semua berikut daerah perantauan Minangkabau. Budaya ini adalah salah satu dari dua budaya dari negara yang sangat menonjol dan berpengaruh. Budaya ini memiliki sifat egaliter, demokratis, dan sintetik, yang menjadi anti-tesis bagi kebudayaan besar lainnya, yakni budaya Jawa yang feodal dan sinkretik.

Berbeda dengan kebanyakan budaya yang berkembang di dunia yang menganut sistem patrilineal, budaya Minangkabau justru menganut sistem matrilineal baik dalam hal pernikahan, persukuan, warisan, adat judul dan sebagainya.

                                     

1. Sejarah. (History)

Berdasarkan historis, budaya Minangkabau berasal dari Luhak Nan Tigo, yang kemudian menyebar ke wilayah rantau di sisi barat, timur, utara dan selatan dari Luhak Nan Tigo. Saat ini wilayah kebudayaan Minangkabau meliputi Sumatera Barat, bagian barat Riau, pantai barat Sumatera Utara, bagian barat Jambi, Kerinci, Bungo, bagian utara Bengkulu, Mukomuko, bagian barat daya Aceh.

Budaya Minangkabau di awal bercorakkan budaya animisme dan Hindu-Budha. Kemudian sejak kedatangan para pembaharu Islam dari Timur Tengah pada akhir abad ke-18 rujukan, adat dan budaya Minangkabau, yang tidak sesuai dengan syariat Islam dihapuskan. Ulama yang dipelopori oleh Haji Piobang, Haji Miskin, dan ini "kata-kata umum", mendesak Kustom untuk mengubah pandangan budaya Minang yang sebelumnya lebih berorientasi pada budaya animisme dan Hindu-Budha, yang akan berorientasi kepada hukum Islam. Budaya sabung ayam, mengadu kerbau, perjudian, minum alkohol, dilarang dalam pesta-pesta adat masyarakat Minang.

Reformasi budaya Minangkabau terjadi setelah Perang Padri berakhir pada tahun 1837. Hal ini ditandai oleh tidak adanya kesepakatan di Bukit Marapalam antara ulama, tokoh adat, dan cadiak pandai cerdik pandai. Mereka sepakat untuk dasar adat budaya Minang dalam hukum Islam. Perjanjian yang terkandung dalam pepatah yang berbunyi: Adat basandi syarak basandi kitabullah. Syarak mangato adat mamakai. Kustom berdasarkan syariat islam berdasarkan al-Quran. Sejak reformasi budaya dari pertengahan abad ke-19, pola pendidikan dan pembangunan manusia di Minangkabau adalah berdasarkan nilai-nilai Islam. Jadi sejak saat itu, setiap desa atau jorong di Minangkabau memiliki sebuah masjid, selain bangunan yang ada di setiap lingkungan keluarga. Pemuda Minangkabau dewasa, diwajibkan untuk tidur di masjid. Di masjid, selain belajar al-quran, mereka juga ditempa latihan fisik dalam bentuk seni bela diri pencak silat.

                                     

2.1. Produk budaya. Kepemimpinan. (Leadership)

Masyarakat Minangkabau memiliki filosofi bahwa "pemimpin itu hanyalah ditinggikan hanya kewenangan pemegang dan sebelum langkah." Itu berarti bahwa seorang pemimpin harus dekat dengan orang-orang yang dia pimpin, dan seorang pemimpin harus siap dikritik jika dia telah melakukan sesuatu yang salah. Dalam konsep seperti ini, Minangkabau tidak mengenal jenis pemimpin yang diktator dan totaliter. Selain itu, konsep budaya Minangkabau yang terdiri dari republik-republik mini, dimana nagari sebagai otonom, memiliki kepala-kepala independen. Mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama, serta dilihat sejajar di tengah-tengah masyarakat.

Dengan filosofi itu, maka Minangkabau banyak pemimpin kepercayaan di berbagai bidang, baik itu politik, ekonomi, budaya, dan agama. Sepanjang abad ke-20, etnis Minangkabau merupakan salah satu kelompok masyarakat di Indonesia yang paling banyak melahirkan pemimpin-pemimpin dan pelopor. Mereka, antara lain: Tan Malaka, Mohammad Hatta, Yusof Ishak, jalan Tuanku Abdul Rahman, Sutan Sjahrir, Agus Salim, Assaat, Hamka, Mohammad Natsir, Muhammad Yamin, Abdul Halim dan lain-lain.

                                     

2.2. Produk budaya. Pendidikan. (Education)

Budaya Minangkabau mendorong orang-orang untuk mencintai pendidikan dan ilmu pengetahuan. Jadi sejak kecil, pemuda Minangkabau telah dituntut untuk mencari ilmu. Filosofi Minangkabau yang mengatakan bahwa "alam takambang manjadi guru," adalah sebuah pepatah yang mengundang orang Minangkabau untuk selalu mencari pengetahuan. Pada kedatangan Islam, pemuda-pemuda Minangkabau selain dituntut untuk mempelajari adat istiadat juga menekankan untuk mempelajari ilmu-ilmu agama. Hal ini mendorong setiap keluarga, untuk membangun sebuah masjid sebagai lembaga pendidikan pemuda desa.

Setelah kedatangan imperium Belanda, masyarakat Minangkabau mulai diperkenalkan ke sekolah-sekolah umum yang mengajarkan ilmu sosial dan ilmu alam. Di Hindia belanda, Minangkabau merupakan salah satu kelompok masyarakat yang paling bersemangat dalam mengikuti pendidikan Barat. Oleh karena itu, di Sumatera Barat, banyak didirikan sekolah-sekolah yang dikelola oleh pemerintah atau swasta.

Semangat pendidikan masyarakat Minangkabau tidak terbatas di kampung saja. Untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi, banyak dari mereka pergi ke luar negeri. Selain Belanda, Jawa adalah juga tujuan mereka untuk pergi ke sekolah. Sekolah kedokteran STOVIA di Jakarta, adalah salah satu tempat yang banyak melahirkan dokter-dokter Minang. Data yang sangat konservatif disebutkan, pada periode 1900 – tahun 1914, ada sekitar 18% dari lulusan STOVIA adalah orang-orang Minang.



                                     

2.3. Produk budaya. Kewirausahaan. (Entrepreneurship)

Minangkabau dikenal sebagai masyarakat yang memiliki etos kewirausahaan yang tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya perusahaan serta bisnis yang dijalankan oleh pengusaha Minangkabau yang ada di Indonesia. Selain itu, banyak orang-orang bisnis Minang lari dari Malaysia dan Singapura. Wirausaha Minangkabau telah melakukan perdagangan di Sumatera dan Selat Malaka, setidaknya sejak abad ke-7. Sampai abad ke-18, pedagang Minangkabau hanya terbatas pada perdagangan emas dan rempah-rempah. Meskipun ada juga yang menjual senjata ke Kerajaan Malaka, tetapi jumlahnya tidak terlalu besar. Pada awal abad ke-18, banyak pengusaha Minangkabau yang sukses perdagangan rempah-rempah. Di Selat Malaka, Nakhoda Bayan, Nakhoda Intan, dan Nakhoda Kecil, para pedagang lintas selat kaya. Sekarang jaringan dari luar negeri Minangkabau dengan berbagai macam jenis usaha, adalah salah satu bentuk wirausaha yang sukses di Nusantara. Mereka adalah salah satu kelompok pengusaha yang memiliki jumlah aset yang cukup besar. Pada periode berikutnya, wirausaha budaya Minangkabau juga melahirkan pengusaha-pengusaha besar dari mereka Hasyim Ning, Rukmini Zainal Abidin, Anwar Sutan Saidi, Abdul Latief, Fahmi Idris, dan Basrizal Koto. Pada masa Orde Baru pengusaha Minangkabau mengalami situasi yang tidak menguntungkan karena kurangnya keberpihakan, rezim Orde Baru untuk pengusaha pribumi.

                                     

2.4. Produk budaya. Demokrasi. (Democracy)

Produk budaya Minangkabau yang juga menonjol adalah sikap demokratis dalam masyarakat. Sikap demokratis pada masyarakat Minang karena sistem pemerintahan Minangkabau terdiri dari banyak nagari yang otonom, di mana keputusan harus didasarkan pada konsensus. Hal ini terkandung dalam adat pernyataan yang mengatakan bahwa "bulat air karena pembuluh, bulat kata karena mufakat". Abdurrahman Wahid dan Nurcholish Madjid pernah menegaskan keberadaan demokrasi Minang dalam budaya politik Indonesia. Sila keempat Pancasila yang berbunyi Kerakyatan yang Dipimpin oleh hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan / Perwakilan diduga datang dari semangat demokrasi Minangkabau, yang mana orang-orang / orang-orang yang tinggal di tengah-tengah musyawarah yang akan diwakili.

                                     

2.5. Produk budaya. Harta. (Treasure)

Dalam budaya Minangkabau ada dua jenis harta, yaitu harta yang tinggi dan harta pusaka rendah. Warisan adalah warisan turun-temurun dari nenek moyang yang dimiliki oleh suatu keluarga atau suku, sedangkan harta pusaka rendah merupakan hasil dari mata pencaharian seseorang yang diwarisi menurut hukum Islam.

Harta tinggi adalah harta milik seluruh anggota keluarga yang diperoleh secara turun temurun melalui pihak perempuan. Harta tersebut dalam bentuk rumah-rumah, ladang, sawah, kolam, dan hutan. Anggota memiliki hak pakai dan biasanya manajemen diatur oleh datuk kepala suku. Hak pakai dari harta yang tinggi ini, antara lain, hak untuk membuka tanah, memungut hasil, membangun rumah, menangkap ikan, dan hak menggembala.

Harta tinggi tidak boleh dijual dan hanya boleh digadaikan. Gadai harta tinggi hanya dapat dilakukan setelah melalui musyawarah di antara orang-orang berpangkat tinggi, sebaiknya di hock untuk suku yang sama tapi juga bisa di gadai ke suku-suku lain.

Tergadainya harta tinggi karena empat hal:

  • Konyol gadang memberikan balaki perawan tua yang belum menikah.

Jika tidak ada biaya untuk menikah dengan anak perempuan, sementara dia terlambat.

  • Mayik tabujua di ateh rumah meletakkan mayat di atas rumah.

Jika tidak ada biaya untuk mengurus jenazah harus segera dikuburkan.

  • Rumah gadang katirisan rumah besar kebocoran.

Jika tidak ada biaya untuk renovasi rumah, sementara rumah sudah rusak dan lapuk sehingga tidak layak huni.

  • Mambangkik batang tarandam membongkar kayu yang terendam.

Jika tidak ada biaya untuk pesta pengangkatan kepala datuk atau biaya untuk menyekolahkan anggota kaum ke tingkat yang lebih tinggi.



                                     

2.6. Produk budaya. Kontroversi hukum Islam syariah. (The controversy of Islamic law sharia)

Menurut hukum Islam, harta harus diturunkan sesuai dengan faraidh sudah mengatur pembagian antara pihak perempuan dan laki-laki. Tetapi di Minangkabau, semua harta tinggi yang dijatuhkan kepada anggota keluarga perempuan dari garis keturunan ibu. Hal ini menimbulkan kontroversi dari sebagian ulama.

Ulama Minangkabau yang paling keras menentang pengaturan harta yang tidak mengikuti hukum waris Islam adalah Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, Syekh Tahir Jalaluddin Al-Azhari, dan Agus Salim. Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, imam dan khatib masjidil haram Mekkah, yang menyatakan bahwa harta tinggi termasuk harta keraguan, itu adalah haram untuk digunakan. Dia adalah konsisten dengan pendapatnya dan itu sebabnya dia tidak ingin kembali ke ranah Minang. Sikap Abdul Karim Amrullah yang berbeda para sarjana di atas. Ia mengambil jalan tengah dengan menyatakan bahwa harta tinggi termasuk kategori wakaf, yang dapat digunakan oleh keluarga tetapi tidak dapat dijual.Namun,bentuk wakaf seperti ini tentu tidak sama dengan wakaf yang disyariatkan dalam islam. Karena dalam pemanfaatan hanya diperuntukkan bagi orang-orang tertentu dengan aturan-aturan adat, bukan aturan islam. Selain itu kadang-kadang pusaka tinggi ini bisa digadaikan dalam situasi tertentu.

Yang perlu digarisbawahi adalah benar-benar dari penilaian dari para pemimpin agama yang menentang warisan yang tinggi ini adalah bahwa adat sebagaimana ketentuan pria bisa dihapus,tetapi ketetapan agama yang berasal dari Allah adalah mutlak. Kemudian bentuk piutang yang harus dihindari. Penghapusan bea hal ini dianggap mudah untuk ilahi karena adat itu sendiri menyatakan tunduk pada al-quran.

"Adat basandi syarak basandi kitabullah"

Asal-usul pusaka tinggi ini pada umumnya merupakan hasil dari pembagian lahan saat membuka lahan sebagai tempat tinggal baru. Di mana lahan yang bukan pemiliknya.

Pada kenyataannya, harta tinggi adalah amanat dari nenek moyang tidak diketahui siapa pemilik aslinya, dan hilang berdasarkan garis keturunan ibu. Jika properti yang mewarisi hak harta lebih rendah atau warisan dari biasa, tentu harus jelas siapa yang lewat. Itulah alasan logis harta tinggi tidak boleh diwariskan oleh sang ayah.



                                     

2.7. Produk budaya. Arsitektur. (Architecture)

Arsitektur Minangkabau merupakan bagian dari seni arsitektur khas Nusantara, yang wilayahnya merupakan kawasan rawan gempa bumi. Sehingga banyak rumah-rumah tradisional berbentuk panggung, dengan menggunakan kayu dan pasak, dan tiang-tiang yang diletakkan di atas sebuah batu yang tertanam. Namun ada beberapa kekhasan arsitektur Minangkabau, yang tidak dapat ditemukan di daerah lain, seperti atap bergonjong. Model ini digunakan sebagai suatu bentuk atap rumah, balai pertemuan, dan kini juga digunakan sebagai bentuk dari atap kantor-kantor di seluruh Sumatera Barat. Di luar Sumatera Barat, atap bergonjong juga terkandung di kantor perwakilan Pemda Sumatera Barat di Jakarta, serta pada salah satu bangunan di halaman Istana Seri Menanti, Negeri Sembilan. Bentuk gonjong diyakini berasal dari bentuk tanduk kerbau, yang juga merupakan ciri khas dari etnis Minangkabau.

                                     

2.8. Produk budaya. Masakan. (Cuisine)

Memasak makanan lezat adalah salah satu budaya dan adat istiadat masyarakat Minangkabau. Hal ini disebabkan seringnya pelaksanaan pesta adat, yang mengharuskan penyajian makanan yang nikmat. Masakan Minangkabau tidak hanya disajikan untuk masyarakat Minangkabau, tetapi juga telah dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh Nusantara. Orang-orang Minang orang-orang yang digunakan untuk menjual makanan khas seperti rendang, asam pedas, soto padang, sate padang, dendeng balado di rumah makan yang biasa dikenal sebagai Restoran Padang. Padang restoran yang tidak hanya tersebar di seluruh Indonesia, tapi juga Malaysia, Singapura, Australia, Belanda, dan Amerika Serikat. Rendang adalah salah satu masakan khas Minangkabau, telah dinobatkan sebagai masakan adalah yang terbaik di dunia.

Masakan padang adalah masakan yang kaya akan variasi bumbu. Oleh karena itu, banyak yang dimasak menggunakan rempah-rempah seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, dan bawang merah. Kelapa adalah salah satu dari unsur-unsur pembentuk cita rasa Minang. Bahan utama dari masakan Minang, antara lain, daging sapi, daging kambing, ayam, ikan, dan belut. Minangkabau hanya menyajikan makanan yang halal, sehingga mereka menghindari alkohol dan lemak babi. Selain itu, masakan Minangkabau juga tidak menggunakan bahan kimia untuk pewarna, pengawet, dan penyedap. Teknik memasak yang agak rumit dan membutuhkan waktu yang cukup panjang, menjadikannya sebagai makanan yang nikmat dan tahan lama.

                                     

2.9. Produk budaya. Melek. (Literacy)

Masyarakat Minangkabau memiliki budaya literasi sejak abad ke-12. Hal ini ditandai dengan penemuan naskah Minangkabau. Kitab undang-Undang Tanjung Tanah adalah salah satu karya sastra Minangkabau orang pertama. Tambo Minangkabau ditulis dalam Bahasa Melayu, adalah sastra Minangkabau berupa historiografi tradisional. Pada abad pertengahan, sastra Minangkabau banyak ditulis dengan menggunakan Huruf Jawi. Pada saat ini, sastra Minangkabau banyak dalam bentuk dongeng-dongeng jenaka dan saran. Selain itu ada juga buku-buku agama yang ditulis oleh ulama dari jemaat. Pada akhir abad ke-19, cerita-cerita tradisional yang bersumber dari mulut ke mulut, seperti Cindua Mato, Anggun Nan Tongga, dan Malin Kundang dicatat.

Pada abad ke-20, penulis Minangkabau adalah tokoh utama dalam pembentukan bahasa dan sastra Indonesia. Melalui karya-karya mereka dalam bentuk novel, roman, dan puisi, sastra Indonesia mulai tumbuh dan berkembang. Jadi novel ini beredar luas dan menjadi bahan pelajaran penting bagi mahasiswa perguruan tinggi di Indonesia dan Malaysia, ini adalah novel-novel latar belakang budaya Minangkabau. Seperti Tenggelamnya Kapal Van der Wijck, Merantau ke Deli dan di Bawah lindungan kabah karya Hamka, Salah Asuhan karya Abdul Muis, Sitti Nurbaya karya marah Rusli, dan Robohnya Surau Kami karya Ali Akbar Navis. Melek budaya Minangkabau juga melahirkan penyair Chairil Anwar, Taufiq Ismail dan tokoh sastra lainnya Sutan Takdir Alisjahbana.



                                     

2.10. Produk budaya. Pantun dan pepatah-petitih. (Rhymes and goes-petitih)

Dalam masyarakat Minangkabau, puisi dan pepatah-petitih merupakan salah satu bentuk seni persembahan dan diplomasi yang khas. Secara umum, puisi dan pepatah-petitih menggunakan bahasa kiasan dalam sambutannya. Jadi di Minangkabau, seseorang dapat dikatakan menjadi kebiasaan jika tidak menguasai seni persembahan. Meskipun disampaikan dengan sindiran, puisi dan pepatah-petitih sangat mudah. Di sana ada kata-kata yang rancu dan ambigu. Budaya pepatah-petitih, juga digunakan dalam sambah-manyambah untuk menghormati tamu yang datang. Sambah-manyambah ini umumnya digunakan ketika tuan rumah pangka untuk mengundang tamu-tamunya untuk makan. Atau dalam upacara pernikahan, ketika pengantin anak daro menjemput pengantin laki-laki marapulai.

Selain tumbuh di Sumatera Barat, pantun dan pepatah-petitih Minangkabau juga mempengaruhi pola sastra lisan di Riau dan Malaysia.

Contoh:

  • Gadang jan malendo, cadiak jan manjua Berarti: pemimpin jangan tapak pada anggotanya, sementara yang cerdik tidak bodoh.
  • Solok salayo piring hidangan,yang barysh batatah batang Padi,harok kironyo ditarang bulan,palito nyalo denai padami Artinya: Karena mereka mengharapkan sesuatu yang belum pasti,yang sudah nyata dalam genggaman diabaikan / yang terbuang.
  • Satinggi-tinggi pinggang bangau, babaliaknyo ka kubangan juo Artinya: sejauh-jauh perjalanan, di hari tua akan kembali ke desa.
  • Dima rantiang dipatah, disinan sumua digali Artinya: dimana kita tinggal, kita menjunjung tinggi adat istiadat setempat.
  • Duduak marauk ranjau, tagak review dari jarak Berarti: biarkan dia melakukan hal-hal yang bermanfaat, dan jangan menyia-nyiakan waktu.
  • Anak-anak di lap, sebagai kamanakan dibimbiang Artinya: anak yang diberi hidup dan dididik, serta keponakan dibimbing untuk menjalani hidupnya.
                                     

2.11. Produk budaya. Ukiran. (Engraving)

Masyarakat Minangkabau telah mengembangkan seni dan budaya dalam bentuk ukiran, pakaian, dan perhiasan. Seni ukir pernah dimiliki oleh banyak nagari-nagari di Minangkabau. Tapi kali ini seni ukir hanya berkembang di nagari-nagari, seperti Rhapsody. Kain adalah media ukiran yang sering digunakan oleh orang-orang Minang. Selain ukiran ini juga banyak digunakan sebagai hiasan Rumah Gadang. Ukiran Rumah Gadang biasanya dalam bentuk garis melingkar atau persegi, dengan motif seperti tanaman merambat, akar, berdaun, berbunga dan berbuah. Pola akar biasanya dalam bentuk lingkaran, akar berjajaran, ramai bersama-sama, saling terkait dan juga bersambung. Cabang-cabang atau ranting dari akar lengkungan ke luar, ke dalam, ke atas dan ke bawah. Lainnya motif yang ditemukan pada ukiran Rumah Gadang adalah motif geometri bersegi tiga, empat, dan genjang. Jenis-jenis ukiran Rumah Gadang di malam hari kuku, pucuak tabuang, saluak alias, seperti, jarek, itiak pulang patang, saik galamai, dan sikambang manis.



                                     

2.12. Produk budaya. Tari. (Dance)

Tari adalah salah satu corak budaya Minangkabau yang sering digunakan dalam tradisional atau perayaan pernikahan. Tari dari Minangkabau ini tidak hanya dimainkan oleh wanita tetapi juga oleh pria. Karakteristik tari dari Minangkabau adalah cepat, keras, optimis, dan dinamis. Adapula tarian yang memasukkan gerakan seni bela diri untuk itu, yang disebut randai. Tari-tarian Minangkabau yang lahir dari kehidupan masyarakat Minangkabau yang egaliter dan saling menghormati. Dalam pesta adat atau perkawinan, Minangkabau orang-orang yang memberikan persembahan dan penghormatan kepada para tamu dan menyambutnya dengan tari galombang. Jenis tari Minangkabau, antara lain: Tari Piring, Tari Payung, Tari Singkat, dan Tari Indang.

                                     

2.13. Produk budaya. Seni bela diri. (Martial arts)

Pencak Silat adalah seni bela diri khas masyarakat Minangkabau yang diwariskan dari generasi ke generasi. Di awal silat merupakan bekal bagi perantau untuk menjaga diri dari hal-hal terburuk selama di perjalanan atau di luar negeri. Selain untuk menjaga diri, pencak silat juga merupakan sistem pertahanan nagari parik paga dalam nagari.

Pencak silat memiliki dua filosofi dalam satu gerakan. Pencak mancak yang berarti bunga silat adalah gerakan tarian yang dipamerkan dalam acara adat atau upacara lainnya. Gerakan mancak diupayakan seindah dan sebagus mungkin karena hal ini untuk menunjukkan. Sedangkan silat adalah suatu seni tempur yang digunakan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh, sehingga gerakan diupayakan sesedikit mungkin, cepat, tepat, dan melumpuhkan lawan.

Orang-orang yang mahir bermain silat disebut pendekar pandeka. Judul pendekar pada saat mantan dikukuhkan secara adat oleh ninik mamak nagari yang bersangkutan. Saat ini pencak silat tidak hanya diajarkan kepada generasi muda Minangkabau saja, tetapi juga telah menyebar ke seluruh Nusantara dan bahkan ke Eropa dan Amerika Serikat.

                                     

2.14. Produk budaya. Musik. (Music)

Budaya Minangkabau juga banyak dihasilkan jenis alat musik dan lagu. Di antara alat-alat musik khas Minangkabau adalah saluang, talempong, rabab, serta bansi. Keempat instrumen ini biasanya dimainkan dalam pesta adat dan perkawinan. Sekarang musik Minang tidak terbatas dimainkan dengan menggunakan empat instrumen. Tetapi juga menggunakan instrumen musik modern seperti organ, piano, gitar, dan drum. Lagu-lagu Minang kontemporer, serta banyak yang mengikuti aliran-aliran musik modern, seperti pop, hip-hop, dan remix.

Sejak kemerdekaan Indonesia, lagu Minang tidak hanya dinyanyikan di Sumatera Barat, tapi juga banyak dinyanyikan di luar negeri. Bahkan adapula pertunjukan Festival Lagu Minangkabau yang diadakan di Jakarta. Era tahun 1960-an adalah masa kejayaan lagu Minang. Orkes Gumarang pimpinan Asbon Madjid, adalah salah satu kelompok musik yang banyak menyanyikan lagu-lagu khas Minangkabau. Selain Orkes Gumarang, penyanyi-penyanyi Minang seperti Elly Kasim, Ernie Djohan, Tiar Ramon, dan Oslan Husein, membantu menyebarkan musik Minang Nusantara. Bahkan di era penyanyi yang tidak berdarah minangpun berkontribusi untuk melantunkan lagu-lagu minang yang memang sangat mudah diterima oleh pendengar dan pecinta musik tanah air. Terbukti dengan seringnya lagu-lagu minang yang dimainkan kanal radio RRI jakarta dan lainnya.

Kemegahan industri musik Minang di paruh kedua abad ke-20, yang disebabkan oleh sejumlah studio-studio musik yang dimiliki oleh pengusaha Minang. Selain itu, besarnya permintaan lagu-lagu Minang dengan koloni, dan menjadi faktor keberhasilan industri musik Minang.

                                     

2.15. Produk budaya. Upacara dan festival. (Ceremonies and festivals)

  • Landasan pacu itiak. (Runway itiak)
  • Tabuik.
  • Baroncah.
  • Sabuang ayam ditiadakan. (Sabuang chicken dispensed)
  • Manyabik.
  • Batagak pangulu.
  • Turun mandi. (Down bath)
  • Turun ka sawah. (Down ka sawah)
  • Bakaua.
  • Adu kabau ditiadakan. (Adu kabau dispensed)
  • Makan bajamba.
  • Pacu jawi.
  • Hari Rayo. (Day Rayo)
                                     
  • Pernikahan di Minangkabau melibatkan praktik kebudayaan yang khas dan sesuai dengan adat dan budaya Minangkabau Maresek adalah langkah pertama dari proses
  • Terkembang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau Jakarta: PT. Grafiti Pers. Djamaris, Edwar 1991 Tambo Minangkabau Jakarta: Balai Pustaka Zuriati
  • belakang budaya Minangkabau para seniman tersebut telah ikut berperan dalam sejarah perkembangan dunia seni dan ikut membawa warna Minangkabau dalam dunia
  • Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau atau biasa disingkat PDIKM adalah salah satu museum di Sumatra Barat yang terletak di Kelurahan
  • walaupun budayanya sangat kuat diwarnai ajaran agama Islam. Thomas Stamford Raffles, setelah melakukan ekspedisi ke pedalaman Minangkabau tempat kedudukan
  • lain mereka tetap kukuh dengan matrilinealnya. Adat Minangkabau Budaya Minangkabau Orang Minangkabau Inilah Lima Tempat di Dunia yang Didominasi Perempuan
  • bahasa Minangkabau Kongres Bahasa Minangkabau ini diadakan oleh Dinas Kebudayaan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat. Kongres Bahasa Minangkabau I diadakan
  • Minangkabau dapat mengacu pada beberapa hal berikut: Suku Minangkabau Bahasa Minangkabau Budaya Minangkabau Adat Minangkabau Selain itu, Minangkabau juga
  • Etnis Minangkabau memiliki banyak klan yang disebut dengan suku. Menurut tambo alam Minangkabau pada masa awal pembentukan budaya Minangkabau oleh Datuk
  • Nama orang Minangkabau adalah bermacam - macam nama yang dipakai oleh orang - orang Minangkabau dan keturunannya. Dalam Encyclopedie van Nederlandsch - Indie
  • Bahasa Minangkabau bahasa Minangkabau baso Minang bahasa Melayu: Bahasa Minang atau Bahasa Minangkabau Jawi: بهاس ميناڠكاباو adalah salah satu bahasa
  • Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0257 U 1990 tentang Peresmian Berlakunya Pedoman Umum Ejaan Bahasa Minangkabau yang ditandatangani oleh Menteri
                                     
  • Silat Minangkabau bahasa Minangkabau silek Minangkabau adalah seni beladiri yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau Sumatra Barat, Indonesia yang
  • Adat Minangkabau adalah peraturan dan undang - undang atau hukum adat yang berlaku dalam kehidupan sosial masyarakat Minangkabau terutama yang bertempat
  • dasar negara Pancasila. Filosofi politik orang Minang berakar dari kebudayaan Minangkabau yang telah dikembangkan oleh dua orang tokoh legendaris, yakni Datuk
  • awalnya berkembang di Minangkabau jauh sebelum bermuncul di bagian lain di pulau Sumatra, bahkan mendahului kontak kebudayaan asing yang besar. Sejumlah
  • Saudagar Minangkabau merujuk pada profesi sekelompok masyarakat yang berasal dari ranah Minangkabau Selama berabad - abad, perdagangan hasil tambang dan
  • Ulama Minangkabau merupakan ahli - ahli agama Islam yang memiliki kaitan dengan Minangkabau secara genealogis. Interaksi Minangkabau yang intens dengan Islam
  • Sembilan. Orang Minangkabau di Malaysia telah beradaptasi dengan budaya dan nilai sosial setempat dengan sangat baik. Masyarakat Minangkabau di Malaysia telah
  • Rumah Budaya Fadli Zon, Gudang Budaya dan Sejarah Minangkabau Diakses pada 24 November 2012. Haluan. Senin, 21 Mei 2012. Ratusan Keris di Rumah Budaya Fadli
  • Legenda Minangkabau menceritakan kisah asal usul nama Minangkabau Menurut legenda ini, nama Minangkabau berasal dari gabungan dua kata, minang menang
  • Datuk di Minangkabau adalah gelar adat yang diberikan kepada seseorang melalui kesepakatan suatu kaum atau suku yang ada di wilayah Minangkabau provinsi
                                     
  • bahkan sampai ke Negeri Sembilan, Malaysia. Khazanah kesenian dan kebudayaan Minangkabau telah terkenal dan bisa ditemukan dalam suku - suku lain di Indonesia
  • Sejak dahulu Minangkabau dikenal dengan kebudayaan dalam bertatah dan bertitih. Hal ini dikenal dengan istilah sastra lisan yang kemudian diimplementasikan
  • sirih sejak lama menjadi perlambangan budaya yang sangat penting dan sakral di Minangkabau Bagi masyarakat Minangkabau sirih bermakna sebagai penyambung
  • terkadang juga disebut bahasa Aneuk Jamee, adalah salah satu dialek bahasa Minangkabau yang umumnya dituturkan oleh sebagian masyarakat di pesisir barat daya
  • Silat Harimau Minangkabau Edy Utama, budayawan, seniman dan jurnalis Emral Djamal Datuak Rajo Mudo, penggiat seni dan budaya Minangkabau Ibrahim Datuak
  • Songket Minangkabau adalah kain tenun tradisional jenis songket yang berasal dari Minangkabau Songket telah menjadi identitas budaya dalam tradisi Minangkabau
  • kebudayaan dan 7 resolusi yang menjawab agenda strategis. Budaya Aceh Budaya Jawa Budaya Maluku Budaya Melayu Budaya Minangkabau Budaya Sunda Budaya Timor
  • wilayah rantau Minangkabau kebudayaan Pesisir banyak dipengaruhi oleh budaya Minangkabau atau yang dikenal dengan Adat Sumando Adat dan budaya Suku Pesisir

Users also searched:

artikel tentang budaya minangkabau, budaya minangkabau pdf, contoh budaya minangkabau, jurnal tentang budaya minangkabau, makalah kebudayaan minangkabau, masyarakat minangkabau, nilai budaya minangkabau, pengertian budaya minangkabau pdf, Minangkabau, minangkabau, budaya, Budaya, Budaya Minangkabau, tentang, budaya minangkabau pdf, nilai budaya minangkabau, masyarakat minangkabau, pengertian budaya minangkabau pdf, jurnal, makalah kebudayaan minangkabau, makalah, kebudayaan, nilai, masyarakat, pengertian, artikel, contoh, contoh budaya minangkabau, artikel tentang budaya minangkabau, jurnal tentang budaya minangkabau, budaya minangkabau,

Encyclopedic dictionary

Translation

Makalah kebudayaan minangkabau.

BUDAYA MINANGKABAU DAN IMPLEMENTASI PADA. Pendekatan sosiologi sastra dilakukan karena karya sastra mempunyai fungsi yang sama dengan aspek kebudayaan yang lain yang harus dipahami sebagai. Masyarakat minangkabau. Padang Ranah Budaya Minangkabau Menuju Warisan Dunia. Oleh Haviz Fadli Kurnia Adat dan budaya alam Minangkabau memang unik. Sebagaimana kebudayaan pada umumnya, budaya Minangkabau adalah. Jurnal tentang budaya minangkabau. Jual Produk Budaya Minangkabau Termurah dan Terlengkap Maret. Oktober 2016, 5 2 17 27. Ikatan Kekerabatan Etnis. Minangkabau dalam Melestarikan Nilai. Budaya Minangkabau di Perantauan sebagai Wujud Warga NKRI.





Pengertian budaya minangkabau pdf.

Seni Tradisi Dan Kreativitas Dalam Kebudayaan Minangkabau. Budaya Minangkabau memiliki ciri khas pada adat perkawinnanya. Salah satu ciri khas adatperkawinan Minangkabau adalah pihak mempelai pria memberi. Contoh budaya minangkabau. Akulturasi Masyarakat Minangkabau di Tengah Derasnya Arus. Orang Minang di Bandar Lampung memiliki system kekerabatan yang terdapat dalam kehidupan adat masyarakat Minangkabau yang kebanyakan bermukim di​.


Download Libprint Trisakti Universitas Trisakti.

Mengenal Budaya Minangkabau Liputan6.com, Padang Aro: Sumatra Barat menyimpan budaya menarik dan unik yang patut dilestarikan. PERATURAN DAERAH PROVINSI SUMATERA BARAT Ditjen PP. STRUKTUR DAN NILAI BUDAYA MINANGKABAU. DALAM NASKAH PASAMBAHAN BATAGAK PANGULU. Dessy Rahmadani1, Novia Juita2, Hamidin3.





NILAI BUDAYA MINANGKABAU DALAM NOVEL Neliti.

Negeri Asal Budaya Minangkabau Jadi Desa Terindah di Dunia. Kamis, 25 April 2019 WIB Oleh Administrator. Keindahan Desa Nagari Tuo di. PERGESERAN NILAI BUDAYA MINANGKABAU DALAM NOVEL. Kebudayaan Minangkabau atau Minang tersebar di daerah Sumatra barat, sebagian daratan Riau, Bengkulu bagian utara dan bagian barat.


MANIFESTASI MISI BUDAYA PERANTAUAN ETNIS MINANGKABAU.

Hasil dan pembahasan dari penelitian ini antara lain mengenai bentuk kesenian tradisi Minangkabau dan kesenian dalam kebudayaan. Asal Usul Nama Minangkabau dan Sejarah Suku Minang. Fenomena sosial Budaya masyarakat Minangkabau terekspresi di dalam ​novel warna lokal Moalan pertentangan adat dan tradisi. 158 PENDAHULUAN Minangkabau sebagai salah satu bagian dari. ABSTRACT This article aims to explain the existence of Tari Piring dance as a culture identity of Minang kabau people, both the people who live in the origin. FALSAFAH ADAT MINANGKABAU SUMATERA BARAT: KAJIAN. Estetika tari Minangkabau Sumatera Barat tidak akan terlepas dari logika, etika, dan estetika. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Perspektif Baru Membangun.


Mengenal Budaya Minangkabau News Liputan6.com.

Berikut penjelasan tentang suku Minang lengkap dengan agama, adat dan budaya, bahasa, kesenian, dan pakaian adatnya. PENGETAHUAN ANAK MINANG PERANTAUAN TERHADAP. Randai adalah gambaran identitas masyarakat Minangkabau yang sangat kuat dengan falsafah, etika, dan pelajaran hidup orang Minang yang berpusat pada. Akulturasi Budaya Minangkabau Pada Etnis Tionghoa di Kota Padang. Melawan stunting bisa dilakukan dengan budaya dan kearifan lokal. Seperti yang dilakukan para Bundo Kanduang di Tanah Datar, Sumatera.





View of Nilai Budaya Minangkabau dalam Cerpen Cimuntu Lansie.

Penelitian ini bertujuan untuk memahami pola komunikasi tradisi marosok antara sesama penjual dalam budaya dagang Minangkabau. Pendekatan yang. BUDAYA POLITIK KHAS MINANGKABAU SEBAGAI ALTERNATIF. Wilayah ini berada ditengah tengah dua kebudayaan besar yang sangat berpengaruh yaitu Melayu Jambi dan Alam Minangkabau. Suku kerinci.





Sosialisasi Nilai Adat dan Budaya Minangkabau Khusus Salingka.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau BK3AM, Dr Yuherman, dalam. Festival Ritual Nagari: Jembatan Pelestarian Budaya Minangkabau. Nilai Budaya dan Gaya Komunikasi Warga Minangkabau, Jawa, dan Bugis. Pawito Pawito, Widodo Muktiyo, Hamid Arifin. Abstract. Penelitian ini bertujuan. 7 Keunikan Adat Minang yang Jarang Diketahui Orang, Bikin Kagum!. Untuk melaksanakan kegiatan itu, tim Pengabdian Kepada Masyarakat dari. Prodi Sastra Minangkabau Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas melalui LPPM.


Minangkabau Negeri Sembilan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Murid TK Dikenalkan Adat dan Budaya Minangkabau. Minggu, 27 Oktober 2019 WIB Penulis. MC KOTA PADANG., Redaktur Juli. post thumb. Padang. Negeri Asal Budaya Minangkabau Jadi Desa.id. Popularitas Tari Piring sebagai Identitas Budaya Minangkabau. Indrayuda. Abstract. ABSTRACT. Â. This article aims to explain the existence of Tari Piring dance. NILAI BUDAYA PANIBO DALAM ADAT PERKAWINAN DI. Dari pepatah Minang tersebut jelas bahwa budaya merantau Minangkabau atau lebih dikenal dengan orang Padang. dan budaya Minang di perantauan.





Belajar Kebudayaan Minangkabau di Padang Panjang.

Salah satu cara seru untuk mengenal kebudayaan sebuah daerah adalah datang ke festival seni budaya. Bila budaya Minangkabau menarik. Gandeng Generasi Muda, BK3AM Dorong Penguatan Budaya Minang. Jika hendak belajar sepintas sejarah dan kebudayaan Minangkabau, wisatawan bisa berkunjung ke Pusat Dokumentasi dan Informasi. PENGEMBANGAN LITERASI BUDAYA MINANGKABAU BAGI. Beli Produk Budaya Minangkabau Berkualitas Dengan Harga Murah dari Berbagai Pelapak di Indonesia. Tersedia Gratis Ongkir Pengiriman Sampai di.


NILAI SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT Ejournal UPI.

MENGENAL ADAT DAN BUDAYA MINANGKABAU. Kepemipinan ninik mamak, adaik salingka nagari,pusako salingka kaum. Oleh Teguh. Menjadi Minangkabau di Dunia Melayu Kerinci: Identifikasi. Ya, mereka adalah barisan budaya Minangkabau Barzanji, Dabuih, Mangerak, Tari Piriang Suluah, Sikerei, Lukah Gilo, dan Luambek yang. STRUKTUR DAN NILAI BUDAYA MINANGKABAU Neliti. Hasil penelitian menjelaskan bahwa Budaya Minangkabau berpengaruh signifikan terhadap kewirausahaan, kemampuan usaha, kinerja usaha, serta. KEARIFAN LOKAL BUDAYA MINANGKABAU DALAM SENI. Selain dikenal sebagai bumi Sitti Nurbaya, Minangkabau juga memiliki keberagaman budaya tradisional yang sampai saat ini masih tetap. Murid TK Dikenalkan Adat dan Budaya Minangkabau InfoPublik. Kata kunci: nilai budaya, budaya Minangkabau, novel Cinta di Kota Serambi. A. Pendahuluan. Karya sastra merupakan seni yang mempersoalkan kehidupan,.


Jual Tambo Minangkabau Budaya dan Hukum Adat di Tokopedia.

Mereka yang semula dilakukan di kampung halaman menjadi di rantau. Kata kunci: misi budaya perantauan, etnis Minangkabau, penjahit minang perantauan. Festival Pesona Budaya Minangkabau di Tanah Datar. Adalah cara dan adat jurnalisme kami. Berlandas etika jurnalistik serta selaras dengan kearifan alam dan budaya Minangkabau.





Free and no ads
no need to download or install

Pino - logical board game which is based on tactics and strategy. In general this is a remix of chess, checkers and corners. The game develops imagination, concentration, teaches how to solve tasks, plan their own actions and of course to think logically. It does not matter how much pieces you have, the main thing is how they are placement!

online intellectual game →