★ Filsafat - filsafat ..

                                     

★ Filsafat

Filsafat adalah studi tentang masalah-masalah mendasar dan umum tentang isu-isu seperti eksistensi, pengetahuan, nilai-nilai, alasan, pikiran, dan bahasa. Istilah ini kemungkinan pertama kali diungkapkan oleh Pythagoras. Metode yang digunakan dalam filsafat, antara lain, mengajukan pertanyaan-pertanyaan, diskusi kritis, dialektis, dan presentasi yang sistematis. Pertanyaan filosofis klasik, antara lain: Apakah mungkin untuk mengetahui segala sesuatu dan membuktikannya? Apa yang paling nyata? Filsuf juga mengajukan pertanyaan yang lebih praktis dan beton seperti: Apakah ada cara terbaik untuk hidup? Adalah lebih baik untuk menjadi adil atau tidak adil? Apakah manusia memiliki kehendak bebas?

Secara historis, filsafat mencakup inti dari semua ilmu. Dari zaman yunani Kuno para filsuf seperti Aristoteles abad ke-19, filsafat alam meliputi astronomi, kedokteran, dan fisika. Misalnya, prinsip-Prinsip Matematika Filsafat Alam karya Newton pada tahun 1687 di kemudian diklasifikasikan sebagai buku fisika. Pada abad ke-19, perkembangan penelitian university, modern mengantarkan sebuah filosofi akademik dan disiplin ilmu lainnya terprofesionalisasi dan khusus. Di era modern, beberapa penyelidikan yang secara tradisional merupakan bagian dari filsafat telah menjadi suatu disiplin ilmu yang terpisah, beberapa di antaranya adalah psikologi, sosiologi, linguistik, dan ekonomi.

Penyelidikan lain terkait erat dengan seni, ilmu pengetahuan, politik, dan beberapa bidang lainnya tetap menjadi bagian dari filsafat. Misalnya, keindahan objektif atau subjektif? Ada banyak metode-metode ilmiah atau hanya satu? Apakah utopia politik adalah mimpi yang penuh harapan atau hanya khayalan sia-sia? Sub-bidang utama filsafat akademik kamar metafisika berkaitan dengan alam kenyataan dan keberadaan, epistemologi tentang "asal-usul dan bidang pengetahuan. batas-batas dan validitas", etika, estetika, filsafat politik, logika, filsafat ilmu, dan sejarah filsafat barat.

Sejak abad ke-20, filsuf profesional memberikan kontribusi kepada masyarakat terutama sebagai dosen, peneliti, dan penulis. Namun, banyak dari mereka yang belajar filsafat di program sarjana atau pascasarjana berkontribusi dalam bidang hukum, jurnalistik, politik, agama, ilmu pengetahuan, bisnis dan berbagai kegiatan seni dan hiburan.

                                     

1. Pendahuluan. (Introduction)

Kata-kata falsafah atau filsafat dalam bahasa inggris merupakan kata serapan dari bahasa arab فلسفة, yang juga diambil dari bahasa yunani Φιλοσοφία philosophia. Dalam bahasa ini, kata ini merupakan kata majemuk dan berasal dari kata philia = persahabatan, cinta, dll. dan sophia = kebijaksanaan, kearifan, sehingga makna harfiah adalah a" pencinta kebijaksanaan". Kata-kata filosofi yang dipungut dari bahasa belanda juga dikenal di Indonesia. Bentuk terakhir ini lebih mirip dengan aslinya. Di Indonesia seseorang yang mendalami bidang falsafah disebut "filsuf".

                                     

1.1. Pendahuluan. Pengetahuan. (Knowledge)

Secara tradisional, istilah "filsafat" mengacu pada entitas atau ibu dari semua pengetahuan. Dalam hal ini, filsafat berkaitan erat dengan agama, matematika, ilmu pengetahuan alam, pendidikan, dan politik. "Prinsip matematika Filsafat Alam", karya Newton pada tahun 1687 diklasifikasikan di tahun 2000-an sebagai buku fisika; ia menggunakan istilah "filsafat alam" karena istilah ini digunakan untuk mencakup disiplin ilmu yang kemudian dikaitkan dengan ilmu-ilmu seperti astronomi, kedokteran, dan fisika.

Di zaman klasik, Filsafat secara tradisional dibagi menjadi tiga cabang utama:

  • Filsafat moral "etika" adalah studi tentang kebaikan, benar dan salah, keindahan, keadilan dan kebajikan etika, secara harfiah berarti: kebiasaan.
  • Filsafat metafisika "logika" adalah studi tentang keberadaan, sebab-akibat, Tuhan, logika, bentuk dan benda-benda abstrak lainnya "meta-physika" makna harfiah: "apa yang terjadi setelah fisika".
  • Filsafat alam "fisika" adalah studi tentang dunia fisik physis, yang berarti secara harfiah: alami.

Divisi ini tidak usang tapi telah berubah. Filsafat alam telah terpecah ke dalam berbagai ilmu pengetahuan, khususnya astronomi, fisika, kimia, biologi, dan kosmologi. Filsafat Moral telah melahirkan ilmu-ilmu sosial, tapi masih termasuk teori nilai. Filsafat metafisik telah melahirkan ilmu formal seperti logika, matematika dan filsafat ilmu, tapi masih termasuk epistemologi, kosmologi, dan lain-lain.

                                     

1.2. Pendahuluan. Kemajuan filsafat. (The progress of philosophy)

Banyak perdebatan filosofis yang telah dimulai pada zaman kuno yang masih diperdebatkan hingga hari ini. Colin McGinn dan lain-lain mengklaim bahwa tidak ada kemajuan filosofis yang terjadi selama interval tersebut. Chalmers dan lain-lain, sebaliknya, melihat kemajuan dalam filosofi yang mirip dengan kemajuan dalam ilmu pengetahuan. Sementara Talbot Brewer berpendapat bahwa "kemajuan" adalah standar keliru digunakan untuk menilai aktivitas filosofis.

                                     

2. Tinjauan historis. (Historical review)

Dalam satu pengertian umum, filsafat adalah terkait dengan kebijaksanaan, intelektual, budaya, dan pencarian pengetahuan. Dalam hal ini, semua kebudayaan dan masyarakat melek mengajukan pertanyaan-pertanyaan filosofis seperti "bagaimana kita hidup" dan "apa sifat dari realitas". Konsepsi filsafat yang luas dan tidak memihak kemudian menemukan sebuah penyelidikan rasional tentang isu-isu seperti kenyataan, moralitas dan kehidupan dalam semua peradaban dunia.

                                     

2.1. Tinjauan historis. Filsafat Barat. (Western Philosophy)

Filsafat barat adalah tradisi filosofis Barat dunia dan berasal dari pemikir Pra-Sokrates aktif di Yunani kuno pada abad ke-6 SM. seperti Thales tentang 624-546 SM dan Pythagoras tentang 570-495 SM yang dipraktekkan "cinta kebijaksanaan" philosophia dan juga disebut physiologoi murid physis, atau alam. Socrates adalah seorang filsuf yang sangat berpengaruh, yang bersikeras bahwa ia tidak memiliki kebijaksanaan tetapi adalah pengejar kebijaksanaan. Filsafat barat bisa dibagi menjadi tiga era: Kuno yunani-Romawi filsafat Kristen abad Pertengahan Eropa, dan filsafat modern.

Era kuno didominasi oleh ajaran-ajaran filsafat yunani yang muncul dari beberapa murid dari Socrates, seperti Plato, yang mendirikan Akademi Platonik. Plato adalah salah satu pemikir yunani yang paling berpengaruh di pemikiran Barat. Seorang murid dari Plato, Aristoteles juga sangat berpengaruh, ia mendirikan Sekolah Peripatetik. Tradisi-tradisi lain seperti Sinisisme, Stoikisme, Skeptisisme yunani dan Epikureanisme. Topik-topik penting yang dibahas oleh orang-orang Yunani termasuk metafisika dengan teori-teori yang kompeten seperti atomisme dan monisme, kosmologi, alam kehidupan yang baik eudaimonia, kemungkinan pengetahuan dan alam pikiran logo. Dengan munculnya kekaisaran Romawi, yunani, filsafat juga semakin dibahas dalam bahasa Latin oleh para filsuf Romawi seperti Cicero dan Seneca.

Filosofi dari Pertengahan abad ke-5 - 16 adalah masa setelah jatuhnya kekaisaran Romawi barat dan didominasi oleh munculnya agama kristen dan karenanya mencerminkan keprihatinan teologis Yahudi-Kristen dan juga menjaga kontinuitas dengan pemikiran yunani-Romawi. Masalah seperti keberadaan dan sifat Allah, sifat iman dan akal, metafisika, masalah kejahatan yang dibahas di periode ini. Beberapa pemikir utama abad Pertengahan yang mencakup gereja St. Agustinus, Thomas Aquinas, Boethius, Anselm dan Roger Bacon. Filsafat pemikir yang dipandang sebagai advokat untuk Teologi ancilla theologiae dan oleh karena itu mereka berusaha untuk menyelaraskan filsafat mereka dengan interpretasi mereka dari kitab suci. Periode ini memicu perkembangan Skolastikisme, metode kritis teks yang dikembangkan di universitas abad pertengahan yang didasarkan pada pembacaan dan perdebatan dalam teks-teks kunci. Periode Renaissance 1355-1650 adalah melihat peningkatan fokus pada pemikiran klasik yunani-Romawi dan pengaruh humanisme yang kuat. Filsafat Modern awal di dunia Barat dimulai dengan pemikir-pemikir seperti Thomas Hobbes dan René Descartes 1596-1650. Setelah pengembangan ilmu pengetahuan alam, filsafat modern adalah fokus untuk mengembangkan basis pengetahuan yang sekuler dan rasional, beralih dari struktur otoritas tradisional seperti agama, pemikiran skolastik dan Gereja. Filsuf Modern seperti Spinoza, Leibniz, Locke, Berkeley, Hume dan Kant. Filsafat abad ke-19 dipengaruhi oleh gerakan yang lebih luas yang disebut Pencerahan, dan termasuk tokoh-tokoh seperti Hegel merupakan tokoh utama dalam idealisme jerman, Kierkegaard yang mengembangkan dasar-dasar untuk eksistensialisme, Nietzsche anti-Kristen yang terkenal, JS Mill yang menggunakan Utilitarianisme, Karl Marx yang mengembangkan dasar-dasar Komunisme dan Amerika William James. Abad ke-20 menjadi saksi perpecahan antara filsafat analitik dan filsafat kontinental, serta tren filosofis seperti fenomenologi, eksistensialisme, Positivisme Logis, Pragmatisme dan Linguistik.



                                     

2.2. Tinjauan historis. Filosofi Dari Timur Tengah. (The Philosophy Of The Middle East)

Daerah bulan Sabit Subur, Iran dan Arab merupakan cikal bakal untuk filosofi kearifan sastra paling awal yang dikenal, dan saat ini sebagian besar didominasi oleh budaya Islam. Sastra hikmat awal dari daerah ini adalah aliran yang berusaha untuk mengajar orang-orang untuk melakukan suatu tindakan itu etis, praktis kehidupan dan kebajikan melalui cerita dan peribahasa. Di Mesir Kuno, naskah-naskah ini dikenal sebagai sebayt ajaran dan sangat penting untuk pemahaman kita tentang filosofi dari Mesir Kuno. Astronomi Babilonia juga memasukkan banyak spekulasi filosofis tentang kosmologi yang mungkin telah mempengaruhi orang-orang Yunani Kuno. Yahudi filsafat dan filsafat Kristen adalah tradisi agama-agama yang berkembang di Timur Tengah dan di Eropa, baik yang memiliki teks yudaik awal tertentu terutama Tanakh dan kepercayaan monoteistik. Pemikir yahudi seperti Geonim Akademi Talmud di tanah Sinear dan Maimonides yang terlibat dengan filsafat yunani dan Islam. Kemudian filosofi orang-orang Yahudi berada di bawah pengaruh intelektual Barat yang kuat dan mencakup karya Moses Mendelssohn, yang mengantarnya ke Haskalah, Yahudi Pencerahan, eksistensialisme orang-orang Yahudi dan Yudaisme Reformasi.

Filsafat pra-Islam Iran dimulai dengan karya-karya dari Zoroaster, salah satu promotor pertama tauhid dan dualisme antara yang baik dan yang jahat. Kosmogoni dualistik ini kemudian mempengaruhi perkembangan filsafat Iran seperti Manikheisme, Mazdakisme, dan Zurvanisme.

Setelah penaklukan Muslim, filsafat Islam Awal mengembangkan tradisi filsafat yunani dalam arah baru yang inovatif. Golden age of Islam mempengaruhi perkembangan intelektual Eropa. Dua arus utama pemikiran Islam mulanya adalah Firman yang berfokus pada teologi Islam dan filsafat berdasarkan Aristotelianisme dan Neoplatonisme. Karya aristoteles sangat berpengaruh di kalangan para ahli filsafat seperti al-Kindi abad ke-9, Ibnu Sina 980 - juni 10, dan Ibnu Rusyd abad ke-12. Orang lain seperti Al-Ghazali sangat kritis terhadap metode-metode filsafat Aristoteles. Pemikir islam juga dikembangkan dengan metode ilmiah, pengobatan eksperimental, teori optik dan filsafat hukum. Ibnu Khaldun adalah seorang pemikir berpengaruh dalam filsafat sejarah.

Di Iran, beberapa sekolah filsafat Islam terus berkembang setelah masa Keemasan dan mencakup berbagai aliran seperti filsafat iluminasi, filsafat para Sufi, dan teosofi transenden. Di abad ke-19 dan abad ke-20 dunia Arab menjadi saksi dari Nahda kebangkitan atau pencerahan bahwa pengaruh filsafat Islam kontemporer.



                                     

2.3. Tinjauan historis. Filsafat India. (Indian Philosophy)

Filsafat india bahasa Sanskerta: darśana, pandangan dunia, ajaran-ajaran tradisi filsafat yang berasal dari anak benua India. Tradisi filsafat India ini umumnya diklasifikasikan sebagai ortodoks atau heterodoks - āstika atau nāstika - tergantung pada apakah mereka menerima otoritas Veda dan apakah mereka menerima teori Brahman dan Atman. Aliran ortodoks umumnya termasuk Nyaya, Waisesika, Samkhya, Yoga, Mīmāmsā dan Vedanta, dan aliran heterodoks umum antara lain: Jain, Buddha, Ajñana, Ajivika dan Cārvāka. Beberapa dari teks-teks filosofis yang paling awal untuk bertahan hidup adalah Upanishad Akhir periode Veda 1000-500 SM. Konsep filosofis dari India yang penting, antara lain: dharma, karma, samsara, moksa dan ahimsa. Filsuf india mengembangkan sistem penalaran epistemologis pramana dan logika, topik yang diteliti, antara lain, metafisika, etika, hermeneutika, dan soteriologi. Filsafat india juga mencakup topik-topik seperti filsafat politik seperti yang terlihat di Arthashastra c. Abad ke-4 SM, dan filosofi cinta seperti yang terlihat dalam Kama Sutra.

Enam sekolah ortodoks istilah yang muncul di awal Era Umum dan Kekaisaran Gupta. Agama hindu berkembang dari "sintesis Hindu" penggabungan ortodoks brahmanikal dan unsur-unsur nir ortodoks agama Buddha dan jainisme sebagai cara untuk menanggapi tantangan dari nir ortodoks. Pemikiran Hindu juga menyebar dari timur ke Kerajaan Sriwijaya di Indonesia dan Kekaisaran Khmer di Kamboja.

Perkembangan selanjutnya mencakup pengembangan Tantra dan pengaruh Iran-Islam. Agama buddha sebagian besar hilang ke India setelah penaklukan Muslim di anak benua India, mereka bertahan hidup di wilayah Himalaya dan India selatan. Pada periode modern awal, terjadi perkembangan Navya-Nyāya alasan baru di bawah filsuf seperti Raghunatha Siromani c.1460-1540, yang didirikan tradisi, Jayarama Pancanana, Mahadewa Punatamakara dan Yashovijaya yang merumuskan solusi Jain.

Di awal era modern melihat kenaikan Hindu nasionalisme, gerakan reformasi Hindu dan Neo-Vedanta atau modernisme Hindu pendukung utama memasukkan Vivekananda, Mahatma Gandhi dan Aurobindo dan untuk pertama kalinya untuk mempromosikan gagasan "Hindu bersatu". Karena pengaruh kolonialisme Inggris, sebagian besar dari karya-karya filsafat India modern di inggris, termasuk karya-karya pemikir seperti Radhakrishnan, Krishna Chandra Bhattacharya, Bimal Krishna Matilal dan M. Hiriyanna.



                                     

2.4. Tinjauan historis. Filsafat Buddha. (Buddhist Philosophy)

Filsafat buddha dimulai dengan pikiran-pikiran Buddha Gautama antara keenam dan abad keempat SM dan diawetkan dalam teks-teks Buddhis awal. Pikiran Buddha alam trans-regional dan trans-budaya. Pemikiran ini berasal dari India dan kemudian menyebar ke Asia Timur, Tibet, Asia Tengah, dan Asia Tenggara, mengembangkan tradisi baru dan sinkretis di daerah yang berbeda. Beberapa sekolah pemikiran Buddhisme tradisi filosofis yang dominan di Tibet dan negara-negara Asia Tenggara seperti Sri Lanka dan Burma. Karena ketidaktahuan tentang sifat sejati dari sesuatu yang dianggap sebagai salah satu akar dari penderitaan, dukkha, filsafat Buddha yang bersangkutan dengan epistemologi, metafisika, etika dan psikologi. Akhir dari dukkha juga mencakup praktek meditasi. Konsep inovatif untuk mencakup Empat Kebenaran Mulia, Anatta tidak sendiri kritik dari identitas pribadi tetap, ketidakkekalan Anicca, dan skeptisisme tentang pertanyaan metafisik.

Tradisi filosofis Buddha kemudian mengembangkan psikologi fenomenologis kompleks disebut Setia ". Filsuf dari mahayana seperti Nagarjuna dan Vasubandhu mengembangkan teori-teori dari Shunyata kekosongan dari semua fenomena dan Vijnapti-matra penampakan tentu saja, bentuk fenomenologis atau idealisme transendental. Ajaran Dignāga Pramāna mempromosikan bentuk-bentuk kompleks dari epistemologi dan logika agama Buddha. Setelah hilangnya agama Buddha dari India, tradisi filosofis yang terus tumbuh dalam tradisi Buddha Tibet, Buddha Asia Timur, dan Buddhisme Theravada. Di masa modern muncul kebangkitan Modernisme agama Buddha dan Buddhisme Humanistik di bawah pengaruh Barat dan pengembangan ajaran Buddha Barat dengan pengaruh dari psikologi modern dan filsafat Barat.

                                     

2.5. Tinjauan historis. Filsafat Asia Timur. (Philosophy East Asia)

Pemikiran filosofis dari Asia Timur dimulai sejak zaman Cina Kuno, dan filsafat Cina dimulai pada zaman Dinasti Zhou Barat dan pada periode berikutnya setelah dinasti jatuh, yaitu ketika "Seratus aliran Pemikiran" yang berkembang abad ke-6 sampai tahun 221 SM. Periode ini ditandai oleh perkembangan intelektualisme dan budaya yang signifikan dan munculnya ajaran-ajaran filosofis utama di Cina, Konfusianisme, legalisme, dan Taoisme dan juga banyak ajaran lain yang kurang berpengaruh. Tradisi filosofis mengembangkan teori metafisik, politik, dan etika sebagai Tao, Yin dan yang, Ren dan Li bersama-sama dengan Cina, agama Buddha, secara langsung mempengaruhi filosofi Korea, filosofi dari Vietnam dan filosofi Jepang yang juga meliputi orang pribumi tradisi Shinto. Agama buddha mulai tiba di Cina pada masa Dinasti Han 206 b. c 220 M, melalui transmisi dari jalan Sutra secara bertahap dan melalui pengaruh yang asli yang mengembangkan bentuk bahasa Cina adalah berbeda seperti Chan / Zen yang tersebar di seluruh budaya Asia Timur. Selama dinasti China, sebagai Dinasti Ming 1368-1644 dan juga di dinasti Joseon 1392-1897 kebangkitan Neo-Konfusianisme yang dipimpin oleh pemikir seperti Wang Yangming 1472-1529 ke ajaran pemikiran dominan yang dipromosikan oleh pemerintah kekaisaran.

Di era Modern, pemikir-pemikir Cina memasukkan ide filsafat Barat. Filsafat marxis di Cina berkembang di bawah pengaruh Mao Zedong, sedangkan pragmatisme China berkembang di bawah Hu Shih dan Konghucu baru-Baru ini meningkat dipengaruhi oleh Xiong Shili. Pemikiran modern Jepang saat itu berkembang di bawah pengaruh Barat adalah sebagai kuat sebagai studi dari Ilmu pengetahuan Barat Rangaku dan intelektual publik modern Meirokusha yang membutuhkan pemikiran pencerahan Eropa. Pada abad ke-20 Negara Shinto dan nasionalisme Jepang berkembang pesat. Aliran Kyoto, sebuah aliran filsafat Jepang yang unik dan berpengaruh dikembangkan dari fenomenologi Barat dan filsafat Buddha abad Pertengahan Jepang sebagai Dogen.

                                     

2.6. Tinjauan historis. Filosofi Dari Afrika. (Philosophy From Africa)

Filosofi dari Afrika adalah filsafat yang dihasilkan oleh orang-orang Afrika, filosofi yang menyajikan pandangan, ide dan tema dari dunia Afrika, atau filsafat yang menggunakan metode filosofis Afrika yang berbeda. Pemikiran modern Afrika telah banyak mengkaji Etnofilosofi, dengan mendefinisikan makna dari filosofi dari Afrika dan karakteristik unik mereka dan apa artinya menjadi orang Afrika. Selama abad ke-17, filosofi dari Ethiopia mengembangkan tradisi sastra yang kuat seperti yang dicontohkan oleh Zera Yacob. Filsuf Afrika awal dari yang lain, Anton Wilhelm Amo lahir 1703-1759 menjadi seorang filsuf yang terhormat di Jerman. Ide-ide filosofis dari Afrika yang berbeda, antara lain: Ujamaa, ide Bantuan tentang Kekuatan, Négritude, Pan-Afrikanisme dan Ubuntu. Pemikiran kontemporer Afrika juga mencakup pengembangan Profesional filsafat dan filsafat Afrikana, filsafat sastra diaspora Afrika yang termasuk saat eksistensialisme hitam dengan Afrika-Amerika. Pemikir modern Afrika telah dipengaruhi oleh Marxisme, sastra Afrika-Amerika, teori kritis, teori ras kritis, Postkolonialisme dan Feminisme.



                                     

2.7. Tinjauan historis. Filsafat Amerika asli. (The philosophy of the native American)

Filsafat Amerika asli adalah filosofi dari penduduk Asli Amerika. Ada berbagai macam kepercayaan dan tradisi antara budaya Amerika yang berbeda. Di antara beberapa penduduk asli Amerika di Amerika Serikat ada keyakinan dalam prinsip metafisik disebut "Misteri Besar" Siouan: Wakan Tanka, dalam bahasa Algonquian: Gitche Manitou. Konsep lain yang lebih luas adalah Orenda atau "kekuatan spiritual". Menurut Peter M. Whiteley, penduduk asli Amerika, "Pikiran kritis diinformasikan oleh pengalaman transendental mimpi, penglihatan dan sebagainya, dan juga oleh akal." Praktek untuk mengakses pengalaman transendental yang disebut Perdukunan. Fitur lain dari pandangan dunia dari penduduk asli Amerika adalah perluasan dari etika mereka terhadap hewan tanaman dan non-manusia.

Di Mesoamerika, filsafat Aztec adalah tradisi intelektual yang dikembangkan oleh individu-individu yang disebut Tlamatini mereka yang tahu sesuatu dan ide dipertahankan dalam berbagai naskah kuno Aztec. Melihat dunia dari suku Aztec mengedepankan konsep universal energi atau kekuatan universal yang disebut Ometeotl yang dapat diterjemahkan sebagai "Energi Kosmik ganda" dan mencari cara untuk hidup dalam keseimbangan dengan dunia "licik" yang terus berubah". Teori Teotl dapat dilihat sebagai bentuk dari Panteisme. Filsuf dari suku Aztec mengembangkan teori metafisika, epistemologi, nilai, dan estetika. Etika Aztec difokuskan untuk menemukan tlamatiliztli pengetahuan, kebijaksanaan yang didasarkan pada moderasi dan keseimbangan dalam semua tindakan seperti dalam pepatah Nahua "kebaikan hati adalah sangat diperlukan".

Peradaban Inca juga memiliki kelas elit dari filsuf-ulama Amawtakuna, yang memainkan peran penting dalam sistem pendidikan Inca sebagai guru agama, tradisi, sejarah, dan etika. Konsep kunci pemikiran Andes adalah dalam hal ini, dan Masintin melibatkan teori "berlawanan saling melengkapi" yang melihat polaritas seperti laki-laki / perempuan, gelap / terang sebagai bagian dari keseluruhan yang harmonis.

                                     

3. Kategori. (Category)

Pertanyaan-pertanyaan filosofis dapat dikelompokkan ke dalam kategori. Pengelompokan ini memungkinkan para filsuf untuk fokus pada topik yang sama dan berinteraksi dengan para pemikir lain yang tertarik dalam pertanyaan yang sama. Kelompok ini juga membuat filsafat lebih mudah bagi siswa untuk pendekatan. Siswa dapat mempelajari prinsip-prinsip dasar yang terlibat dalam salah satu aspek dari bidang tanpa terbebani dengan seluruh teori filosofis.

Berbagai sumber menyajikan berbagai skema kategoris. Kategori diadopsi dalam artikel ini bertujuan untuk luas dan kesederhanaan.

Lima cabang utama dapat dipisahkan menjadi sub-cabang dan masing-masing sub-cabang yang memiliki banyak bidang studi yang spesifik.

  • Tradisi filosofis. (The tradition of philosophical)
  • Metafisika dan epistemologi. (Metaphysics and epistemology)
  • Sejarah filsafat barat. (The history of western philosophy)
  • Ilmu pengetahuan, logika dan matematika.
  • Teori nilai. (The theory of value)

Perpecahan ini tidak lengkap, tidak saling eksklusif atau berdiri sendiri. Selain itu, pertanyaan filosofis yang kadang-kadang tumpang tindih dengan pertanyaan-pertanyaan lain seperti ilmu pengetahuan, agama, atau matematika.



                                     

3.1. Kategori. Metafisika. (Metaphysics)

Metafisika adalah studi karakteristik yang paling umum dari realitas, seperti keberadaan, waktu, benda, dan sifat-sifat mereka, dan seluruh bagian-bagiannya, peristiwa, proses, dan sebab-akibat dan hubungan antara pikiran dan tubuh. Metafisika meliputi kosmologi, belajar dari dunia secara keseluruhan dan ontologi, studi realitas.

Pokok perdebatan utama adalah antara realisme, yang berpendapat bahwa ada adalah sebuah entitas yang independen terlepas dari mental persepsi dan idealisme mereka, yang berpendapat bahwa realitas dibangun oleh mental atau immaterial. Metafisika membahas topik identitas. Intinya adalah seperangkat atribut yang membuat sebuah objek sebagai dasarnya dan tanpa esensi dari objek itu akan kehilangan identitasnya, sementara ia adalah kekayaan yang dimiliki objek, tanpa objek yang masih dapat mempertahankan identitasnya. Ada sebuah benda yang katanya ada di dalam ruang dan waktu, bertentangan dengan benda-benda abstrak, seperti angka, dan universal, yang merupakan sifat-sifat yang dimiliki oleh beberapa hal khusus, seperti kemerahan dari sebuah objek atau jenis kelamin. Jenis keberadaannya, jika ada benda universal dan abstrak adalah masalah perdebatan dalam metafisika.

                                     

3.2. Kategori. Epistemologi. (Epistemology)

Epistemologi adalah ilmu yang mempelajari pengetahuan dari yunani episteme. Ahli epistemologi kajian pengetahuan, termasuk intuisi, argumen apriori, memori, pengetahuan, persepsi, pengetahuan diri dan kesaksian. Mereka juga bertanya: apakah kebenaran itu? Apakah pengetahuan itu benar-benar sebuah keyakinan yang benar? Jika ada keyakinan yang dibenarkan? Pengetahuan empiris meliputi pengetahuan proposisional pengetahuan bahwa ada sesuatu yang terjadi, kecakapan pengetahuan tentang bagaimana melakukan sesuatu dan pengenalan keakraban dengan seseorang atau sesuatu. Ahli epistemologi check ini dan bertanya apakah pengetahuan itu benar-benar layak.

                                     

3.3. Kategori. Etika. (Ethics)

Etika, atau "filsafat moral", penelitian dan mempertimbangkan perilaku yang baik dan yang buruk, nilai yang benar dan salah, baik dan jahat. Penyelidikan utama mencakup bagaimana untuk menjalani kehidupan yang baik dan mengidentifikasi standar moralitas. Ini juga termasuk meta-analisis tentang bagaimana cara terbaik untuk hidup, atau yang berhubungan dengan standar-standar yang ada. Cabang-cabang utama dari etika adalah etika normatif, meta-etika dan etika terapan.

Bidang debat mencakup terutama konsekuensial, di mana tindakan dinilai berdasarkan potensi hasil dari tindakan tersebut. Seperti misalnya untuk memaksimalkan kebahagiaan, yang disebut utilitarianisme, dan deontologi, di mana tindakan dinilai menurut bagaimana mereka mematuhi prinsip-prinsip, terlepas dari tujuan negatif dari tindakan tersebut.

                                     

3.4. Kategori. Estetika. (Aesthetic)

Estetika adalah "refleksi kritis pada seni, budaya, dan alam." Cabang filsafat yang membahas tentang hakikat seni, keindahan dan rasa, kenikmatan, nilai-nilai emosional, persepsi serta penciptaan dan apresiasi terhadap keindahan. Estetika, lebih tepat didefinisikan sebagai studi tentang hal-hal indrawi atau sensorik-emosional, kadang-kadang disebut penilaian perasaan dan rasa. Cabang utama teori seni, teori sastra, teori film dan teori musik. Sebuah contoh dari teori seni adalah untuk membedakan satu set prinsip-prinsip yang mendasari karya seniman tertentu atau gerakan artistik seperti estetika Kubisme. Filosofi dari film menganalisis film dan pembuat film yang berkaitan dengan kandungan filosofis dalam film dan menikmati film Sebagai media refleksi dan ekspresi filosofis.

                                     

3.5. Kategori. Filsafat politik. (Political philosophy)

Filsafat politik adalah studi dari pemerintah dan hubungan individu atau keluarga dan klan dengan masyarakat, termasuk negara. Ini termasuk pertanyaan tentang keadilan, hukum, properti dan hak-hak dan kewajiban warga negara. Politik dan etika adalah dua mata pelajaran yang secara tradisional dikaitkan, karena keduanya membahas pertanyaan tentang bagaimana orang harus hidup bersama-sama.

Cabang lain dari teori nilai, antara lain:

  • Filsafat olahraga menganalisis olahraga, permainan, dan bentuk lain dari bermain sebagai sebuah aktivitas manusia yang sosiologis dan unik.
  • Filsafat feminis mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan seputar gender, seksualitas dan tubuh, termasuk sifat feminisme itu sendiri sebagai sebuah gerakan sosial dan filosofis.
  • Filsafat pendidikan analisis definisi dan konten pendidikan, serta tujuan dan tantangan dari tenaga pendidik.
  • Filsafat hukum ini sering disebut yurisprudensi, mengeksplorasi berbagai teori yang menjelaskan sifat dan interpretasi hukum.
                                     

3.6. Kategori. Logika, sains, dan matematika. (Logic, science, and mathematics)

Banyak disiplin ilmu untuk menghasilkan sebuah pertanyaan filosofis. Hubungan antara "X" dan "filosofi X" adalah diperdebatkan. Richard Feynman berpendapat bahwa filosofi dari sebuah topik yang tidak relevan untuk penelitian utama, ia mengatakan bahwa "filsafat ilmu adalah sebagai berguna untuk para ilmuwan sebagai ilmu burung ini untuk burung-burung." Curtis Putih, sebaliknya, berpendapat bahwa alat-alat filosofis sangat penting untuk humaniora, sains dan ilmu sosial.

Topik-topik filsafat ilmu adalah angka-angka, simbol-simbol dan formal metode penalaran yang digunakan dalam ilmu-ilmu sosial, dan ilmu-ilmu alam.

                                     

3.7. Kategori. Logika. (Logic)

Logika merupakan studi penalaran dan argumen. Argumen adalah serangkaian pernyataan yang terhubung dan dimaksudkan untuk membangun proposisi ". Serangkaian pernyataan yang terhubung disebut "tempat" dan proposisi adalah kesimpulan. Misalnya:

  • Semua manusia adalah fana. premis.
  • Socrates adalah manusia. premis.

Oleh karena itu, Socrates adalah fana. kesimpulan Penalaran deduktif adalah ketika diberikan premis tertentu, kesimpulan yang tersirat dan tak terhindarkan. Aturan inferensi digunakan untuk menyimpulkan kesimpulan seperti itu, modus ponens, di mana diberikan "A" dan "Jika A maka B", kemudian "B" harus disimpulkan.

Karena penalaran yang baik merupakan elemen penting dari semua ilmu pengetahuan, ilmu-ilmu sosial dan disiplin ilmu humaniora, logika menjadi sebuah ilmu formal. Sub-bidang logika, antara lain, logika matematika, logika, filsafat, logika Modal, logika, komputasi logika dan non-klasik. Pertanyaan utama dalam filsafat matematika adalah apakah entitas matematika objektif dan menyenangkan, disebut realisme matematika, atau dibuat, yang disebut antirealisme matematika.

                                     

3.8. Kategori. Filsafat ilmu. (Philosophy of science)

Cabang ini membahas dasar-dasar, metode, sejarah, implikasi dan tujuan ilmu pengetahuan. Banyak sub-divisi yang terkait dengan cabang ilmu tertentu. Misalnya, filsafat biologi penawaran khusus dengan masalah metafisika, epistemologi dan standar etika dalam ilmu biomedis dan kehidupan. Filosofi matematika mempelajari asumsi filosofis, dasar dan implikasi dari matematika.

                                     

3.9. Kategori. Sejarah filsafat. (History of philosophy)

Beberapa filsuf mengkhususkan diri dalam satu periode atau lebih. Sejarah filsafat adalah studi tentang jangka waktu tertentu, individu, atau aliran tertentu. Bidang ini masih berhubungan, tapi tidak sama dengan filsafat sejarah dari aspek teoritis dari sejarah, yang berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti sifat dari bukti-bukti sejarah dan kemungkinan objektivitas.

Tulisan-tulisan Hegel Kuliah di Filsafat Sejarah dipengaruhi banyak filsuf untuk menafsirkan kebenaran berdasarkan sejarah, melahirkan pandangan yang disebut historisisme.

                                     

3.10. Kategori. Filsafat agama. (Philosophy of religion)

Filsafat agama berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang melibatkan agama dan ide-ide keagamaan dari sudut pandang filosofis netral bertentangan dengan teologi, yang dimulai dari keyakinan-keyakinan agama. Secara tradisional, pertanyaan-pertanyaan agama tidak dipandang sebagai bidang yang terpisah dari filosofi itu memang benar, ide dari bidang yang terpisah hanya muncul pada abad ke-19.

Masalah dalam cabang filsafat ini, antara lain, tentang keberadaan Allah, hubungan antara akal dan iman, pertanyaan-pertanyaan epistemologi agama, hubungan antara agama dan ilmu pengetahuan, bagaimana menafsirkan pengalaman keagamaan, pertanyaan tentang keberadaan akhirat, masalah bahasa agama, keberadaan jiwa, serta tanggapan terhadap pluralisme agama dan keragaman.

                                     

3.11. Kategori. Metafilsafat

Metafilsafat mengeksplorasi tujuan filsafat, batas-batasnya, serta metode yang digunakan.

                                     

4. Lihat juga. (See also)

  • Daftar tahun dalam filsafat.
  • Daftar filsuf. (List of philosophers)
  • Wikipedia:Menuju filsafat. (Wikipedia:Towards a philosophy)
  • Daftar publikasi penting dalam filsafat.
  • Teori sosial. (Social theory)
  • Daftar jurnal filsafat. (The list of the journal of philosophy)
  • Daftar masalah yang belum terpecahkan dalam filsafat.
                                     

5. Link eksternal. (External links)

  • Filsafat Timeline. (Philosophy Timeline)
  • Peta dari Filsuf Barat.
  • Internet Encyclopedia of Philosophy.
  • Filosofi Pusat Dokumentasi. (Philosophy Documentation Center)
  • Filosofi di Curlie dari DMOZ.
  • Filsafat review. (Philosophical review)
  • PhilPapers – direktori komprehensif online filosofis artikel dan buku-buku oleh filsuf akademik.
  • Filsafat Majalah dan Jurnal.
  • Populer Filsafat. (Popular Philosophy)
  • Stanford Encyclopedia of Philosophy.
  • Indiana Philosophy Ontology Project Diarsipkan 2013-12-26 di Wayback Machine.
                                     
  • besar, yaitu Filsafat Barat dan Filsafat Timur. Filsafat Barat berbeda dengan Filsafat Timur atau Oriental. Permulaan dari sebutan Filsafat Barat ini dari
  • Filsafat analitik adalah aliran filsafat yang muncul dari kelompok filsuf yang menyebut dirinya lingkaran Wina. Filsafat analitik lingkaran Wina itu berkembang
  • Filsafat modern adalah pembagian dalam sejarah Filsafat Barat yang menjadi tanda berakhirnya era skolastisisme. Waktu munculnya filsafat modern adalah
  • Filsafat Islam juga sering disebut filsafat Arab dan filsafat Muslim merupakan suatu kajian sistematis terhadap kehidupan, alam semesta, etika, moralitas
  • Filsafat pendidikan merupakan ilmu filsafat yang mempelajari hakikat pelaksanaan dan pendidikan. Bahan yang dipelajari meliputi tujuan, latar belakang
  • berkaitan dengan filsafat Filsafat agama berkaitan dengan cabang - cabang filsafat lainnya, seperti metafisika, epistemologi, dan etika. Filsafat agama tidak
  • Filsafat Politik adalah cabang ilmu dari filsafat yang mempelajari tema - tema seperti politik, kebebasan, keadilan, hak milik, hak, hukum, pemerintahan
  • Filsafat Timur merupakan sebutan bagi pemikiran - pemikiran filosofis yang berasal dari dunia Timur atau Asia, seperti Filsafat Tiongkok, Filsafat India
  • Filsafat Tionghoa adalah filsafat yang ditulis dalam tradisi pemikiran orang Tionghoa. Sejarah pemikiran Tionghoa telah berlangsung selama beberapa ribu


                                     
  • Filsafat Yunani Kuno muncul pada abad ke 6 SM berlangsung hingga pada Zaman Klasik atau pada Periode Helenistik. Berbagai disiplin ilmu yang termasuk filsafat
  • Filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Bidang ini mempelajari dasar - dasar filsafat asumsi
  • Filsafat pascamodern adalah aliran filsafat yang memiliki arahan proyeksi kritis terhadap asumsi - asumsi dasar filsafat Barat dan terutama filsafat dari
  • diikuti oleh perkembangan filsafat dan agama dalam periode yang panjang, melahirkan ajaran - ajaran filsafat ortodok. Ajaran filsafat ortodok ini disebut dengan
  • keilmuan filsafat dan munculnya filsafat analitik dan filsafat kontinental beserta perdebatan di antara kedua kubu filsafat ini. Istilah filsafat kontemporer
  • Filsafat Indonesia adalah sebutan umum untuk tradisi kefilsafatan yang dilakukan oleh penduduk yang mendiami wilayah Indonesia. Filsafat Indonesia diungkap
  • Istilah filsafat Renaisans digunakan oleh para peneliti sejarah intelektual yang merujuk pada pemikiran di Eropa kira - kira antara tahun 1355 hingga 1650
  • Filsafat abad pertengahan adalah filsafat di era yang dikenal sebagai abad pertengahan medieval atau Abad Pertengahan Middle Ages periode sejarah
  • Filsafat Pra - Sokrates adalah filsafat kuno dari Yunani sebelum Sokrates termasuk aliran filsafat kontemporer setelah Sokrates yang tidak dipengaruhi
                                     
  • Filsafat proses atau filsafat organisme adalah filsafat yang mengatakan bahwa segala sesuatu selalu menjadi. Pengertian proses in mengandung makna yakni
  • Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara STFD adalah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia. STFD dinamakan menurut nama tokoh yang
  • Doktor filsafat bahasa Inggris: Doctor of Philosophy yang populer disingkat PhD atau Ph.D. merupakan gelar akademik tertinggi pada banyak bidang keilmuan
  • artikel. Sarjana Filsafat adalah satu gelar kependidikan tingkat sarjana yang memiliki kualifikasi dan kompetensi ilmu filsafat Filsafat adalah studi tentang
  • Filsafat Pancasila adalah penggunaan nilai - nilai pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bernegara. Pancasila sebagai filsafat juga bahwa pancasila
  • Filsafat manusia adalah cabang ilmu filsafat yang membahas mengenai makna menjadi manusia. Filsafat manusia menjadikan manusia sebagai objek studinya
  • Filsafat Buddha mengacu kepada pandangan atau penerapan ajaran Buddha terhadap nilai - nilai kehidupan, eksistensi, pengetahuan, akal budi, materi, serta
  • Filsafat budi bahasa Inggris: philosophy of mind adalah cabang filsafat analitik modern yang mempelajari sifat dasar budi, peristiwa budi, fungsi budi
  • Filsafat Kristen adalah sebuah pengembangan dalam filsafat yang dikarakteristikan datang dari tradisi Kristen. Justin Martyr Tertullian Irenaeus dari Lyons
                                     
  • Filsafat matematika adalah cabang dari filsafat yang mengkaji anggapan - anggapan filsafat dasar - dasar dan dampak - dampak matematika. Tujuan dari filsafat
  • Istilah filsafat sejarah merujuk pada aspek teoretis sejarah dalam dua pengertian. Sudah menjadi kebiasaan untuk membedakan filsafat kritis sejarah dengan
  • Filsafat kontinental adalah sebuah julukan untuk mewakili tradisi kefilsafatan abad ke - 19 dan abad ke - 20 yang umumnya lahir di Eropa daratan. Julukan
                                     

Hipomnema

Hypomnema, juga disebut hupomnema, adalah sebuah kata Yunani dengan beberapa terjemahan ke dalam bahasa Inggris yang meliputi perbaikan, nota, catatan publik, komentar, catatan anekdot, rancangan, salinan, dan ragam lain dari istilah-istilah tersebut. Teori anamnesis buatan Plato mengakui status baru dari tata tulis sebagai alat ingatan buatan, dan ia mengembangkan prinsip-prinsip hipomnestik bagi murid-muridnya.

Users also searched:

filsafat, Filsafat, menurut, pengertian, ahli, para, contoh filsafat, pengertian filsafat pdf, tujuan filsafat, filsafat islam, islam, ilmu, kesimpulan, contoh, socrates, tujuan, filsafat ilmu, kesimpulan pengertian filsafat menurut para ahli, pengertian filsafat menurut socrates, filsafat menurut para ahli,

Encyclopedic dictionary

Translation

Pengertian filsafat menurut socrates.

Jurnal Filsafat Garuda Garba Rujukan Digital. Mampu menguraikan pemikiran dari tema filsafat seperti epistemologi, etika, dan ontologi c. Mampu menganalisis gagasan filosofis terkait teori.





Tujuan filsafat.

MENGENAL FILSAFAT DAN KARAKTERISTIKNYA Open Journal. Aristoteles mengartikan filsafat sebagai ilmu yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik,. Kesimpulan pengertian filsafat menurut para ahli. FILSAFAT IPA DAN BIOETIKA. Pertanyaan tentang Tuhan telah menjadi salah satu objek penting dalam pemikiran filsafat ketuhanan di awal abad moder.


Filsafat islam.

Aqidah dan Filsafat Islam – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya. 1. Sedangkan objek dari filsafat adalah sesuatu yang menjadi bahan​. Filsafat menurut para ahli. Relasi Ilmu, Filsafat dan Agama Dalam Dimensi Filsafat Ilmu. Setya Widyawati Filsafat Ilmu sebagai Landasan Pengembangan Ilmu Pendidikan. Pengantar. Dalam Kongres Ilmu Pengetahuan. Nasional KIPNAS III di. 1 PERAN FILSAFAT DALAM TRANSFORMASI MASYARAKAT. Filsafat Ilmu ○. Kegiatan Belajar 1 Pemikiran Para Ahli Filsafat Yunani. Kegiatan Belajar 2 Beberapa Pandangan dan Cabang Filsafat. Agar berhasil dengan.





Studi Filsafat dan Urgensinya dalam Pengembangan Tradisi.

Peta filsafat pengetahuan dalam sosial kemasyarakatan mengukapkan secara global dan beberapa hal yang ada didalam filsafat pengetahuan yang ada. URGENSI FILSAFAT DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT. Mata kuiah ini merupakan mata kuliah yang mencakup pokok bahasan Hakikat Filsafat ilmu: pengertian, cakupan, dan tujuan Konsep filsafat ilmu Sejarah filsafat.


DISKURSUS FILSAFAT ILMU: DARI PERADABAN MANUSIA KE.

Filsafat di Indonesia – Manusia dan Budaya yang khas manusia Indonesia dan tertuang ke dalam butir filosofis yang dapat disebut Filsafat Indonesia. PETA FILSAFAT PENGETAHUAN DALAM KEHIDUPAN SOSIAL. Fakultas Filsafat UNAI berdiri sejak tahun 1949 dengan visi menjadi fakultas yang unggul di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Fakultas Filsafat Fakultas Filsafat. Walaupun lulusan jurusan filsafat bukan sebuah syarat penting dari pekerjaan tertentu, keahlian analisa yang kritis yang dikembangkan selama perkuliahan. PERAN DAN FUNGSI FILSAFAT ILMU DALAM PERKEMBANGAN. Pemikiran filsafat masa abad modern ini berusaha meletakkan dasar bagi metode logis ilmiah. Pemikiran filsafat diupayakan lebih bersifat praktis, artinya. 10 Aliran Filsafat yang Mempengaruhi Pola Pikir Manusia IDN Times. Fakultas Filsafat membuka program studi Filsafat Agama Kristen Advent dengan gelar Sarjana Agama bagi pria dan wanita yang menghendaki suatu pendidikan​.


Apa itu Filsafat Menurut Para Ahli, Berikut Manfaatnya dalam.

Karena ilmu akan memberikan kepada kita pengetahuan dan filsafat akan memberi kita hikmat. Abad ke 20 ini sering disebut abad ilmu pengetahuan dan. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara Home. Kumpulan berita seputar filsafat Terkin Terbaru Hari Ini - Pantas Jadi Panutan, Ini Jejak 10 Filsuf Paling Berpengaruh di Abad ke 20. Bahaya Filsafat Terhadap​. 73 PERANAN FILSAFAT ILMU TERHADAP PENDIDIKAN Oleh. Kesimpulan terhadap Faedah dan Akibat Negatif Bahaya Filsafat………………​…… 12. Pengertian dan Ruang Lingkup Filsafat Ilmu………………………. 13.





Program Studi Filsafat UKWMS.

Jurnal Filsafat is a scientific journal that first published in 1990, as a forum for scientific communication, development of thinking and research in philosophy. FILSAFAT PERPUSTAKAAN journal unhas Universitas Hasanuddin. Kata kunci: Filsafat, Agama, Teologi, Logika, Kerancuan. Hukum, Fikih. pendahuluan a. Filsafat dan agama, dalam pandangan umum common sense, adalah. Filsafat adalah Ilmu yang Mengajarkan Kebijaksanaan Hot. Anggapan umum pertama tentang filsafat adalah bahwa yang dibahas sebagai hal yang tinggi, terlalu sulit, abstrak dan tidak berkaitan dengan. Filsafat – Kemenkeu Learning Center. Keempat → saat muncul keraguan yang mendorong manusia terus mempertanyakan sesuatu, berfilsafat. Page 4. PENGERTIAN. FILSAFAT. BERDASARKAN.





FILSAFAT ISLAM: KEJAYAAN DAN KONFLIK DENGAN.

Filsafat adalah ibu dari semua ilmu. philosophia est mater scientiarum. Filsafat mempelajari kajian terhadap semua aspek kehidupan manusia, seperti. Manfaat Belajar Filsafat Prodi Administrasi Publik Terbaik Di. Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang berarti cinta pengetahuan. Philosophia terdiri dari dua kata yaitu philos dan sophia. Filsafat di Indonesia – Manusia dan Budaya – Kompas Gerai. USIA CAKAP MENIKAH DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT HUKUM ISLAM. Afif. Oleh Afif Zakiyudin, S.Sy. Sebagai sebuah ikatan, perkawinan yang dibentuk​. Berita dan Informasi Filsafat Terkini dan Terbaru Hari ini detikcom. Jurnal Filsafat Indonesia is a scientific journal published by LPPM Ganesha Educational University, which publishes scientific articles on the development and.


Filsafat Ilmu – E Learning Fakultas Farmasi Unpad.

Dosen PKN STAN dari Jurusan Kepabeanan dan Cukai bersama mahasiswanya menjelaskan tentang Pancasila sebagai Sistem Filsafat Bangsa Indonesia. Cover Pengantar Filsafat Universitas Cokroaminoto. Filsafat merupakan induk dari berbagai ilmu pengetahuan. Oleh karena ada salah cabang filsafat salah satunya adalah epistimologi. Menurut penulis minimal ada. 1 ALIRAN DALAM FILSAFAT. Ahli filsafat dalam sebutan Herakletos adalah. philosophos artinya manusia yang memiliki ilmu pengetahuan luas akibat dari kecintaannya kepada kebenaran. Informasi Lengkap Jurusan Filsafat Hotcourses Indonesia. Kita akan membahas beberapa aliran yang ada dalam filsafat ilmu yaitu Materialisme, Dualisme. Empirisme, Rasionalisme, Kritisisme, Idealisme, Renaissance,. Jurusan Filsafat Informasi Kuliah & Prospek Kerjanya Rencanamu. Sumber ilmu pengetahuan adalah filsafat. Filsafat hakikatnya berbicara masalah sumber kebenaran. Dan kebenaran merupakan pangkal dari banyak hal.





Relasional Ilmu Filsafat Dengan Pendidikan Repository UNG.

Metafisika adalah cabang filsafat yang mempelajari hakekat realitas terdalam dari segala sesuatu, baik yang bersifat fisik maupun yang bersifat. Program Studi Ilmu Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira. Информация об этой е недоступна. Filsafat Google Scholar. A Ilmu sebagai kajian filsafat, b asal usul hubungan antara ilmu filsafat Secara definitive, pada awalnya filsafat berarti pengetahuan tentang segala.


FILSAFAT ILMU DALAM PENDEKATAN STUDI AGAMA Moraref.

Pendaftaran untuk mengikuti Extension Course Filsafat dan Teologi untuk Semester Genap Tahun Akademik 2020 2021 telah dibuka. Silakan lihat flyer tersebut. Jurnal Filsafat Neliti. Filsafat Barat selalu bertumpu pada dialektika akal, sedangkan filsafat Islam, sekalipun adalah kerja akal budi, bertumpu pada norma Ilahiah. Downloads. Summary of Dasar Filsafat OASE. Fakultas Filsafat dengan konsentrasi pada Filsafat Agama Katolik didirikan pada tahun 1992 dengan maksud untuk mendidik calon Imam Katolik. Fakultas ini. Berita Terkini filsafat Terbaru Hari Ini SINDOnews. Filsafat Ilmu secara teoritik tidak mengalami perkembang an sepesat disiplin ilmu yang lain. Karena termasuk mata kuliah dasar dan menjadi pondasi atas mata. Sejarah Filsafat Jurnal Raden Fatah. Untuk menjawab seperti apa cara berpikir orang filsafat, berikut ini karakteristik cara berfikir filsafat Latif, 2014:4 yaitu 1. Bersifat menyeluruh maksudnya.


FILSAFAT ILMU SEBAGAI LANDASAN PENGEMBANGAN ILMU.

Ketiga, pengembangan filsafat berkelanjutan adalah proses pedidikan. Ini untuk mengembangkan kualitas pemikiran manusia dan perilaku moral manusia dalam​. Program Studi Ilmu Filsafat FIB UI Universitas Indonesia. Pendahuluan. Dalam studi filsafat, ada satu kajian yang dikenal dengan filsafat ketuhanan. Filsafat ketuhanan adalah pemikiran tentang Tuhan dengan.





Free and no ads
no need to download or install

Pino - logical board game which is based on tactics and strategy. In general this is a remix of chess, checkers and corners. The game develops imagination, concentration, teaches how to solve tasks, plan their own actions and of course to think logically. It does not matter how much pieces you have, the main thing is how they are placement!

online intellectual game →