★ Budaya - budaya ..

Protokol Opsional Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya

Protokol Opsional Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya adalah sebuah perjanjian internasional yang membentuk mekanisme aduan dan penyelidikan untuk Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya. Perjanjian tersebut diterapkan oleh Majelis Umum PBB pada 10 Desember 2008, dan dibuka untuk penandatanganan pada 24 September 2009. Pada Oktober 2018, Protokol tersebut memiliki 45 penandatangan dan 24 negara anggota. Perjanjian tersebut berlaku pada 5 Mei 2013.

Sewar

Sewar mengacu pada belati asal Indonesia, biasanya dibawa dalam sabuk dan digunakan terutama di Sumatera, Indonesia. Belati ini juga disebut sebagai Sewah oleh orang Gayo, Seiva oleh orang Minangkabau, Siva oleh orang Alas, dan Siwaih oleh orang Aceh.

                                     

★ Budaya

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi, yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan pikiran, dan pikiran manusia. Bentuk lain dari kata budaya adalah budaya yang berasal dari budaya inggris dan Latin cultura.

                                     

1.1. Pengertian. Budaya. (Culture)

Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit, termasuk sistem agama dan politik, adat istiadat, bahasa, perkakas, pakaian, bangunan, dan karya seni.Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan, peristiwa itu membuktikan bahwa budaya belajar.

Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. Budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosial-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah satu set kompleks nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri. "Citra yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika, "keselarasan individu dengan alam" di Jepang dan "kepatuhan kolektif" di Cina.

Citra budaya yang bersifat memaksa adalah untuk membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.

Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikan aktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

                                     

1.2. Pengertian. Budaya. (Culture)

Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinisme.

Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.

Menurut Andreas eppink, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial, norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, selain itu segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, di mana terkandung pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Menurut M. Selamet Riyadi, Budaya adalah sebuah bentuk perasaan cinta dari nenek moyang kita yang diwariskan ke semua keturunannya.

Menurut Koentjaraningrat budaya adalah keseluruhan sistem gagasan, dan tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dimiliki manusia dengan belajar.

Dari berbagai definisi tersebut, dapat diperoleh pengertian bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, agama, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu orang-orang yang mempertahankan kehidupan masyarakat.

                                     

2. Unsur-unsur. (Elements)

Ada beberapa pendapat ahli yang mengemukakan mengenai komponen atau unsur kebudayaan, antara lain sebagai berikut:

  • Kekuasaan politik. (Political power)
  • Alat-alat teknologi. (Technology tools)
  • Keluarga. (Family)
  • Sistem ekonomi. (Economic system)
  • Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu.
  • Sistem norma sosial yang memungkinkan kerja sama antara para anggota masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan alam sekelilingnya.
  • Organisasi kekuasaan politik. (The organization of political power)
  • Bronislaw Malinowski mengatakan 4 elemen dasar dari budaya mencakup.
  • Alat-alat dan lembaga atau petugas-petugas untuk pendidikan keluarga adalah lembaga pendidikan utama.
  • Organisasi ekonomi. (Economic organization)
  • C. Kluckhohn mengemukakan ada 7 unsur kebudayaan universal categories of culture yang.
  • Sistem keagamaan. (Religious system)
  • Sistem seni. (Systems art)
  • Sistem teknologi dan peralatan.
  • Sistem pengetahuan. (System knowledge)
  • Bahasa. (Language)
  • Sistem kekerabatan dan organisasi sosial.
  • Sistem mata pencarian hidup.


                                     

3.1. Bentuk dan komponen. Bentuk. (Form)

Menurut j. j. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.

  • Langkah-langkah kegiatan Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Bentuk ini sering disebut sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.
  • Artefak karya Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam bentuk benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret di antara ketiga wujud kebudayaan. Dalam kenyataan kehidupan bermasyarakat, antara wujud kebudayaan yang satu tidak bisa dipisahkan dari wujud kebudayaan yang lain. Sebagai contoh: wujud kebudayaan ideal mengatur dan memberi arah kepada tindakan dari kegiatan dan karya manusia artefak.
  • Gagasan tentang Bentuk ideal dari Bentuk ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak yang tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat.

Sementara itu, menurut Koentjaraningrat, suatu bentuk budaya ini dibagi menjadi nilai budaya, sistem budaya, sistem sosial, budaya dan fisik.

  • Sistem Budaya Dalam bentuk budaya adalah abstrak, sehingga hanya dapat diketahui dan dipahami. Budaya dalam bentuk ini juga bermotif dan didasarkan pada sistem-sistem tertentu.
  • Sistem Sosial Sistem sosial adalah pola perilaku manusia yang menggambarkan bentuk dari perilaku manusia yang didasarkan pada sistem. Budaya dalam bentuk ini adalah beton sehingga dapat diabadikan.
  • Budaya fisik Kebudayaan adalah manifestasi dari yang terbesar dan juga beton. Misalnya, bangunan-bangunan megah seperti candi Borobudur, objek bergerak seperti kapal tangki, komputer, piring, gelas, tombol, dan lain-lain.
  • Nilai-nilai budaya dari Istilah ini, merujuk untuk menyebutkan unsur-unsur budaya yang merupakan pusat dari semua unsur-unsur lain. Nilai-nilai budaya yang ide-ide yang telah dipelajari oleh warga negara sejak usia dini, sehingga sulit untuk diubah. Ide ini kemudian menghasilkan berbagai benda-benda yang diciptakan oleh manusia berdasarkan nilai-nilai, pikiran, dan perilaku.
                                     

3.2. Bentuk dan komponen. Komponen. (Components)

Berdasarkan wujudnya tersebut, budaya memiliki beberapa elemen atau komponen, menurut ahli antropologi Cateora, yaitu:

  • Lembaga-lembaga sosial lembaga-Lembaga sosial dan pendidikan memberikan peran yang banyak dalam kontek berhubungan dan berkomunikasi di alam masyarakat. Sistem sosial yang terbentuk dalam suatu negara akan menjadi dasar dan konsep yang berlaku pada tatanan sosial masyarakat. Contoh di Indonesia di kota dan desa-desa di beberapa daerah, wanita tidak perlu sekolah tinggi apalagi bekerja di sebuah instansi atau perusahaan. Tapi di kota-kota besar itu terbalik, tentu saja, jika seorang wanita memiliki karir.
  • Kebudayaan Material Kebudayaan material mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat, perhisalan, senjata, dan sebagainya. Kebudayaan Material juga mencakup barang-barang, seperti televisi, pesawat terbang, stadion olahraga, pakaian, gedung pencakar langit, dan mesin cuci.
  • Sistem kepercayaan Bagaimana masyarakat mengembangkan dan membangun system kepercayaan atau keyakinan terhadap sesuatu akan mempengaruhi sistem penilaian yang ada dalam masyarakat. Sistem kepercayaan ini akan mempengaruhi kebiasaan, pandangan hidup, cara makan, sampai dengan cara berkomunikasi.
  • Kebudayaan nonmaterial Kebudayaan nonmaterial adalah ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional.
  • Bahasa adalah alat pengantar dalam berkomunikasi, bahasa untuk setiap wilayah, bagian dan negara memiliki perbedaan yang sangat kompleks. Dalam ilmu komunikasi bahasa merupakan komponen komunikasi yang sulit untuk dipahami. Bahasa memiliki sifat unik dan komplek, yang hanya dapat dimengerti oleh pengguna bahasa tersebut. Jadi keunikan dan kompleksitas bahasa ini harus dipelajari dan dipahami agar komunikasi lebih baik dan efektif dengan memperoleh nilai empati dan simpati dari orang lain.
  • Estetika Berkaitan dengan seni dan kesenian, musik, cerita, dongeng, hikayat, drama, dan tari, yang berlaku, dan berkembang di masyarakat. Seperti di Indonesia, setiap orang memiliki nilai estetika sendiri. Nilai estetika ini perlu dipahami dalam segala peran, agar pesan yang akan disampaikan dapat mencapai tujuan dan efektif. Misalkan di beberapa wilayah, dan daerah, setiap akan membangun bangunan dari jenis apa pun harus menempatkan daun kuning, dan buah sebagai simbol, di mana simbol memiliki makna yang berbeda di setiap daerah. Tapi di kota besar seperti Jakarta jarang, mungkin, melihat orang-orang yang menggunakan sarana tersebut.
                                     

4.1. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Peralatan dan perlengkapan teknologi. (Equipment and supplies technology)

Teknologi menyangkut cara-cara atau teknik memproduksi, memakai, serta memelihara segala peralatan, dan perlengkapan. Teknologi muncul dalam cara-cara manusia mengorganisasikan masyarakat, dalam cara-cara mengekspresikan rasa keindahan, atau dalam memproduksi hasil-hasil kesenian.

Masyarakat kecil yang berpindah-pindah atau masyarakat pedesaan yang hidup dari pertanian paling sedikit mengenal delapan macam teknologi tradisional atau disebut juga sistem peralatan dan unsur kebudayaan fisik, yaitu:

  • Tempat berlindung dan perumahan.
  • Alat-alat transportasi. (Transportation tools)
  • Makanan. (Food)
  • Senjata. (Weapons)
  • Alat-alat produksi. (Production tools)
  • Pakaian. (Clothing)
  • Wadah. (Container)
  • Alat-alat menyalakan api. (Tools kindle fire)


                                     

4.2. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Sistem mata pencaharian. (Livelihood systems)

Perhatian para ilmuwan pada sistem mata pencaharian ini terfokus pada masalah-masalah mata pencaharian tradisional saja, di antaranya:

  • Menangkap ikan. (Catch a fish)
  • Berburu dan meramu. (Hunting and gathering)
  • Pertanian di bidang. (Agriculture in the field)
  • Pemuliaan. (Breeding)
                                     

4.3. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Sistem kekerabatan dan organisasi sosial. (The system of kinship and social organization)

Sistem kekerabatan merupakan bagian yang sangat penting dalam struktur sosial. Meyer Fortes mengemukakan bahwa sistem kekerabatan suatu masyarakat dapat dipergunakan untuk menggambarkan struktur sosial dari masyarakat yang bersangkutan.

Kekerabatan adalah unit-unit sosial yang terdiri dari beberapa keluarga yang memiliki hubungan darah atau hubungan perkawinan. Anggota kekerabatan terdiri atas ayah, ibu, anak, menantu, cucu, kakak, adik, paman, bibi, kakek, nenek, dan sebagainya.

Dalam kajian sosiologi-antropologi, ada beberapa macam kelompok kekerabatan dari yang jumlahnya relatif kecil hingga besar seperti keluarga ambilineal, klan, fatri, dan di bagian akhir dari masyarakat. Di masyarakat umum kita juga mengenal kelompok kekerabatan lain seperti keluarga inti, keluarga luas, keluarga bilateral, dan keluarga unilateral.

Sementara itu, organisasi sosial adalah perkumpulan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa, dan negara. Sebagai makhluk yang selalu hidup bersama-sama, manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.



                                     

4.4. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Bahasa. (Language)

Bahasa adalah alat atau perwujudan budaya yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi atau berhubungan, baik lewat tulisan, lisan, ataupun gerakan bahasa isyarat, dengan tujuan menyampaikan maksud hati atau kemauan kepada lawan bicaranya atau orang lain. Melalui bahasa, manusia dapat menyesuaikan diri dengan adat istiadat, tingkah laku, tata krama masyarakat, dan sekaligus mudah membaurkan dirinya dengan segala bentuk masyarakat.

Bahasa memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi fungsi umum dan fungsi khusus. Fungsi bahasa secara umum adalah sebagai alat untuk berekspresi, berkomunikasi, dan alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial. Sedangkan fungsi bahasa secara khusus adalah untuk mengadakan hubungan dalam kehidupan sehari-hari, mewujudkan seni sastra, mempelajari naskah-naskah kuno, dan untuk mengeksploitasi ilmu pengetahuan dan teknologi.

                                     

4.5. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Seni. (Art)

Kesenian mengacu pada nilai keindahan estetika yang berasal dari ekspresi hasrat manusia akan keindahan yang dinikmati dengan mata ataupun telinga. Sebagai makhluk yang mempunyai cita rasa tinggi, manusia menghasilkan berbagai corak kesenian mulai dari yang sederhana hingga perwujudan kesenian yang kompleks.

                                     

4.6. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Sistem kepercayaan. (Belief system)

Kadang-kadang pengetahuan, pemahaman, dan daya tahan fisik manusia dalam menguasai, dan mengungkap rahasia-rahasia alam sangat terbatas. Secara bersamaan, muncul keyakinan akan adanya penguasa tertinggi dari sistem alam semesta, yang juga mengendalikan manusia sebagai salah satu bagian dari alam semesta. Sehubungan dengan itu, baik secara individual maupun dalam kehidupan masyarakat, manusia tidak dapat dipisahkan dari agama atau sistem kepercayaan kepada penguasa alam semesta.

Agama dan sistem kepercayaan lainnya seringkali terintegrasi dengan kebudayaan. Agama, adalah sebuah unsur kebudayaan yang penting dalam sejarah umat manusia. Dictionary of Philosophy and Religion Kamus Filsafat, dan Agama mendefinisikan Agama sebagai berikut:

. sebuah institusi dengan keanggotaan yang diakui dan biasa berkumpul bersama untuk beribadah, dan menerima sebuah paket doktrin yang menawarkan hal yang terkait dengan sikap yang harus diambil oleh individu untuk mendapatkan kebahagiaan sejati.

Agama biasanya memiliki suatu prinsip, seperti "10 Firman" dalam agama Kristen atau "5 rukun Islam" dalam agama Islam. Kadang-kadang agama dilibatkan dalam sistem pemerintahan, seperti misalnya dalam sistem teokrasi. Agama juga memengaruhi kesenian.



                                     

4.7. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Agama Abrahamik. (Abrahamic Religions)

Tiga agama besar, Yahudi, Kristen, dan Islam, sering dikelompokkan sebagai agama samawi atau agama Abrahamik. Ketiga agama tersebut memiliki sejumlah tradisi yang sama namun juga perbedaan-perbedaan yang mendasar dalam inti ajarannya. Ketiganya telah memberikan pengaruh yang besar dalam kebudayaan manusia di berbagai belahan dunia.

Yahudi adalah salah satu agama, yang jika tidak disebut sebagai yang pertama, adalah agama monotheistik dan salah satu agama tertua yang masih ada sampai sekarang. Ada nilai-nilai dan sejarah umat Yahudi yang juga direferensikan dalam agama Abrahamik, seperti Kristen dan Islam. Pada saat ini orang-orang Yahudi berjumlah lebih dari 13 juta orang.

Kristen protestan dan Katolik adalah agama yang banyak mengubah wajah kebudayaan Eropa dalam 1.700 tahun. Pemikiran para filsuf modern pun banyak terpengaruh oleh para filsuf Kristen semacam St. Thomas Aquinas dan Erasmus. Saat ini diperkirakan terdapat antara 1.5 s.d. 2.1 milyar orang Kristen di seluruh dunia.

Islam nilai-nilai, dan norma agama yang banyak mempengaruhi kebudayaan Timur Tengah, Afrika Utara dan sebagian Asia Tenggara. Saat ini ada lebih dari 1.6 miliar muslim di dunia.



                                     

4.8. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Agama dan filsafat dari Timur. (Religion and philosophy of the East)

Agama dan filosofi seringkali saling terkait satu sama lain pada kebudayaan Asia. Agama dan filosofi di Asia kebanyakan berasal dari India, Cina, dan menyebar di sepanjang benua Asia melalui difusi kebudayaan dan migrasi.

Hinduisme adalah sumber dari Buddhisme, cabang Mahāyāna yang menyebar di sepanjang utara dan timur India sampai Tibet, China, Mongolia, Jepang, Korea dan China selatan sampai Vietnam. Theravāda Buddhisme menyebar di sekitar Asia Tenggara, termasuk Sri Lanka, bagian barat laut China, Kamboja, Laos, Myanmar dan Thailand.

Agama Hindu dari India, mengajarkan pentingnya elemen nonmateri sementara sebuah pemikiran India lainnya, Carvaka, menekankan untuk mencari kenikmatan di dunia.

Konghucu dan Taoisme, adalah sebuah filosofi yang berasal dari Cina untuk mempengaruhi berbagai aspek. Baik dari agama, seni, politik, maupun tradisi filosofi di seluruh Asia.

Pada abad ke-20, di kedua negara berpenduduk paling padat di Asia, dua aliran filsafat politik yang dibuat. Mahatma Gandhi memberikan pengertian baru tentang Ahimsa, inti dari agama Hindu, dan Jaina, dan memberikan definisi baru tentang konsep antikekerasan, dan antiperang. Dalam periode yang sama, filosofi komunisme Mao Zedong menjadi sistem kepercayaan sekuler yang sangat kuat di China.

                                     

4.9. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Agama tradisional. (Traditional religion)

Agama tradisional, atau kadang-kadang disebut sebagai "agama nenek moyang", dianut oleh sebagian suku pedalaman di Asia, Afrika, dan Amerika. Pengaruh mereka cukup besar, mungkin bisa dianggap telah menyerap kedalam kebudayaan atau bahkan menjadi agama negara, seperti misalnya agama Shinto.

Seperti kebanyakan agama lainnya, agama tradisional menjawab kebutuhan rohani manusia akan ketentraman hati di saat bermasalah, bencana dan menyediakan ritual yang ditujukan untuk kebahagiaan manusia itu sendiri.

                                     

4.10. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. "The American Dream"

American Dream, atau "mimpi orang Amerika" dalam bahasa inggris, adalah sebuah kepercayaan, yang dipercayai oleh banyak orang di Amerika Serikat. Mereka percaya, melalui kerja keras, pengorbanan, dan kebulatan tekad, tanpa memandang status sosial, seseorang dapat mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Gagasan ini berakar dari sebuah keyakinan bahwa Amerika Serikat adalah sebuah "kota di atas bukit" atau city upon a hill", "cahaya untuk negara-negara" "a light unto the nations", yang memiliki nilai dan kekayaan yang telah ada sejak kedatangan para penjelajah Eropa sampai generasi berikutnya.

                                     

4.11. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Pernikahan. (Wedding)

Agama sering kali mempengaruhi pernikahan dan perilaku seksual. Kebanyakan gereja Kristen memberikan pemberkatan kepada pasangan yang sudah menikah, gereja biasanya memasukkan acara pengucapan janji pernikahan di hadapan tamu, sebagai bukti bahwa komunitas tersebut menerima pernikahan mereka. Orang-orang kristen juga melihat hubungan antara Yesus Kristus dan gereja-nya.

Gereja Katolik Roma mempercayai bahwa sebuah perceraian adalah perbuatan tercela yang disebabkan oleh sikap egoistis dari masing-masing individu. Alasan perceraian umumnya berkisar dari perselingkuhan, kurangnya sesuian sifat, mengobati kasar pasangan, pemahaman mendasar yang sudah tidak sejalan, yang dalam pandangan Gereja Katolik Roma sebuah alasan yang mengada-ada. Gereja Katolik Roma yang didasarkan pada ajaran-ajaran Yesus Kristus berasumsi bahwa seseorang yang terikat dalam lembaga perkawinan melakukan perceraian adalah bagian dari bentuk perzinahan kepada Tuhan, dan orang-orang. Berdasarkan pemikiran ini, maka seseorang yang telah bercerai tidak dapat dinikahkan kembali di gereja dengan pengecualian bercerai karena salah satu pasangannya telah dipanggil ke hadapan Tuhan. Sementara agama Islam memandang pernikahan sebagai suatu kewajiban. Islam menganjurkan untuk tidak melakukan perceraian, tapi itu.

                                     

4.12. Hubungan antara unsur-unsur kebudayaan. Sistem ilmu dan pengetahuan. (System science and knowledge)

Dalam istilah sederhana, pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan. Pengetahuan yang dimiliki oleh segala bangsa di dunia. Mereka memperoleh pengetahuan melalui pengalaman, intuisi, wahyu, dan berpikir menurut logika, atau percobaan-percobaan empiris trial and error.

Sistem pengetahuan tersebut dikelompokkan menjadi:

  • Pengetahuan tentang ruang dan waktu.
  • Pengetahuan tentang tubuh manusia, pengetahuan tentang sifat dan tingkah laku sesama manusia.
  • Pengetahuan tentang alam. (Knowledge about the natural world)
  • Pengetahuan tentang tanaman dan hewan di sekitarnya.
                                     

5. Perubahan sosial budaya. (Socio-cultural changes)

Perubahan sosial budaya adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat.

Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yang terjadi dalam setiap masyarakat. Perubahan-perubahan yang terjadi sesuai dengan sifat, dan sifat manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan. Hirschman mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.

Ada tiga faktor yang dapat memengaruhi perubahan sosial:

  • Efektivitas komunikasi. (The effectiveness of the communication)
  • Tekanan kerja dalam masyarakat.
  • Perubahan dalam lingkungan alam.

Perubahan budaya juga dapat timbul akibat timbulnya perubahan lingkungan masyarakat, penemuan baru, dan kontak dengan kebudayaan lain. Sebagai contoh, berakhirnya zaman es berujung pada ditemukannya sistem pertanian, dan kemudian memancing inovasi-inovasi baru dalam budaya.

                                     

6. Penetrasi budaya. (Penetration culture)

Apa yang dimaksud dengan penetrasi kebudayaan adalah masuknya pengaruh suatu kebudayaan ke kebudayaan lainnya. Penetrasi kebudayaan dapat terjadi dengan dua cara:

Penetrasi damai penetration pasifique Masuknya sebuah kebudayaan dengan jalan damai. Misalnya, masuknya pengaruh kebudayaan Kpop, Hollywood Movies, Bollywood Movies, dan lain-lain sebagainya ke Indonesia. Penerimaan kebudayaan tersebut tidak mengakibatkan konflik, tetapi memperkaya khasanah budaya masyarakat setempat. Pengaruh kedua kebudayaan ini pun tidak mengakibatkan hilangnya unsur-unsur asli budaya masyarakat. Penyebaran kebudayaan secara damai akan menghasilkan Akulturasi, Asimilasi, atau Sintesis.

Akulturasi adalah bersatunya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru tanpa menghilangkan unsur kebudayaan asli. Contohnya, bentuk bangunan Candi Borobudur yang merupakan perpaduan antara kebudayaan asli Indonesia dan kebudayaan India. Asimilasi adalah bercampurnya dua kebudayaan sehingga membentuk kebudayaan baru. Sedangkan Sintesis adalah bercampurnya dua kebudayaan yang berakibat pada terbentuknya sebuah kebudayaan baru yang sangat berbeda dengan kebudayaan asli.

Penetrasi kekerasan penetration violante Masuknya sebuah kebudayaan dengan cara memaksa, dan merusak. Contohnya, masuknya kebudayaan Barat ke Indonesia pada zaman penjajahan disertai dengan kekerasan sehingga menimbulkan goncangan-goncangan yang merusak keseimbangan dalam masyarakat.

Manifestasi dari budaya dunia barat antara lain adalah budaya dari belanda yang menjajah selama 350 tahun. Budaya warisan belanda masih melekat di Indonesia, antara lain pada sistem pemerintahan Indonesia.

                                     

7.1. Pandangan budaya. Kebudayaan sebagai peradaban. (Culture as a civilization)

Saat ini, kebanyakan orang memahami gagasan "budaya" yang dikembangkan di Eropa pada abad ke-18, dan awal abad ke-19. Gagasan tentang "budaya" ini merefleksikan adanya ketidakseimbangan antara kekuatan Eropa dan kekuatan daerah-daerah yang dijajahnya.

Mereka menganggap budaya sebagai "peradaban" sebagai lawan kata dari "alam". Menurut cara pikir ini, kebudayaan satu dengan kebudayaan lain dapat diperbandingkan, salah satu kebudayaan pasti lebih tinggi dari kebudayaan lainnya.

Dalam prakteknya, kata kebudayaan merujuk pada benda-benda dan aktivitas yang "elit" seperti misalnya memakai baju yang berkelas, fine art, atau mendengarkan musik klasik, sementara kata budaya ini digunakan untuk menggambarkan orang yang mengetahui, dan mengambil bagian dari kegiatan di atas.

Misalnya, jika seseorang berpendendapat bahwa musik klasik adalah musik yang "berkelas", elit, dan cita rasa seni, sementara musik tradisional dianggap sebagai musik yang kampungan dan ketinggalan zaman, maka timbul anggapan bahwa ia adalah orang yang "berbudaya".

Orang-orang yang menggunakan kata "kebudayaan" dengan cara ini tidak percaya ada kebudayaan lain yang ada, mereka percaya bahwa kebudayaan hanya ada satu dan menjadi tolak ukur norma dan nilai di seluruh dunia. Menurut pandangan ini, seseorang yang memiliki kebiasaan yang berbeda dengan mereka yang "berkebudayaan" disebut sebagai orang yang "tidak berbudaya", bukan sebagai orang "dari kebudayaan yang lain." Orang-orang yang "tidak berkebudayaan" dikatakan lebih "alam," dan para pengamat seringkali mempertahankan elemen dari kebudayaan tingkat tinggi budaya tinggi untuk menekan pemikiran "manusia alami" sifat manusia

Sejak abad ke-18, beberapa kritik sosial telah menerima adanya perbedaan antara berkebudayaan dan tidak berkebudayaan, tetapi perbandingan itu -berkebudayaan dan tidak berkebudayaan - dapat menekan interpretasi perbaikan dan interpretasi pengalaman sebagai perkembangan yang merusak dan "tidak alami" yang mengaburkan dan menyimpangkan sifat dasar manusia.

Dalam hal ini, musik tradisional yang diciptakan oleh masyarakat kelas pekerja dianggap mengekspresikan "jalan hidup yang alami" cara alami dari kehidupan, dan musik klasik sebagai suatu kemunduran dan kemerosotan.

Saat ini sebagian besar ilmuwan sosial menolak untuk memperbandingkan antara kebudayaan dengan alam dan konsep monadik yang pernah berlaku. Mereka menganggap bahwa kebudayaan yang sebelumnya dianggap "tidak elit" dan "kebudayaan elit" adalah sama - masing-masing masyarakat memiliki kebudayaan yang tidak dapat diperbandingkan.

Pengamat sosial membedakan beberapa kebudayaan sebagai kultur populer budaya populer atau pop kultur, yang berarti barang atau aktivitas yang diproduksi dan dikonsumsi oleh banyak orang.

                                     

7.2. Pandangan budaya. Kebudayaan sebagai "sudut pandang umum". (Culture as a "general perspective")

Selama Era Romantis, para cendikiawan di Jerman, khususnya mereka yang peduli terhadap gerakan nasionalisme - seperti misalnya perjuangan nasionalis untuk menyatukan Jerman, dan perjuangan nasionalis dari etnis minoritas melawan Kekaisaran austria-hongaria - mengembangkan sebuah gagasan kebudayaan dalam "sudut pandang umum".

Pemikiran ini menganggap suatu budaya dengan budaya lainnya memiliki perbedaan dan kekhasan masing-masing. Oleh karena itu, budaya tidak dapat dibandingkan. Meski begitu, gagasan ini masih mengakui adanya pemisahan antara "berkebudayaan" dengan "tidak berkebudayaan" atau kebudayaan "primitif."

Pada akhir abad ke-19, para ahli antropologi telah memakai kata kebudayaan dengan definisi yang lebih luas. Mulai dari teori evolusi, mereka mengasumsikan bahwa setiap manusia tumbuh dan berevolusi bersama, dan dari evolusi itulah tercipta kebudayaan.

Di tahun 50-an, subkultur - kelompok dengan perilaku yang sedikit berbeda dari kebudayaan induknya - mulai dijadikan subyek penelitian oleh para ahli sosiologi. Di abad ini pula, terjadi popularisasi ide kebudayaan perusahaan - perbedaan dan bakat dalam konteks pekerja organisasi atau tempat bekerja.

                                     

7.3. Pandangan budaya. Kebudayaan sebagai mekanisme stabilisasi. (Culture as a mechanism of stabilization)

Teori-teori yang ada saat ini menganggap bahwa kebudayaan adalah sebuah produk dari stabilisasi yang melekat dalam tekanan evolusi menuju kebersamaan dan kesadaran bersama dalam suatu masyarakat, atau biasa disebut dengan tribalisme.

                                     

8. Budaya di kalangan masyarakat. (Culture in society)

Sebuah kebudayaan besar biasanya memiliki sub-kebudayaan atau biasa disebut sub-kultur, yaitu sebuah kebudayaan yang memiliki sedikit perbedaan dalam hal perilaku dan kepercayaan dari kebudayaan induknya. Munculnya sub-kultur disebabkan oleh beberapa hal, seperti perbedaan usia, ras, etnisitas, kelas, aesthetik, agama, pekerjaan, pandangan politik dan gender,

Ada beberapa cara yang orang lakukan ketika berhadapan dengan imigran dan kebudayaan yang berbeda dengan kebudayaan asli. Cara yang dipilih masyarakat tergantung pada seberapa besar perbedaan kebudayaan induk kebudayaan minoritas, seberapa banyak imigran yang datang, karakter penduduk asli, efektivitas, dan keintensifan komunikasi antar budaya, dan jenis dari pemerintah yang berkuasa.

  • Leitkultur budaya inti: Sebuah model yang dikembangkan oleh Bassam Tibi di Jerman. Dalam Leitkultur, kelompok minoritas dapat menjaga dan mengembangkan kebudayaannya sendiri, tanpa bertentangan dengan kebudayaan induk yang ada dalam masyarakat asli.
  • Melting Pot: Kebudayaan imigran / asing berbaur dan bergabung dengan kebudayaan asli tanpa campur tangan pemerintah.
  • Monokulturalisme: Pemerintah mengusahakan terjadinya asimilasi kebudayaan sehingga masyarakat yang berbeda kebudayaan menjadi satu dan saling bekerja sama.
  • Multikulturalisme: Sebuah kebijakan yang mengharuskan imigran dan kelompok minoritas untuk menjaga kebudayaan mereka masing-masing dan berinteraksi secara damai dengan kebudayaan induk.
                                     

9. Kebudayaan menurut wilayah. (Culture by region)

Seiring dengan kemajuan teknologi dan informasi, hubungan dan saling keterkaitan kebudayaan-kebudayaan di dunia saat ini sangat tinggi. Selain kemajuan teknologi dan informasi, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor ekonomi, migrasi, dan agama.

Afrika

Beberapa kebudayaan di benua Afrika terbentuk melalui penjajahan Eropa, seperti kebudayaan Sub-Sahara. Sementara itu, wilayah Afrika Utara lebih banyak terpengaruh oleh kebudayaan Arab dan Islam.

Amerika

Kebudayaan di benua Amerika dipengaruhi oleh suku-suku Asli benua Amerika, orang-orang dari Afrika terutama di Amerika Serikat, dan para imigran Eropa terutama spanyol, inggris, perancis, portugis, jerman, dan belanda.

Asia

Asia memiliki berbagai kebudayaan yang berbeda satu sama lain, meskipun begitu, beberapa dari kebudayaan tersebut memiliki pengaruh yang menonjol terhadap kebudayaan lain, seperti misalnya pengaruh kebudayaan Tiongkok kepada kebudayaan Jepang, Korea, dan Vietnam.

Dalam bidang agama Budha dan Taoisme banyak memengaruhi kebudayaan di Asia Timur. Selain kedua Agama tersebut, norma dan nilai agama Islam juga dipengaruhi budaya, terutama di wilayah Asia Selatan dan Tenggara.

Australia

Kebanyakan budaya di Australia masa kini berakar dari kebudayaan Eropa dan Amerika. Kebudayaan Eropa dan Amerika tersebut kemudian dikembangkan dan disesuaikan dengan lingkungan benua Australia, serta diintegrasikan dengan kebudayaan penduduk asli benua Australia, Aborigin.

Eropa

Kebudayaan eropa banyak terpengaruh oleh kebudayaan negara-negara yang pernah dijajahnya. Budaya ini juga dikenal sebagai budaya barat ". Kebudayaan ini telah diserap oleh banyak kebudayaan, hal ini terbukti dengan banyaknya pengguna bahasa inggris, dan bahasa-bahasa Eropa lainnya di seluruh dunia. Selain dipengaruhi oleh kebudayaan negara yang pernah dijajah, kebudayaan ini juga dipengaruhi oleh kebudayaan Yunani kuno, Romawi kuno, dan agama Kristen, meskipun kepercayaan akan agama banyak mengalami kemunduran beberapa tahun ini.

Timur Tengah dan Afrika Utara

Budaya di Timur Tengah dan Afrika Utara saat ini kebanyakan sangat dipengaruhi oleh nilai-nilai dan norma-norma agama Islam, meskipun tidak hanya agama Islam yang berkembang di daerah ini.

                                     

10. Link eksternal. (External links)

  • Artikel bahasa inggris tentang definisi budaya Diarsipkan 2010-06-26 di Wayback Machine.
  • Bahasa inggris Refleksi Politik Budaya oleh Michael Parenti.
  • Amerika Serikat dan budaya.
  • Bahasa inggris Apa itu Budaya? - Washington State University.
  • Bahasa inggris Mendefinisikan Budaya Definisi kebudayaan.
  • Bahasa inggris Budaya Global Diarsipkan 2009-08-31 di Wayback Machine. Esai tentang globalisasi, migrasi, dan dampak pada budaya dunia.
  • Indonesia Tradisi Khas Budaya anak-Anak Indonesia - Ada banyak tradisi khas anak Indonesia, yang sampai sekarang masih dilakukan sebagai peninggalan budaya dari nenek moyang serta budaya anak-anak Indonesia.
  • Indonesia adalah Situs Resmi Budaya dan Pariwisata kebudayaan dan pariwisata Indonesia Diarsipkan 2007-08-29 di Wayback Machine.
  • Kamus bahasa inggris Sejarah ide-Ide: "kebudayaan" dan "peradaban" di zaman modern.
  • Belajar bahasa inggris Pusat antar-budaya Diarsipkan 2009-02-02 di Wayback Machine.
                                     
  • Budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal, maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka
  • cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya Bangunan Cagar Budaya Struktur Cagar Budaya Situs Cagar Budaya dan
  • Budaya populer dikenal juga sebagai budaya pop atau kultur populer adalah totalitas ide, perspektif, perilaku, meme, citra, dan fenomena lainnya yang
  • Budaya Tiongkok Hanzi: 中国文化 Hanzi tradisional: 中國文化 Hanzi: Zhōngguó wénhuà adalah satu dari budaya paling tua dan kompleks di dunia. Wilayah penyebaran
  • mendeskripsikan praktik budaya orang Islam. Karena agama Islam muncul pada abad ke - 6 di Arab, bentuk awal budaya Muslim kebanyakan merupakan budaya Arab. Dengan
  • Kajian budaya bahasa Inggris: cultural studies adalah suatu cara pandang teoretis mengenai suatu objek dengan perspektif bidang kritik sastra, sosiologi
  • Budaya Barat kadang - kadang disamakan dengan peradaban Barat, Eropa, atau Occidental mengacu pada budaya yang berasal dari Eropa. Padanannya adalah Budaya
  • Budaya Sunda adalah budaya yang tumbuh dan hidup dalam masyarakat Sunda. Budaya Sunda dikenal dengan budaya yang sangat menjunjung tinggi sopan santun
  • garis besar dapat dibagi menjadi 3 yaitu budaya Banyumasan, budaya Jawa Tengah - DIY, dan budaya Jawa Timur. Budaya Jawa mengutamakan keseimbangan, keselarasan


                                     
  • perantauan Minangkabau. Budaya ini merupakan salah satu dari dua kebudayaan besar di Nusantara yang sangat menonjol dan berpengaruh. Budaya ini memiliki sifat
  • Budaya organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi - organisasi lainnya
  • Budaya Filipina adalah seluruh kebudayaan yang ada di Filipina. Filipina memiliki beragam warisan budaya seni tradisi dan bahasa yang dituturkan. Masing - masing
  • Taman Budaya Yogyakarta TBY Hanacaraka: ꦠꦩꦤ ꦧ ꦢꦪ ꦔꦪ ꦒ ꦏ ꦠ, bahasa Jawa: Taman Budaya Ngayogyakarta adalah sarana wisata yang terletak di Jalan Sri
  • Budaya LGBT adalah sebuah budaya yang dibagi oleh kaum lesbian, gay, biseksual, transgender, questioning, dan interseks dan meliputi oritentasi dan identitas
  • Budaya Arab merupakan kawasan berbudaya Arab meliputi wilayah Jazirah Arabia, Mesir dan Afrika Utara demikian pula dengan Irak yang dahulunya dalam pengaruh
  • Budaya Eropa, atau kebudayaan Eropa, berakar dalam seni, arsitektur, musik, sastra, dan filsafat yang berasal dari budaya daerah di Eropa. Kebudayaan
  • Budaya politik merupakan pola perilaku suatu masyarakat dalam kehidupan bernegara, penyelenggaraan administrasi negara, politik pemerintahan, hukum, norma
  • Perkembangan Budaya Amerika Serikat - sejarah, hari - hari libur, olahraga, agama, kuliner, musik, tari, dan seni rupa - banyak dipengaruhi oleh budaya eropa
  • Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO bahasa Inggris: UNESCO Intangible Cultural Heritage Lists adalah program UNESCO yang bertujuan menjamin visibilitas
  • akan datang. Warisan budaya dikategorikan menjadi dua kelompok, benda dan tak benda. Warisan budaya benda meliputi warisan budaya bergerak koin, manuskrip
  • Budaya Cresswell adalah budaya zaman batu dari masa Paleolitikum Atas di Britania Raya dinamakan dari jenis lokasi bebatuan Creswell di Derbyshire oleh
                                     
  • Budaya Israel berkembang lama sebelum pendirian negara Israel tahun 1948 dan menggabungkan budaya kehidupan sekuler dan religius. Keragaman budaya Israel
  • Budaya Maluku adalah aspek kehidupan yang mencakup adat istiadat, kepercayaan, seni dan kebiasaan lainnya yang dijalani dan diberlakukan oleh masyarakat
  • Budaya Kepulauan Riau adalah seluruh kebudayaan dari dalam daerah dan luar daerah yang telah berkembang lama di tengah masyarakat Kepulauan Riau, Indonesia
  • Perubahan budaya sebenarnya lebih mengacu pada sebuah perubahan dalam proses tata sosial dalam masyarakat. Beberapa perubahan budaya ini termasuk juga
  • Bentara Budaya Jakarta adalah sebuah lembaga kebudayaan yang berlokasi di Jalan Palmerah Selatan 17, Jakarta. Museum ini buka dari Senin hingga Jumat
  • Budaya populer Jepang merupakan sebuah budaya yang berasal dari Jepang yang diakui, dinikmati, disebarluaskan dan merupakan jalan hidup mayoritas masyarakat
  • Hak - hak ekonomi, sosial, dan budaya adalah hak asasi manusia yang terkait dengan aspek sosioekonomi dan budaya seperti hak pendidikan, hak atas perumahan
  • Seni & Budaya Ukir Jepara Festival adalah kegiatan yang di selenggarakan tahunan di Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara. Festival ini untuk
  • Institut Seni Budaya Indonesia Aceh atau disingkat ISBI Aceh merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Seni Budaya yang diresmikan oleh Presiden Republik
                                     

Mitologi Persia

Mitologi Persia adalah kisah dan cerita tradisional dari cikal bakal kuno, semuanya melibatkan sosok-sosok luar biasa atau supranatural. Mitos memainkan bagian penting dalam budaya Iran.

Users also searched:

Budaya, budaya, wawasan, unsur budaya, fungsi budaya, komponen budaya, asal usul budaya, arti kosakata budaya, wawasan budaya, contoh budaya, contoh, fungsi, komponen, asal, usul, arti, kosakata, unsur, kebudayaan,

Encyclopedic dictionary

Translation

Fungsi budaya.

Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal. Dikelola dengan baik. Gerakan Sejuta Data Budaya adalah suatu inisiatif. untuk memulai pengelolaan budaya Indonesia secara lebih baik dan terukur. Kebudayaan. Budaya Perusahaan Askrindo. Tari Seudati dari Aceh punya keunikan yakni dibawakan tanpa iringan alat musik apapun. Berikut sejarah dan komponen tari ini. Wawasan budaya. 5 Nilai Budaya Kerja IAIN PAREPARE. Gege Diaz, Anak Suku Lamaholot NTT, Nge dance hingga Di Jerman. 31 Agustus 2018,:51 WIB. Nilai Budaya sebagai Benteng Jati Diri Bangsa. Jakarta.





Arti kosakata budaya.

Budaya Perusahaan Inna Group. Karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim turut menerapkan nilai dan Budaya Perusahaan pada prilaku sehari hari yang terangkum dalam AKHLAK,. Komando PT PLN Persero. Selamat datang di Jurnal Ilmu dan Budaya tempat berbagi ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Daftar Volume. Jurnal Ilmu dan Budaya Universitas Nasional ​. Ragam Budaya BP Batam. Kelarik Sekumpulan anak muda yang tergabung dalam komunitas Mbe Cite Kelarik mengadakan Pagelaran Pertunjukan Pentas Budaye. 7 Unsur Budaya Halaman all. Acara Parade Seni Budaya ini dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ziarah ini merupakan tradisi baik dengan tujuan nguri budaya untuk.


Nilai Budaya tujuan dan kebijakan – RSUD ANDI MAKKASAU.

Berikut adalah definisi budaya dari para ahli: E. B. Taylor: Kebudayaan adalah kompleks yang mencangkup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum,. Bidang Sosial dan Budaya – Bappeda Litbang Kab. Banjar. Budaya Lembaga. Dalam menciptakan sumber daya manusia yang memiliki etos kerja, tanggung jawab dan produktivitas kinerja yang optimal guna.





Ilmu dan Budaya Universitas Nasional.

Bidang Sosial dan Budaya mempunyai tugas 1. Merencanakan, mengatur, dan mengawasi terselenggaranya penyusunan program pembangunan bidang. Berita Harian Budaya Terbaru Hari Ini. Kumpulan Berita BUDAYA: Thailand akan Usulkan Tom Yam Menjadi Warisan Budaya Tak Benda ke UNESCO. Analisis Budaya. Pesta adat Mappogau Sihanua yang dilaksanakan setiap tahun setelah panen raya di Dusun Karampuang Desa Tompobulu Kec. Bulupoddo berlangsung. Pengertian Budaya Culture Nilai, Unsur, ciri dan contoh. Karena dengan mengenalkan budaya, terlebih budaya bangsa sejak dini akan menjadikan anak mengenal bangsanya, sehingga akan menumbuhkan rasa cinta.


Kegiatan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Berita Budaya KBRI Seoul kembali mengadakan kelas gamelan sebagai salah satu bentuk dari diplomasi budaya. Kebudayaan Pengertian, Unsur, Wujud, Fungsi, Sifat, Contoh. BUDAYA. FESTIVAL 44 TEATER KOMA SUGUHKAN SAGA MAHABARATA DALAM LAKON SAVITRI BUDAYA. MENCARI SITI 28 PESERTA TERPILIH.


Budaya Indonesia Bhinekka Tunggal Ika Indonesia Investments.

Berita. Sambangi Konsultan Pernikahan, Melaney Ricardo Ingin Selaraskan Beda Budaya. 16 hari lalu Berita. Penataan Kawasan Wisata Candi Borobudur​. FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA Elearning Universitas Papua. PT Hotel Indonesia Natour Persero mengembangkan 4 Norma Budaya Perusahaan yang disebut Iklim Kerja Organisasi untuk diterapkan di perusahaan kami. Budaya – Pendapat & Riset – The Conversation. Ketika itu secara kelembagaan Taman Budaya adalah Unit Pelaksana Teknis bidang kebudayaan yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur Jenderal.





Berita Budaya Hari Ini Kabar Terbaru Terkini Liputan6.com.

Dalam seni dan budaya, joker mengubah area sosial penting menjadi ruang karnival dan banyolan. Di era sekarang, ia menjadi kian relevan. Sejarah Taman Budaya Yogyakarta. Analisis Budaya 26 Maret 2021. Kebudayan kebudayaan besar dunia bisa bertahan selama berabad abad karena kedekatan dengan sumber daya air dan​. Budaya – KABUPATEN BENGKAYANG. Fakultas Ilmu Budaya FIB Unpad secara resmi dibuka pada 1 November 1958. Pembukaan ini didasarkan atas Surat Keputusan Yayasan Pembina Universitas​.





Budaya: Berita Budaya Terbaru dan Terupdate kumparan.

Home BUDAYA PERUSAHAAN. LOGO PJB WHITE SMALL. PT Pembangkitan Jawa Bali terdepan dan terpercaya dalam bisnis energi berkelanjutan di Asia. 15 Budaya di Luar Negri yang Tidak Boleh Kamu Lakukan. Jakarta 15 3 – Sidang Koordinasi Pilar Sosial Budaya ASEAN atau Coordinating Conference on the ASEAN Socio Cultural. Harmonisasi Budaya pada Masa. Visi, Misi & Budaya Perusahaan Pupuk Kaltim. Bertekad dan bekemauan untuk berbuat yang baik dan benar Berpikiran positif, arif, dan bijaksana dalam melaksanakan tugas dan fungsi Mematuhi peraturan.


Budaya Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia.

Budaya Kerja BNI PRINSIP 46 merupakan tuntunan perilau insan BNI. Berita Budaya Terbaru Hari Ini IDN Times. TINGKIR – Puluhan kelompok seni yang berasal dari 7 kelurahan di Kecamatan Tingkir dan instasi turut andil memeriahkan Kirab Budaya Kecamatan Tingkir. Untuk Hasil Akhir Terbaik, Kami Ciptakan Budaya dan AQUA. Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas dan dihuni banyak orang maka ada banyak keanekaragaman budaya, etnis, agama maupun linguistik. Berita dan Informasi Budaya Terkini dan Terbaru Hari ini detikcom. Banyak yang Takut Lihat Ondel Ondel, Padahal Ada Banyak Makna Unik yang Melekat pada. Budaya.





Kumpulan Berita BUDAYA: Thailand akan Usulkan Tom Yam.

Guna memperkuat budaya kerja yang tinggi, agar dapat membangun nilai yang lebih tinggi terhadap para pemangku kepentingan, kami menerapkan. Budaya CP Prima. THP TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN. TPB TEKNIK PERTANIAN DAN BIOSISTEM. FAKULTAS SASTRA DAN BUDAYA. Program Studi S1 Sastra Indonesia.


DATA WARISAN BUDAYA BENDA Dinas Kebudayaan Kabupaten.

Keragaman Budaya yang dapat kita ketahui di Kalimantan Barat Kalbar pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Sanggau bahkan sudah. Budaya Serambi Indonesia. Berita Budaya Ternyata Dua dari 20 Jalur Rempah di Indonesia Ada di Aceh, Lokasinya di Lokus Dua Kerajaan Besar. Kamis, 15 Oktober 2020. tribunnews.


Seni & Budaya Kabupaten Karanganyar.

Definisi arti kata budaya di Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI adalah n 1 pikiran akal budi: hasil - 2 adat istiadat: menyelidiki bahasa dan - 3 sesuat. Ilmu Budaya Universitas Padjadjaran. Daftar Warisan Benda Budaya. No 5.9 Tahun 2018 ttg Status Cagar Budaya Kabupaten. Link. Direktorat Jenderal Kebudayaan. Sobat Budaya Foundation. Berita Budaya KPBB Fest ke 10 UAJY, GKR Hayu Soroti Masalah Budaya di Era Digitalisasi. Budaya Kerja Bank DKI. Aplikasi Komunikasi Manajemen dan Budaya Organisasi PLN.





Free and no ads
no need to download or install

Pino - logical board game which is based on tactics and strategy. In general this is a remix of chess, checkers and corners. The game develops imagination, concentration, teaches how to solve tasks, plan their own actions and of course to think logically. It does not matter how much pieces you have, the main thing is how they are placement!

online intellectual game →