★ Budaya Indonesia - budaya ..

Uang gobog Indonesia

Uang gobog Indonesia, juga dikenal sebagai koin ajaib Indonesia, adalah sekumpulan benda mirip koin yang berdasarkan pada koin gobog, amulet dan talisman Tiongkok serupa namun diubah secara tersendiri dari koin tersebut. Koin gobog Indonesia dipengaruhi oleh Hindu, Islam dan budaya asli dan sering kali menggambarkan pencitraan relijius dari agama Hindu untuk alasan tersebut.

                                     

★ Budaya Indonesia

Budaya indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945. Budaya indonesia juga dapat diartikan bahwa Indonesia memiliki berbagai suku dan budaya yang beragam seperti tari-tarian, pakaian adat dan rumah adat. Budaya indonesia tidak hanya mencakup budaya asli dari indonesia, tetapi juga meliputi budaya pribumi yang memiliki pengaruh dari budaya Cina, Arab, India, dan Eropa.

                                     

1. Budaya nasional. (National culture)

Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang diakui sebagai identitas nasional atau identitas bangsa. Definisi kebudayaan nasional menurut TAP MPR No.II, tahun 1998, yaitu:

Kebudayaan nasional dalam pandangan Ki Hajar Dewantara adalah puncak-puncak dari kebudayaan daerah". Kutipan pernyataan ini merujuk pada paham kesatuan makin dimantapkan, sehingga ketunggalikaan lebih dan lebih dirasakan daripada kebhinekaan. Bentuk negara kesatuan, nasional, ekonomi, hukum nasional, serta bahasa nasional. Kebudayaan nasional juga bisa berarti sifat wutuhnya bangsa, khususnya mengenai tingkat atau derajat kemanusiaan, dan jiwa. Definisi yang diberikan oleh Koentjaraningrat dapat dilihat dari pernyataan-nya:" khas dan kualitas negara-negara, di mana pun asalnya, asal bisa mengidentifikasikan diri dan menimbulkan rasa bangga, itulah kebudayaan nasional". Pernyataan ini merujuk pada puncak-puncak kebudayaan daerah dan kebudayaan dari bangsa-bangsa yang bisa menimbulkan rasa bangga bagi orang Indonesia jika ditampilkan untuk mewakili identitas bersama. Nunus Supriadi," budaya Daerah dan Budaya Nasional"

Pernyataan yang tertera pada GBHN tersebut merupakan penjabaran dari UUD 1945 Pasal 32. Dewasa tokoh-tokoh kebudayaan Indonesia sedang mempersoalkan eksistensi kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional yang terkait dengan penghapusan tiga kalimat penjelasan pada pasal 32 dan munculnya ayat. Mereka mempertanyakan kemungkinan perpecahan oleh kebudayaan daerah jika batasan mengenai kebudayaan nasional tidak dijelaskan secara gamblang.

Sebelum diamandemen, UUD 1945 menggunakan dua istilah untuk mengidentifikasi kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional. Kebudayaan bangsa, ialah kebudayaan-kebudayaan lama dan asli sebagai puncak-puncak di daerah-daerah di seluruh Indonesia, sedangkan kebudayaan nasional sendiri dipahami sebagai kebudayaan bangsa yang sudah berada pada posisi yang memiliki makna bagi seluruh bangsa Indonesia. Dalam kebudayaan nasional terdapat unsur pemersatu dari Bangsa Indonesia yang sudah sadar dan mengalami persebaran secara nasional. Di dalamnya terdapat unsur kebudayaan bangsa dan unsur kebudayaan asing, serta unsur kreasi baru atau hasil invensi nasional.

                                     

2. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. (A form of regional culture in Indonesia)

Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah di Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas budaya yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa kebudayaan Indonesia berdasarkan jenisnya:

                                     

2.1. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Upacara. (Ceremony)

Upacara adat merupakan suatu bentuk tradisi yang bersifat turun-temurun yang dilaksanakan secara teratur dan tertib menurut adat istiadat dari masyarakat dalam bentuk serangkaian kegiatan petisi sebagai ungkapan rasa syukur. Selain itu, upacara ini merupakan perwujudan dari sistem kepercayaan masyarakat yang memiliki nilai-nilai universal, bernilai sakral, suci, agama, dilakukan secara turun-temurun serta menjadi kekayaan budaya nasional.

Unsur-unsur dalam upacara meliputi: tempat upacara, waktu pelaksanaan, benda-benda / peralatan dan pelaku upacara yang mencakup para pemimpin dan peserta upacara.

Jenis-jenis upacara adat di Indonesia, antara lain: Upacara kelahiran, pernikahan, kematian, penguburan, ibadah, pengukuhan kepala suku dan sebagainya.

Beberapa upacara adat yang diselenggarakan masyarakat, antara lain:

                                     

2.2. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Jawa. (Java)

  • Seblang oleh orang Osing.
  • Jolenan di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.
  • Padusan, di Jawa Tengah. Padusan dikenal sebagai semacam upacara pembersihan harus dilakukan sebelum bulan puasa. Biasanya orang-orang melakukan ini mengalir sungai atau sumber air umbul.
  • Kasodo oleh masyarakat Tengger.
  • Seren taun di Jawa Barat.
  • Mitoni, tedak siti, ritual, perayaan, grebegan di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.
  • Dugderan oleh orang-orang Semarang.
                                     

2.3. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Kalimantan Barat. (West Kalimantan)

  • Robo-robo masyarakat Mempawah. (Robo-robo community Mempawah)
  • Gawai Dayak.
                                     

2.4. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Kalimantan Selatan. (South Kalimantan)

  • Bapapai masyarakat Banjar. (Bapapai Banjar society)
  • Badudus masyarakat Banjar. (Badudus Banjar society)
  • Macceratasi masyarakat Kotabaru Kalimantan Selatan.
  • Aruh Baharin orang Dayak.
  • Mappanretasi Bugis Pagatan.
  • Baayun Mulud masyarakat Banjar.


                                     

2.5. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Sulawesi

  • Mapasilaga tedong di Toraja.
  • Sayyang Pattudu suku Mandar.
  • Rambu solo Toraja suku.
                                     

2.6. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Nusa Tenggara

  • Nelu bulanin di Bali.
  • Ngaben di Bali. (Ngaben in Bali)
  • Pasola sumba di Pulau Sumba.
  • Nyongkolan di Lombok. (Nyongkolan in Lombok)
                                     

2.7. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Maluku

  • Pukul sapu di Maluku.
  • Buka sasi lompa di Maluku.
  • Abdau di Maluku. (Abdau in Maluku)
  • Kololi kie di Maluku Utara.
                                     

2.8. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Script

Aksara Nusantara adalah beragam melek huruf atau tulisan yang digunakan di Indonesia untuk secara khusus menuliskan bahasa daerah tertentu, meskipun penggunaannya untuk sekarang mengungsi dengan alfabet Latin.

  • Aksara untuk menuliskan bahasa Bali.
  • Aksara Lontara untuk menulis bahasa Bima, Bugis, Luwu, Makassar, dan Mandar.
  • Aksara sunda untuk menulis bahasa Sunda.
  • Aksara Lampung untuk menulis bahasa Lampung.
  • Jawi script untuk menulis dalam bahasa Melayu dan tempat tidur.
  • Aksara Pegon untuk menulis bahasa Jawa dan Sunda.
  • Naskah Sasak untuk menulis Bahasa Sasak.
  • Aksara Jawa Hanacaraka untuk menulis bahasa Jawa.
  • Aksara Kaganga untuk menulis bahasa Rejang.
  • Aksara Batak untuk menuliskan bahasa Batak.
                                     

2.9. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Teater dan drama. (Theatre and drama)

Teater adalah sebuah tontonan yang dilakukan di depan khalayak umum. Seni teater adalah suatu jenis seni dalam bentuk pementasan drama yang langsung dilakukan di atas panggung. Teater di Indonesia banyak macamnya, berikut jenis teater Indonesia:

Di Hindia belanda, sebuah teater telenovela yang pernah populer. Ini teater adalah bentuk seni pertunjukan teater sandiwara di sekitar pada saat itu lahir untuk memenuhi hiburan bagi orang-orang. Sebenarnya teater ini mirip dengan teater di Eropa, serta pertunjukan sirkus. Telenovela kematian pada tahun 1891. Secara umum, acara ini bersumber dari cerita-cerita dari bahasa Melayu, arab, Persia, India, Gujarat, Eropa, dan opera.

Seiring waktu, seni teater modern yang dikembangkan di Indonesia dengan gaya drama mereka berbeda. Kelompok teater, tari, dan drama terkemuka seperti Teater Koma yang semakin populer di Indonesia karena drama mereka sering menggambarkan sindiran sosial dan politik rakyat Indonesia.



                                     

2.10. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Tari. (Dance)

Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Biasanya tarian ini berfungsi untuk menyambut tamu, peringatan hari atau peristiwa tertentu atau bentuk ritual keagamaan.Terdapat lebih dari 700 suku bangsa di Indonesia: dapat terlihat dari akar budaya bangsa Austronesia dan Melanesia, dipengaruhi oleh berbagai budaya dari negara-negara tetangga di Asia bahkan pengaruh barat yang diserap melalui kolonialisasi. Setiap suku di Indonesia memiliki berbagai tarian mereka sendiri, Di Indonesia terdapat lebih dari 3000 tarian asli Indonesia. Tradisi kuno tarian dan drama dilestarikan di berbagai sanggar dan sekolah seni tari yang dilindungi oleh pihak keraton atau akademi seni yang dijalankan pemerintah.

Untuk keperluan klasifikasi, seni tari di Indonesia dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai kategori. Dalam kategori sejarah, seni tari di Indonesia dapat dibagi menjadi tiga era: era kesukuan prasejarah, era Hindu-Buddha, dan era Islam. Berdasarkan pelindung dan pendukungnya, dapat dibagi menjadi dua kelompok, tarian dansa istana yang didukung kaum bangsawan, dan tari rakyat yang tumbuh dari orang-orang kebanyakan. Berdasarkan tradisinya, tarian Indonesia dibagi dalam dua kelompok, yaitu tari tradisional dan tari kontemporer.



                                     

2.11. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Lagu. (Song)

Lagu daerah atau musik daerah atau lagu-lagu daerah atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut dan orang-orang. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.

Lagu kedaerahan mirip dengan lagu kebangsaan, namun statusnya hanya bersifat kedaerahan saja. Lagu kedaerahan biasanya memiliki lirik sesuai dengan bahasa daerahnya masing-masing seperti Manuk Dadali dari Jawa Barat dan Rasa Loleba Maluku. Hal ini karena lagu-lagu daerah yang dibuat berdasarkan gaya, tradisi, dan bahasa yang sesuai dengan kondisi setempat.

Selain lagu daerah, Indonesia juga memiliki beberapa lagu nasional atau lagu-lagu patriotik yang dijadikan sebagai lagu penyemangat bagi para pejuang dalam perang kemerdekaan.

Perbedaan antara lagu kebangsaan dengan lagu-lagu patriotik adalah lagu kebangsaan resmi ditetapkan menjadi simbol dari sebuah bangsa. Selain itu, lagu kebangsaan biasanya merupakan satu-satunya lagu resmi dari sebuah negara atau daerah yang menjadi ciri khasnya. Lagu kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman.



                                     

2.12. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Musik. (Music)

Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan keragaman musik dan instrumen. Identitas musik Indonesia mulai terbentuk ketika budaya Zaman Perunggu bermigrasi ke Nusantara pada abad ketiga dan kedua Sebelum masehi. Musik-musik suku tradisional Indonesia umumnya menggunakan instrumen perkusi terutama gendang dan gong. Beberapa berkembang menjadi musik yang rumit dan berbeda-beda, seperti alat musik petik sasando dari Pulau Rote, angklung dari Jawa Barat, dan musik orkestra gamelan dari Jawa dan Bali

Musik di Indonesia sangat beragam dikarenakan oleh suku-suku di Indonesia, sehingga boleh dikatakan seluruh 17.508 pulau yang memiliki budaya dan seninya sendiri. Indonesia memiliki ribuan jenis musik, kadang-kadang diikuti dengan tarian dan pentas. Musik tradisional yang paling populer adalah gamelan, angklung dan keroncong sementara musik modern adalah pop dan dangdut.

                                     

2.13. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Seni pertunjukan. (Performing arts)

Indonesia adalah negara dengan beragam kekayaan budaya dan tradisi. Beberapa tradisi seni pertunjukan dan sekarang tumbuh di Nusantara. Seni pertunjukan adalah karya seni yang melibatkan aksi individu atau kelompok di tempat dan waktu tertentu. Berikut ini adalah berbagai seni pertunjukan di Indonesia:

                                     

2.14. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Seni menggambar dan melukis. (The art of drawing and painting)

Lukisan dari Indonesia sebelum abad ke-19 sebagian besar terbatas pada seni dekoratif, dianggap sebagai kegiatan keagamaan dan spiritual, dibandingkan dengan Eropa seni pra-1400. Nama-nama seniman pada waktu itu anonim, karena pencipta manusia dianggap jauh lebih penting dari penciptaan mereka untuk menghormati dewa-dewa atau roh-roh. Beberapa contoh adalah seni dekoratif kenyah, yang didasarkan pada motif alami endemik seperti pakis dan burung enggang, yang biasa ditemukan pada dinding rumah panjang Kenyah untuk tujuan estetika. Seni tradisional adalah ukiran kayu Toraja geometris. Bali lukisan ini awalnya adalah sebuah narasi gambar untuk menggambarkan adegan dari legenda Bali dan script dari agama Hindu. Lukisan-lukisan klasik Bali yang sering menghiasi naskah papirus dan juga langit-langit paviliun kuil dan candi.

Di bawah pengaruh kekuasaan kolonial belanda, seni lukis adalah cenderung ke arah lukisan gaya Barat muncul di abad ke-19. Di Belanda, istilah "Lukisan Indonesia" diterapkan untuk lukisan-lukisan yang dihasilkan oleh belanda atau seniman asing yang tinggal dan bekerja di mantan - Hindia belanda. Pelukis asli Indonesia abad ke-19 yang paling terkenal adalah Raden Saleh 1807-1877, seniman asli - campuran darah Arab - studi pertama di Eropa. Seni sangat dipengaruhi oleh romantisme. Di tahun 1920-an, Walter Spies menetap di Bali, ia sering dikreditkan dengan menarik perhatian dari budaya Barat dengan budaya dan seni Bali. Karyanya telah dipengaruhi seniman dan pelukis Bali. Sekarang, Bali memiliki salah satu tradisi lukisan yang paling jelas dan paling kaya di Indonesia.

Tahun 1920-an hingga 1940-an adalah pertumbuhan nasionalisme di Indonesia. Periode sebelumnya dari gerakan romantisme tidak dilihat sebagai sebuah gerakan murni Indonesia dan tidak berkembang. Pelukis mulai melihat alam sebagai sumber inspirasi. Beberapa contoh dari pelukis Indonesia yang selama periode ini adalah Bali Ida Bagus Made dan realis Basuki Abdullah. Asosiasi Pelukis Indonesia Persatuan ahli-Ahli Gambar Indonesia atau PERSAGI, 1938-1942 terbentuk selama periode ini. PERSAGI menetapkan filosofi seni kontemporer melihat karya seni sebagai refleksi dari pandangan individu atau pribadi seniman serta ekspresi pemikiran budaya nasional.

Sejak tahun 1940-an, para seniman mulai menggabungkan teknik dari Barat dengan citra dan budaya di Asia Tenggara. Pelukis yang berakar pada gerakan revolusioner dari Perang Dunia i dan periode pasca-Perang Dunia mulai muncul selama periode ini, seperti Sudjojono, Affandi, Hendra. Selama tahun 1960-an, unsur-unsur baru ditambahkan ketika abstrak ekspresionisme dan seni Islam mulai diserap oleh komunitas seni. Juga selama periode ini, kelompok pelukis yang lebih peduli tentang realitas masyarakat Indonesia mulai muncul, mengambil inspirasi dari masalah sosial seperti pembagian antara yang kaya dan yang miskin, polusi, dan deforestasi. Identitas nasional Indonesia adalah ditekankan oleh pelukis ini melalui penggunaan gaya dokumenter yang realistis. Selama periode Soekarno, seni yang terlibat di sosial secara resmi dipromosikan, tapi setelah tahun 1965, popularitasnya menurun karena kecenderungan yang dicurigai komunis.

Tiga akademi seni yang menawarkan pelatihan formal dalam seni visual adalah Institut Teknologi Bandung didirikan pada tahun 1947, Akademi Seni Rupa Indonesia asi atau SUSU ASRI, sekarang dikenal sebagai ISI, di Yogyakarta diresmikan pada tahun 1950, dan Institut Kesenian Jakarta IKJ, dibuka pada tahun 1970.



                                     

2.15. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Seni patung. (The art of sculpture)

  • Jawa: Patung Buto. (Java: The Statue Of Buto)
  • Bali, Garuda Wisnu Kencana.
  • Papua: Asmat.
                                     

2.16. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Seni suara. (Sound art)

  • Sumatera Utara, Riau: Talibun.
  • Kepulauan Riau: Ghazal, Kompang.
  • Gorontalo: Dikili.
  • Kalimantan Tengah: Karungut. (Central Kalimantan: Karungut)
  • Jawa, Sunda: Sinden. (Javanese, Sundanese: Sinden)
                                     

2.17. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Sastra. (Literature)

Sastra indonesia, adalah sebuah istilah yang melingkupi berbagai macam karya sastra di Asia Tenggara. Istilah "Indonesia" sendiri mempunyai arti yang saling melengkapi terutama dalam cakupan geografi dan sejarah politik di wilayah tersebut.

Sastra indonesia terbagi menjadi 2 bagian besar, yaitu, komunikasi verbal dan tertulis. Sastra indonesia sendiri dapat merujuk pada sastra yang dibuat di wilayah Kepulauan Indonesia. Sering juga secara luas dirujuk kepada sastra yang bahasa akarnya berdasarkan Bahasa Melayu dimana bahasa Indonesia adalah satu turunannya. Dengan pengertian kedua maka sastra ini dapat juga diartikan sebagai sastra yang dibuat di wilayah Melayu selain Indonesia, ada juga beberapa negara-negara berbahasa Melayu seperti Malaysia dan Brunei demikian pula bangsa Melayu yang tinggal di Singapura.

                                     

2.18. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Masakan. (Cuisine)

Masakan indonesia merupakan pencerminan beragam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau dan memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak menurut bahan dan tradisi-adat yang terdapat pula pengaruh melalui perdagangan yang berasal seperti dari India, Cina, Timur Tengah, dan Eropa.

Perbedaan antara masakan di satu daerah dan daerah lain sejauh ini. Pada dasarnya tidak ada satu bentuk tunggal "masakan Indonesia", tetapi sebaliknya, keanekaragaman masakan regional yang dipengaruhi oleh Kebudayaan lokal Indonesia serta pengaruh asing. Sebagai contoh, beras yang diolah menjadi nasi putih, ketupat atau lontong nasi sebagai makanan pokok bagi mayoritas penduduk Indonesia, tapi untuk bagian timur lebih umum dipergunakan juga jagung, sagu, singkong, dan ubi jalar. Bentuk lanskap penyajiannya umumnya disajikan di sebagian besar makanan Indonesia berupa makanan pokok dengan lauk daging, ikan atau sayur di sisi piring.

                                     

2.19. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Film

Era awal perfilman Indonesia ini diawali dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia pada 5 desember 1900 di daerah Tanah Abang, Batavia dengan nama Gambar Hidup, yang menayangkan berbagai film bisu. Bioskop didirikan bukan di gedung, tapi di rumah.

Film pertama yang dibuat pertama kalinya di Indonesia adalah film bisu tahun 1926 yang berjudul Loetoeng Kasaroeng c. dan dibuat oleh sutradara Belanda G. Kruger dan L. Pasola. Ketika film ini dibuat dan dirilis, negara Indonesia belum ada dan masih Hindia belanda, wilayah jajahan Kerajaan Belanda. Film ini dibuat dengan didukung oleh aktor lokal oleh Perusahaan Film Jawa NV di bandung dan muncul pertama kalinya pada tanggal 31 desember, 1926 di teater Elite and Majestic, Bandung.

Perfilman Indonesia memiliki sejarah yang panjang dan sempat menjadi raja di negara sendiri pada tahun 1980-an, ketika film Indonesia merajai bioskop-bioskop lokal. Film-film yang terkenal pada saat itu antara lain catatan si Boy 1987, Blok M dan masih banyak film lainnya. Bintang-bintang muda yang terkenal pada saat itu, antara lain, Ongky Alexander, Meriam Bellina, Lydia Kandou, Nike Ardilla, Paramitha Rusady, Desy Ratnasari.

Selain film-film komersial, ada juga banyak film-film nonkomersil yang berhasil memenangkan penghargaan di mana yang berjudul Pasir berbisik yang menampilkan Dian Sastrowardoyo dengan Christine Hakim dan Didi Petet. Selain itu, ada juga film-film yang dimainkan oleh Christine Hakim seperti Daun di atas Bantal yang menceritakan tentang kehidupan anak jalanan. Ini juga film-film Garin Nugroho yang lainnya seperti aku Ingin Menciummu Sekali Saja, juga ada film Marsinah yang penuh kontroversi karena diangkat dari kisah nyata. Selain itu juga ada film seperti Beth, Novel tanpa huruf R Kwaliteit 2 yang turut serta meramaikan kembali kebangkitan film Indonesia. Festival Film indonesia ini juga diadakan kembali pada tahun 2004 setelah vakum selama 12 tahun.

                                     

2.20. Wujud kebudayaan daerah di Indonesia. Agama dan filosofi. (Religion and philosophy)

Islam adalah agama mayoritas di Indonesia, dengan hampir 88% masyarakat indonesia menyatakan Muslim menurut sensus tahun 2000, untuk menjadikan Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia, sehingga Indonesia dijuluki Sebagian Besar Penduduk Muslim ". Penduduk lainnya adalah 9% Kristen yang kira-kira dua-pertiga Protestan, dengan sisa Katolik, 2% Hindu, 1% Budha, dan konghucu 0.05%

                                     

3. Kongres Kebudayaan Indonesia. (The Congress Of Indonesian Culture)

Bangsa Indonesia telah memiliki semangat untuk memajukan budaya kolonial Hindia belanda. Semangat itu tercermin dari pelaksanaan Kongres Kebudayaan Indonesia. Dari waktu ke waktu, Kongres Budaya Indonesia yang diadakan untuk menjawab peran budaya terhadap perkembangan zamannya.

                                     

3.1. Kongres Kebudayaan Indonesia. Masa Kolonial. (The Colonial Period)

Kongres Kebudayaan Indonesia pertama kali diadakan pada tahun 1909.Hal ini tak lepas dari mulai pertumbuhan antara siswa dan mengajukan gagasan "bangsa". Meskipun pada tahun 1909, kongres masih kental dengan budaya Jawa, namun mulai terlihat semangat baru untuk memajukan kebudayaan sendiri di tengah-tengah penjajahan. Pertama kongres juga menghasilkan Java Institute, yang lebih banyak berpartisipasi dalam berbagai pelaksanaan kongres kebudayaan pada masa kolonial.

Jawa Institute telah dilakukan enam kongres budaya, yaitu pada tahun 1919, tahun 1921, 1924, 1926, 1929 dan tahun 1937. Pada tahun 1919, topik Utama yang masih berorientasi pada pengembangan budaya Jawa, terutama sejarah dan budaya. Pada kongres tahun 1921, topik yang diangkat adalah pendidikan musik dan sejarah kepada siswa bumiputra, khususnya budaya Sunda. Kongres yang diselenggarakan di Kota Bandung juga memiliki topik yang terkait dengan seni asing. Waktu itu, para peserta mengajukan tiga sikap dalam menanggapi seni asing. Pertama, membuang budaya lama dan membangun kebudayaan baru. Sedangkan yang kedua, adalah budaya lama dipertahankan. Terakhir, sebuah budaya baru yang disesuaikan dengan budaya lama. Peserta kongres mengambil sikap yang ketiga. Kongres dalam tahun-tahun berikutnya mengangkat topik ini akan dijelaskan secara berurutan. Pada tahun 1924, perhatian terhadap budaya daerah dalam pelaksanaan Pendidikan. Pada tahun 1926, Bahasa, bumi dan bangsa-bangsa di Jawa timur. Pada tahun 1929, mengajar filsafat timur dan sastra dalam Pendidikan. Pada tahun 1937 dinaikkan perhatian besar terhadap budaya Bali.

                                     

3.2. Kongres Kebudayaan Indonesia. Kemerdekaan. (Independence)

Setelah Indonesia Merdeka sampai tahun 1960-an, telah diselenggarakan 5 kali Kongres Budaya. Secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Kongres Kebudayaan I pada tahun 1948, mengangkat topik upaya seniman, ulama dan budayawan untuk meletakkan dasar pembangunan bangsa yang berwawasan budaya.
  • Kongres Kebudayaan II pada tahun 1951, mengangkat topik bisnis pemecahan di bidang seni seperti hak dari penulis / hak cipta, perkembangan sastra, kritik seni, sensor film dan budaya organisasi.
  • Kongres Kebudayaan V di tahun 1960, mengangkat topik budaya dan ekonomi.
  • Kongres Budaya III pada tahun 1954, mengangkat topik Pendidikan budaya bagi para siswa, orang-orang kota, para pekerja dan petani.
  • Kongres Kebudayaan IV pada tahun 1957, mengangkat topik budaya dan arsitektur.
                                     

3.3. Kongres Kebudayaan Indonesia. Masa Pemerintahan Presiden Soeharto dan Reformasi. (The Reign of President Suharto and the Reform of)

Ada jeda yang panjang selama lebih dari tiga puluh tahun yang baru Kongres Budaya VI kembali digelar pada tahun 1991. Penjelasan singkat adalah sebagai berikut:

  • Kongres Kebudayaan V di tahun 2003, untuk membahas kebijakan dan strategi kebudayaan Indonesia yang meliputi 16 dari topik utama, termasuk.
  • Lingkungan. (Environment)
  • Agama dan spiritualitas. (Religion and spirituality)
  • Politik desentralisasi daerah. (Political decentralization area)
  • Hukum dan korupsi. (Law and corruption)
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Kongres Budaya VI pada tahun 1991, membahas lima topik Utama, yaitu warisan budaya, pemeriksaan dan pengembangan, budaya nasional, sekarang dan masa depan, kreativitas dan pertumbuhan seni lokal dan nasional, budaya dan sektor-sektor kehidupan masyarakat, budaya nasional dan dunia.
  • Integrasi dan disintegrasi. (Integration and disintegration)
  • Budaya pop dan hiburan.
  • Krisis otoritas. (The crisis of authority)
  • Identitas dan transisi. (Identity and transition)
  • Pendidikan. (Education)
  • Reinterpretasi dan reposisi adat dan tradisi.
  • Kesetaraan gender. (Gender equality)
  • Bahasa dan simbol-simbol. (The language and symbols)
  • Demokrasi ekonomi. (Economic democracy)
  • Konflik dan kekerasan. (Conflict and violence)
  • Warisan budaya. (Cultural heritage)
  • Warisan budaya. (Cultural heritage)
  • Media massa. (Mass Media)
  • Seni rupa. (Fine art)
  • Bahasa. (Language)
  • Kebijakan dan strategi budaya.
  • Ekonomi kreatif. (Creative economy)
  • Filantropi budaya. (Philanthropic culture)
  • Pendidikan. (Education)
  • Sastra. (Literature)
  • Diplomasi budaya. (Cultural diplomacy)
  • Hak kekayaan intelektual. (Intellectual property rights)
  • Etika. (Ethics)
  • Identitas budaya. (Cultural identity)
  • Kongres Budaya VIII pada tahun 2008, yang berjudul "Kebudayaan untuk Kemajuan dan Kedamaian untuk Kesejahteraan" yang mencakup 15 pokok bahasanf.
  • Film / media seni.
  • Seni pertunjukan. (Performing arts)
  • Diplomasi budaya. (Cultural diplomacy)
  • Generasi muda sebagai sumber budaya.
  • Kongres Budaya IX pada tahun 2013. Kongres yang diadakan di Yogyakarta ini pernah menuai kritik dari sejumlah aktivis dan seniman. Kekecawaan aktivis kongres ini masih dapat dilihat jejaknya di internet. Salah satu dari mereka adalah Hanny Setiawan yang menulis artikel dengan judul "Kongres Kebudayaan, Kongres Abal-Abal" di kolom Kompasiana. Kongres Budaya IX pada tahun 2013 untuk memproduksi 5 rekomendasi, di antaranya D.
  • Pendidikan. (Education)
  • Manajemen budaya. (Management culture)
  • Demokrasi. (Democracy)
  • Kongres Budaya X pada tahun 2018. Kongres Kebudayaan tahun 2018 menghasilkan 7 agenda strategis kebudayaan dan 7 resolusi yang menjawab agenda strategis.


                                     

4. Lihat juga. (See also)

  • Budaya Melayu. (Malay Culture)
  • Budaya Minangkabau. (The Culture Minangkabau)
  • Budaya Sunda. (Sundanese Culture)
  • Budaya Timor Leste. (The Culture Of East Timor)
  • Budaya Maluku. (The Culture Of Maluku)
  • Budaya Jawa. (Java Culture)
  • Budaya Aceh. (The Culture Of Aceh)

Budaya Peranakan

  • Budaya India-Indonesia. (Culture Of India-Indonesia)
  • Budaya Tionghoa-Indonesia.
  • Budaya Arab-Indonesia. (Arab Culture-Indonesia)
                                     
  • Institut Seni Budaya Indonesia Aceh atau disingkat ISBI Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Seni Budaya yang diresmikan oleh Presiden Republik
  • Halaman ini memuat daftar cagar budaya di Indonesia yang terdaftar pada Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Daftar ini tidak dimaksudkan
  • Sistem sosial budaya Indonesia adalah sebagai totalitas nilai, tata sosial, dan tata laku manusia Indonesia harus mampu mewujudkan pandangan hidup dan
  • Institut Seni Budaya Indonesia Bandung atau yang disingkat ISBI Bandung adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Kota Bandung yang menyelenggarakan pendidikan
  • suku Tionghoa termasuk sejarah dan budayanya merupakan bagian integral dalam sejarah dan budaya bangsa Indonesia Pembangunan taman ini juga memiliki
  • cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya Bangunan Cagar Budaya Struktur Cagar Budaya Situs Cagar Budaya dan
  • Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia adalah salah satu fakultas di bawah Universitas Indonesia yang mengkhususkan diri dalam ilmu pengetahuan budaya dengan
  • Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia  Non Partisan  Partai Kristen Indonesia  Partai Nasional Indonesia  Partai Masyumi  Partai Persatuan Indonesia Raya  Partai
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia disingkat: Kemendikbud atau Kemdikbud adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang menyelenggarakan
                                     
  • warisan budaya takbenda Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia melakukan pencatatan dan penetapan daftar warisan budaya takbenda
  • Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi budia atau akal diartikan sebagai hal - hal
  • Budaya Arab - Indonesia merujuk kepada jenis kebudayaan peranakan Arab yang berakulturasi dan atau berasimilasi dengan kebudayaan Indonesia juga budaya
  • Budaya politik merupakan pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan bernegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik pemerintahan, hukum, norma
  • menjabat sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan atau Menteri Muda Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Keterangan bernama Menteri Muda Pengajaran
  • Budaya India - Indonesia merujuk kepada jenis kebudayaan peranakan India yang berakulturasi dan atau berasimilasi dengan kebudayaan Indonesia juga budaya
  • menjadi Menteri Pariwisata, Seni, dan Budaya Berganti nama menjadi Menteri Negara Pariwisata, Seni, dan Budaya Berganti nama menjadi Menteri Negara
  • berhubungan dan berasimilasi dengan budaya Persia, Turkik, Mongol, India, Mesir, Uyghur, Melayu, Berber, Indonesia Moro, dan Rohingya. Bahasa Turki sudah
  • Balai Budaya Jakarta adalah pusat kebudayaan milik Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan Republik Indonesia yang diperuntukkan bagi penyelenggaraan kegiatan
  • dan Suriname. Bahkan budaya Jawa termasuk salah satu budaya di Indonesia yang paling banyak diminati di luar negeri. Beberapa budaya Jawa yang diminati
  • Budaya Sunda adalah budaya yang tumbuh dan hidup dalam masyarakat Sunda. Budaya Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun
  • Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1978, didirikan pula pusat - pusat kebudayaan di beberapa provinsi di Indonesia dengan nama Taman Budaya Purna Budaya memiliki
                                     
  • Konferensi Kebudayaan Indonesia adalah sebuah konferensi yang diadakan pada 5 - 7 Agustus 1950 di Gedung Pertemuan Umum Kota Praja, Jakarta. Tema yang diangkat
  • Warisan Budaya Takbenda Indonesia adalah budaya hidup yang berisi unsur filosofis dari tradisi masyarakat dan masih diturunkan dari generasi ke generasi
  • Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia disingkat Kemenko PMK RI, sebelumnya Kementerian Koordinator Kesejahteraan
  • perantauan Minangkabau. Budaya ini merupakan salah satu dari dua kebudayaan besar di Nusantara yang sangat menonjol dan berpengaruh. Budaya ini memiliki sifat
  • Seni, dan Budaya Depparsenibud 1998 1999 Kementerian Negara Pariwisata dan Kesenian Kemenegparsen 1999 2000 Kementerian Negara Kebudayaan dan Pariwisata
  • Menteri Koodinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia adalah Menteri yang membidangi koordinasi perencanaan dan penyusunan kebijakan
  • memiliki budaya dan seninya sendiri. Indonesia memiliki ribuan jenis musik, kadang - kadang diikuti dengan tarian dan pentas. Identitas musik Indonesia mulai
  • bernama Indonesia Tamil Tamram yang bergerak dalam pelestarian bahasa dan budaya Tamil, membangun saling pengertian antara orang India dan Indonesia dan
  • lama di tengah masyarakat Kepulauan Riau, Indonesia Budaya Kepulauan Riau sangat dipengaruhi oleh kebudayaan suku Melayu dan etnis Tionghoa. Beberapa

Users also searched:

artikel budaya indonesia, budaya indonesia yang menarik, budaya indonesia yang mendunia, ciri khas budaya indonesia, contoh budaya indonesia, deskripsi budaya indonesia, keragaman budaya indonesia, rangkuman budaya indonesia, Budaya, budaya, Indonesia, indonesia, Budaya Indonesia, yang, ciri, rangkuman budaya indonesia, khas, keragaman budaya indonesia, mendunia, deskripsi, contoh, keragaman, rangkuman, menarik, deskripsi budaya indonesia, contoh budaya indonesia, artikel, artikel budaya indonesia, budaya indonesia yang menarik, ciri khas budaya indonesia, budaya indonesia yang mendunia, budaya indonesia,

Encyclopedic dictionary

Translation

Budaya indonesia yang mendunia.

12 Kebudayaan dan Tradisi Indonesia Yang Mendunia H.I.S Travel. Berita Budaya Indonesia Oniecraft yang merupakan UMKM Binaan Pertamina ini terkenal dengan kerajinan paper tole atau seni gambar 3 dimensinya yang. Ciri khas budaya indonesia. KBRI Den Haag ajak pegiat seni promosikan budaya Indonesia. Permasalahan keragaman budaya di Indonesia dengan latar belakang suku bangsa, ras, agama, bahasa, adat istiadat, golongan politik dan sebagainya. Rangkuman budaya indonesia. 11 Festival Kebudayaan di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi. Indonesia memang negara yang kaya akan warisan budaya. Posisinya yang strategis, membuat banyak wisatawan mancanegara acap kali.





Contoh budaya indonesia.

INDONESIA NEGARA 1000 BUDAYA SEBAGAI SARANA Neliti. Tema yang diangkat tahun ini adalah Kriya Nagri yang dilatari oleh kondisi masih minimnya pendidikan dan informasi tentang budaya Indonesia, kurangnya​.


Budaya indonesia yang menarik.

Kumpulan Berita BUDAYA INDONESIA: Lestarikan Budaya. Kumpulan Berita BUDAYA INDONESIA: Lestarikan Budaya Indonesia dengan Memakai Batik di Kehidupan Sehari hari. Artikel budaya indonesia. 10 Warisan budaya tak benda Indonesia yang diakui UNESCO. Kebudayaan Indonesia. Turut mewujudkan bangsa Indonesia yang cerdas dan berbudaya. Artikel. Nilai Budaya Ritual Nyabak Nitik Pade: Ritual Panen Padi. Keragaman budaya indonesia. Berita Budaya Indonesia Hari Ini Kabar Terbaru Terkini Liputan6. Takalar, Kominfo Negara Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan kekayaan bahasa yang sangat banyak, dengan kekhasan yang berbeda satu. 10 Fakta tentang Budaya Bisnis di Indonesia Jurnal. Jakarta, CNBC Indonesia Derasnya budaya asing yang membuat budaya lokal terancam, dan diperlukan pelestarian budaya melalui cara.





Kebudayaan Indonesia Kebudayaan Indonesia.

Sebagaimana masyarakat lain di planet Bumi ini, masyarakat Indonesia yang terdiri atas ratusan suku dan etnis ini juga memiliki tradisi dan. Keragaman Etnik dan Budaya Indonesia Halaman all. Hilmar menilai penetapan pantun di Unesco menjadi penanda penting perjalanan Indonesia dalam melestarikan kebudayaan. 10 Tradisi Masyarakat Adat Indonesia, Ada Budaya Potong Jari. Kebudayaan memegang peran penting dalam majunya bangsa Indonesia, berikut beberapa cara untuk melestarikan budaya. Halaman all. SISTEM SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA Kistanto Sabda: Jurnal. SISTEM SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA Download. Thumbnails Document Outline Attachments. Previous. Next. Highlight all. Match case. Presentation Mode.


Keragaman Budaya Indonesia Meriahkan International Day Pada.

Bahkan Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Jangan Rusak Keberagaman Budaya Indonesia yang Kaya dengan. Kumpulan berita budaya indonesia Menurut Ayu Azhari, ada cukup banyak turis yang tertarik dengan tenunan lokal khas NTT. Kolaborasi UAD Mahasiswa Asing Kenalkan Budaya Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang khas. Keragaman budaya tersebut dapat diketahui melalui bentuk pakaian adat,. Sebanyak Delapan Warisan Budaya Jatim Jadi Warisan Budaya. Keragaman Budaya Indonesia Meriahkan International Day pada British School Tashkent. Thursday, 04 March 2021. Tashkent, Uzbekistan Gamelan Jawa,. ANALISIS SWOT KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA E JURNAL. Budaya Korea, Kiblat Baru Budaya Indonesia. Redaksi Senin, 22 Februari 2021. Dibaca 351. Korry Elyana, dosen ilmu komunikasi di Universitas.


PENGIDENTIFIKASIAN DIMENSI BUDAYA INDONESIA.

Simatupang, Maurits, 1931 Budaya Indonesia yang supraetnis oleh, Maurits Simatupang. - Jakarta Papas Sinar Sinanti, 2002 245 hlm. 21 cm. Bibliografi. POLITIK BHINNEKA TUNGGAL IKA DALAM KERAGAMAN BUDAYA. Nusa Dua, Bali 13 12 18 Kemenkeu Tak cukup dengan memamerkan budaya karya seni, dan kerajinan tangan khas Indonesia di Indonesia. Budaya indonesia. Untuk membangun citra positif di Turki, RBI menyelenggarakan ​program kebudayaan, seperti mengadakan kursus Bahasa Indonesia, lomba pidato.





Indonesia Is Me Angkat Kekayaan Nilai dan Budaya Indonesia.

Pantun Mutiara Budaya Indonesia Oleh Dr. H. Erizal, MH. Kemenag Anambas ​Humas Kepala Kantor Kementerian Agama Anambas Dr. H. Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. BANDUNG.id Pagelaran Seni Budaya PSB 2012 mewarnai Jalan Ganesha pada Minggu 25 03 12 kemarin. Ajang dua tahunan ini. Budaya Indonesia Megawati dan Sammy Wattimena Dorong Anak. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki kekayaan budaya yang beragam. Kebudayaan Indonesia tentunya datang dari berbagai daerah yang. Diplomasi budaya Indonesia melalui rumah budaya Indonesia di. Untuk dapat lebih memahami bagaimana budaya Indonesia dari sudut pandang psikologi, Fakultas Psikologi BINUS UNIVERSITY bersama dengan Himpunan.





Batik sebagai Warisan Budaya Dunia Medco Foundation.

Indonesia, tak hanya dikenal dengan negara maritim, namun juga kaya akan budaya. Berbagai suku bangsa di dalamnya pun melahirkan adat dan budaya yang. Contoh Budaya Daerah di Indonesia, Materi Kelas 5 Tema 8. Kaya akan kebudayaan. Berikut rekomendasi Festival Budaya Indonesia yang bisa buatmu mengenal lebih dekat dengan budaya Nusantara:. Rumah Budaya dan Upaya Pengenalan Indonesia di Kazakhstan. KBRI Den Haag ajak pegiat seni promosikan budaya Indonesia. Para diaspora pegiat seni Indonesia bergabung dalam acara virtual yang.


Ini Dia 5 Budaya Indonesia Sebagai Warisan Leluhur Kiostix.

Jatim Newsroom Sebanyak delapan karya budaya dari Jawa Timur ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda WBTB Indonesia. PSB 2012: Ragam Budaya dalam Satu Indonesia Institut Teknologi. Hari itu, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa atau UNESCO memberikan pengakuan internasional: batik Indonesia. Pantun Mutiara Budaya Indonesia Oleh Dr. H. Erizal, MH. – Agung Saputra tak henti hentinya meneriakkan aba di ruang bawah Rumah Budaya Indonesia, KBRI Nur Sultan, itu.





Indonesia Miliki Kekayaan dan Keanekaragaman Budaya Kominfo.

Budaya Indonesia Культура Индонезии. Vokasi Ikut Lestarikan Budaya Indonesia dengan Cara Kekinian. Budaya Indonesia Pengertian, Sejarah, Unsur, Faktor, Manfaat, Para Ahli suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak,. 10 Budaya Indonesia yang Terkenal di Mancanegara detikTravel. MEMPERKENALKAN BUDAYA INDONESIA. PADA MASYARAKAT DI PERBATASAN. Muhammad Wasal Falah1, Nasrudin2, Yeni Jayanti3, Sutri Utami4.


Situs Budaya Indonesia Pariwisata, Seni, Tradisi & Kuliner.

Hingga tahun 2017, 594 karya budaya tak benda telah terdaftar sebagai Warisan Budaya Tak Benda WBTB Indonesia yang dikelola oleh Direktorat Jenderal. Budaya Indonesia yang supraetnis UPT Perpus Bung Karno Blitar. Lebih dari 500 suku bangsa di Indonesia merupakan pernyataan yang jelas untuk menunjukkan keragaman budayanya yang mencakup bahasa, agama, ilmu. Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Budaya Indonesia Wahyudi. Indonesia memiliki banyak budaya yang kita kenal disekitar kita, mulai dari makanan tradisional, rumah tradisional, senjata tradisional, tarian tradisional, lagu.


Narasi Kebangsaan dalam Karya Budaya Indonesia LIPI Press.

Jurnal Adat dan Budaya Indonesia. Jurnal ini memuat hasil penelitian dan pemikiran tentang adat istiadat serta budaya. Jurnal ini diterbitkan 2 kali setahun​. Yuk, Mengenal Berbagai Budaya Indonesia!. Indonesia sendiri memiliki 10 budaya yang masuk dalam daftar dari UNESCO tersebut. Daftar tersebut terdiri dari tarian hingga alat musik. PERLINDUNGAN BUDAYA TRADISIONAL INDONESIA MELALUI. Mahasiswa asing menampilkan budaya Indonesia melalui pertukaran budaya.ID, YOGYAKARTA - Mahasiswa Prodi Ilmu. Yuk, Mengenal Keragaman Budaya Indonesia yang Sangat. Indonesia kaya akan budaya yang beragam. Apa contoh budaya daerah di Indonesia? Yuk, cari jawaban soal kelas 5 tema 8 subtema 1!.





Free and no ads
no need to download or install

Pino - logical board game which is based on tactics and strategy. In general this is a remix of chess, checkers and corners. The game develops imagination, concentration, teaches how to solve tasks, plan their own actions and of course to think logically. It does not matter how much pieces you have, the main thing is how they are placement!

online intellectual game →